Apa Itu Moodle dan Keunggulannya Bagi Pengguna

Moodle adalah salah satu platform pembelajaran online yang kini sering digunakan baik bagi tenaga pendidik maupun anak didik dalam memudahkan kegiatan belajar mengajar di masa pandemic ini.

Hal ini tentu menuntut guru dan dosen agar bertindak kreatif dalam memberikan pemahaman dan materi. (baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft excel)

Apa Itu Moodle?

Moodle adalah kepanjangan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. Artinya platform ini merupakan sebuah perangkat lunak yang sengaja dirancang untuk memudahkan aktivitas pembelajaran baik menggunakan website dan juga internet.

Aplikasi ini masuk ke dalam software yang bersifat open source serta sudah memiliki lisensi GNU atau General Public Licence. Artinya para pengguna dapat melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan tanpa ada niatan untuk mendapatkan keuntungan baik berupa uang atau materi.

Moodle ini dikembangkan oleh Martin Dougiamas yang menggunakan bahasa pemrograman berupa PHP dan database berupa SQL. Aplikasi e learning ini bisa digunakan pada jenis sistem operasi apapun mulai dari windows, Linux, Unix dan juga MacOS.

Keunggulan Moodle

Aplikasi Moodle ini tentunya dipilih karena memiliki banyak keunggulan dan kemudahan selama pemakaian. Banyak instansi pendidikan yang sudah memilih perangkat lunak ini selama memberikan materi di era pandemic ini. Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut;

1. Gratis

Semua orang pasti ingin menekan anggaran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan begitupun ketika sedang menyelami pendidikan. Semua orang yang terdampak pandemic ini tentu tidak mau jika biaya keluar semakin banyak dimana pemasukan pun kurang menguntungkan di masa sekarang.

Hal ini tentunya sangat memudahkan para tenaga pendidik dan anak didiknya lantaran penggunaan Moodle tidak akan dipungut biaya sekalipun. Pengguna bisa melakukan instalasi secara gratis sehingga institusi pendidikan baik sekolah maupun kampus dapat menekan anggaran belajar online.

2. Tidak Memiliki Kunci Vendor

Keunggulan mengenai tidak adanya kunci vendor ini nyatanya masih berhubungan erat dengan poin sebelumnya. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa Moodle masuk ke dalam aplikasi bersifat open source dimana file kode dapat diperoleh secara gratis dan pengguna bisa melakukan modifikasi.

Modifikasi yang dilakukan oleh pengguna tentunya akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan sehingga aplikasi ini bersifat lebih fleksibel. Anda pun bisa mencari Moodle dimana sudah pernah di modifikasi oleh vendor lain tanpa harus memiliki kunci terlebih dahulu karena bersifat open source.

3. Keamanan Terjamin

Sifat Moodle yang open source membuat semua orang bisa memahami celah keamanannya. Menariknya Anda tidak perlu khawatir akan hal ini lantaran para pengguna juga berkemungkinan untuk meningkatkan sistem keamanan sendiri.

Sistem keamanan yang dimodifikasi oleh para pengguna ini ternyata harus disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing. Hal ini menjadi alasan mengapa Moodle dianggap lebih aman dari aplikasi lainnya.

4. Kustomisasi dan Future Proof

Moodle memungkinkan para pengguna untuk bisa melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan dari pembelajaran. Hal ini dapat terjadi lantaran aplikasi ini memang bersifat open source sehingga mencegah fitur-fitur terasa berat selama pemakaian.

Tidak hanya itu saja, kemudahan Moodle juga ditunjukkan dengan kesesuaiannya dalam menyesuaikan berdasarkan perkembangan zaman. Aplikasi ini dianggap sebagai cikal bakal dari perubahan sistem pembelajaran di masa depan.
Moodle adalah aplikasi pembelajaran yang kini menjadi alternatif terbaik di masa pandemic.

Bagi tenaga pendidik dan anak didiknya tentu sudah tidak asing lagi dengan perangkat lunak ini karena dianggap menjadi solusi tepat dalam melakukan e learning.

Editor: | Update: Oktober 24, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *