Cara Meningkatkan Traffic Blog 50k/hari (100% Hasil)

Datangkan lebih banyak pengunjung, traffic blog hingga 50k / hari 100% berhasil.

Secara umum tujuan utama membuat konten blog adalah memberikan informasi, edukasi, hiburan atau menjawab & memberikan solusi kepada pembacara (pengunjung blog), namun apa jadinya jika blog yang telah di isi banyak konten tidak memiliki traffic, pengunjung…….

Hari ini mendapatkan traffic / pengunjung web, blog organik dari google bukan perkara mudah karena adanya gempuran dari Youtube dan media mainstream seperti detik, tribun, liputan6, DKK.

Meningkatkan traffic blog lama atau baru itu perlu strategi & cara yang tepat, bahkan akan lebih sulit jika mempertahankan & visitor stabil yang kategori On-Target nice atau Topik, perlua kerja extra tanpa henti.

 

Apa itu traffic / pengunjung Blog

Traffic adalah jumlah orang yang mengunjungi website atau blog (visitor), membuka halaman website PV (page view), dan durasi saat pengunjung membuka dan membaca halaman pada website .

Jadi, saat seseorang mengunjungi situs, kunjungan serta semua link yang mereka klik dan follow akan direkam oleh domain kamu. Nantinya angka-angka akan memberi ide tentang seberapa populernya website.

 

Mengenal jenis traffic blog

Ada beberapa jenis traffic yang dikenal didunia blogger, berikut daftar nya !

  • 1. Organic Traffic

Organic traffic adalah total jumlah pengunjung yang didapatkan tanpa bantuan iklan. Semua lalu lintas murni didapatkan dari konten yang ada di dalam website dan hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan organic traffic? Cara mendapatkan organic traffic adalah dengan menerapkan SEO pada website dan juga pada artikel yang di post di website. Sehingga bisa menarik lalu lintas secara organic.

  • 2. Direct Traffic

Adalah jumlah pengunjung yang mengunjungi website secara langsung. Maksudnya adalah ketika mereka membuka website, mereka akan langsung mengetikkan nama website , contoh : SEOsatu

Jenis lalu lintas ini bisa didapatkan bila website, sudah terkenal atau nama ULR mudah diingat. Jadi mereka bisa mengetikkan nama website atau URL.

Salah satu tips agar bisa mendapatkan direct traffic adalah pastikan nama blog tidak begitu sulit sehingga mudah diingat.

  • 3. Referral Traffic

Referral traffic adalah total pengunjung situs yang berasal dari situs lain. Cara mendapatkan referral traffic bisa menggunakan backlink atau membuat beberapa website yang di dalamnya diarahkan ke website utama.

  • 4. Paid Traffic

Paid traffic adalah jumlah pengunjung website yang didapatkan dari iklan yang kita pasang. Cara mudah untuk mendapatkan paid traffic adalah dengan menggunakan jasa iklan digital.

  • 5. Social Traffic

Social traffic adalah jumlah pengunjung yang didapatkan dari media sosial. Jadi, misalkan memposting suatu gambar dan mencantumkan link ke website. Maka setiap orang yang klik dan mengunjungi link tersebut akan dihitung sebagai lalu lintas website.

 

Berikut 7 ini adalah cara meningkatkan traffic blog yang bisa langsung di Gas Pol:

1. Blog dibuat Pakai WordPress + Hosting

Diawali membuat blog menggunakan platform terbaik “WordPress”, ini menjadi media pendukung meningkatkan traffic. Syarat utama mendapatkan trafik stabil, saat ingin membangun blog pilih tema / topik yang kamu suka, agar tidak bosan menulis konten dikemudian hari.

Langkah pertama jangan langsung ingin cepat-cepat dapat traffic banyak, sedikit akan jauh lebih baik jika setabil, ini tentunya tidak terlalu susah untuk blog baru.

Ingat: pengunjung blog OnTarget adalah nyawa, dimana semakin banyak pengunjung tetap (setia) bisa menjadi indikator awal keberhasilan.

 

2. Tulis Konten EverGreen

Arti: Konten evergreen adalah sebuah konten dengan topik atau informasinya merupakan hal-hal yang selalu relevan untuk beberapa tahun ke depan, bahkan tak menutup kemungkinan abadi.

Setiap blog atau Website bisa mendapatkan traffic stabil & akan naik seiring waktu jika menerbitkan konten “EverGreen” atau konten yang selalu segar, abadi, tanpa harus di update dalam waktu dekat.

Jenis konten evergress yang selalu dicari orang setiap waktu lewat internet:

  • Konten topik tutorial – panduan – cara – bagaimana
  • Konten topik daftar / list
  • Konten topok definisi, arti, pengertian dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Contoh:

  1. Tutorial =“Cara membuat email, Cara menurunkan berat badan, Cara buat website sendiri.
  2. Daftar = “10 daftar keajaiban dunia.
  3. Difinisi=”SEO adalah ?, apa itu  CTR ?, dll.

konten diatas bisa disebut konten evergreen yang selalu dicari, dibutuhkan orang setiap tahun – setiap waktu.

Sekarang kita bisa simpulkan cara untuk membuat konten Blog memiliki Trafik pengunjung yang stabil itu sangat mudahkan, ayo langsung dipraktekan.

READ :  Artikel EverGreen : Cara menulis, Manfaat & Jenisnya

 

3. Riset Keyword & Volume Traffic

Pemilihan keyword high volume menjadi metode paling ampuh untuk meningkatkan traffic Blog atau Website, supaya hasilnya maksimal pakai 2 tools riset gratis bawaan Google Ads:

  • Google Keyword Planner
  • Google Suggest.

Kenapa harus Riset Keyword ?

Riset keywords bertujuan untuk mendapatkan informasi topic yang paling dicari, memiliki jumlah pencari terbanyak, mendapatkan data analisa visitor.

Data2 hasil riset sangat penting sebagai bahan dasar dalam pembuatan konten sehingga apabila website / post sudah dihalaman 1 google berkesempatan dapat traffic stabil, banyak & super potensial.

Harapan bisa temukan keyword dengan volume traffic 100k – 1000k / 1 bulan, Ini penting karena tujuan kita membuat blog yang berpotensi trafik minimal 50k / hari.

√ Masalah: Secara itung2an itu sangat gampang, tapi beda kenyataan dilapangan untuk menang persaingan SEO keyword2 diatas butuh waktu bertahun2, apalagi kalau Website baru.

√ Solusi: target long tail keyword artinya adalah jenis keyword yang berisi lebih dari tiga kata, biasanya terdiri dari 4-6 kata dalam 1 keyword.

Gunakan tool keyword planner untuk mencari sebanyak2-nya keyword longtail (turunan), LSI keyword yang memiliki volume traffic lumayan (100 – 500 / bln) dan persaingan paling ringan.

Tonton video keyword planner mencari long tail keyword:

Selanjutnya …

Buat konten sebanyak mungkin dengan target Longtail keyword, ini akan lebih mudah tayang di halaman 1 Google, walaupun Blog baru.

Jadi walau hanya menang rangking 1 untuk keyword & traffic dikit kalau jumlah artikel banyak = dapat banyak traffic tho.., ini merupakan cara ke-2 yang paling mudah versi pemula.

NOTE: Jika #Website baru seumur jagung, mungkin akan sulit untuk mengincar kata-kata kunci popular dalam waktu yang singkat.

Pengalaman admin, akan lebih baik jika buat banyak artikel berkualitas yang memuat kata-kata kunci yang spesifik, ketimbang langsung mengincar kata kunci trafik pencarian tinggi.

Syarat teknis pengunjung Stabil:

  1. Kualitas konten no.1, bermanfaat untuk user lewat informasi & solusi yang dihadirkan
  2. Isi konten super Lengkap & mudah dipahami untuk semua orang
  3. Template blog simple, responsive, seo friendly dan ringan
  4. Performa web Hosting Full Speed ( Wajib ).

 

4. Gunakan Hosting Server Terbaik

Tahap awal bisa menggunakan server hosting bisa yang murah meriah, namun tetap analisa kenaikan volume traffic sehingga blog tida lambat atau down, rekomendasi:

READ :  Web Hosting Cpanel Murah Server Indonesia

Web Hosting diatas sangat cocok untuk pemula yang baru belajar membuat blog, namun jika traffic sudah lumayan bisa mulai migrasi hosting jenis vps / cloud server seperti:

READ :  Review Server VPS Loading Cepat & Murah

Waktu pembuatan konten disarankan 1 artikel @minggu, bertujuan ada waktu panjang: Create, Edit konten sampai benar2 berkualitas + lengkap yang bermanfaat, dibutuhkan User, Al-hasil Traffic dari 1 konten akan menyumbang trafik 2-5%.

 

5. Perbaiki Kualitas Konten Artikel

Kriteria Konten berkualitas itu seperti apa ya, bagaiman cara membuatnya? temukan jawabnya dibawah:

READ :  Cara Menulis Artikel Blog Berkualitas + SEO Friendly

 

6. Jangan Lupakan SEO On-Page

Mendatangkan trafik secara organik lewat teknik SEO, perlu waktu dan kerja keras, kualitas konten dan share ke sosmed menjadi bagian dari point2 dalam SEO. Google Update setiap waktu jadi harus aktif mengikuti aturan seo terbaru.

Minimal 3 – 4 bulan progress SEO bisa terlihat, faktor waktu dipengaruhi persaingan topik / kata kunci yang ditarget. 

 

7. Maksimalkan SEO Off-Page

Membangun backlink ini menjadi wajib untuk usaha memenangkan keyword persaingan medium – high, jadi setelah konten selesai di optimasi maka proses selanjutnya membangun backlink.

Tutorila mendapatkan & membangun backlinks:

Cara Membangun, Buat Backlink Berkualitas (High Quality)

 

Sumber Traffic Blog Lainya

  • Kekuatan Branding

Membangun branding untuk blog itu perlu waktu dan tentunya harus didukung dengan kualitas konten yang disajikan dan pelayanan ke user menjawab pertanyaan atau tanggapan.

semakin bagus nilai brand blog maka akan berdampat postif untuk manang bersaing dengan blogger lainya, khususnya pada mesin pencari google.

Contoh: Andi mencari inforormasi tentang belajar blogger pemula, setelah coba cari materi di google muncul beberapa blog, salah satunya “mas sugeng ID”, karena kiprah di dunia blogger cukup lama + konten berkualitas maka user baru lebih memilih mencoba klik blog sugeng.

Proses membangun brand memang membutuhkan waktu, saat ini media sosial seperti: faceboo, youtube, twitter menjadi media yang bagus untuk itu.

Ada 2 faktor pondasi branding bisa kuat:

  1. Kualitas konten Website
  2. pelayanan untuk user / audien.
  • Media Sosial ( facebook ads, instagram ads )

Sumber traffic iklan lewat media sosial cukup bagus dan tergolong cara cepat dapat traffic, khususnya blogger pemula yang baru membangun blog, manfaatkan cara ini untuk promosikan konten terbaik & branding.

» Panduan teknik iklan media sosial bisa dipelajari langsung di:

  1. FB Ads Materi.
  2. IG Ads Mater.

Note: Traffic blog mode referral / redirect dari facebook ads lainya bisa didapat dengan mudah & murah lewat beriklan namun jenis traffic ini kurang potensial jika dibandingkan dari google search Organik. bisa saja jumlah traffic tinggi namun persentase konversi kecil.

  • E-mail Marketing

Tidak semua blog cocok menggunakan email marketing, hanya blog yang fokus pada 1 nice / kategori yang akan lebih berhasil menggunakan cara ini.

secara umum email marketing sedikit di abaikan oleh blogger pemula, karena teknik yang cukup ribet dan membutuhkan biaya lumayan untuk toools kirim email massal.

 

Analisa Traffic Website

Gunakan saja tools gratis dari google untuk analisa perkembangan traffic blog tiap hari / bulan , daftarkan blog segera di webmaster dapatkan data traffic analisa setelah minimal 7 hari.

 

Disclaimer

Pastikan proses riset keyword dikerjakan dengan sempurna dan performa server bagus, percuma saja dapat trafik tinggi jika pengunjung tidak potensial akhirnya tidal dapat diubah menjadi konversi, paling mudah untuk klik iklan (Google Adsense). faktor ini biasanya terjadi karena melewati proses riset keyword dan tidak optimalkan kinerja blog.

Buat konten sebanyak mungkin dengan persaingan low, volume pencari sedikit namun akan mudah tayang dihalaman 1 google ini menjadi solusi cepat, efektif meningkatkan trafik blog.

Ingat! semua tips diatas bukan cara instan, tentunya perlu proses & waktu serta dikerjakan secara berkelanjutan…

Update : 18 Jan, 2024