Lacak HP Hilang dengan IMEI Apakah Bisa?

Temukan Lacak HP Hilang, Dicuri Pakai Nomor IMEI

Ya, Bisa melacak HP hilang menggunakan IMEI namun ada syarat dan ketentuan yang harus dilewati dan tingkat keberhasilan sangat kecil.

Apa itu IMEI

International Mobile Equipment Identity adalah angka UNIK yang terdiri dari 15 digit. Angka ini tersedia di perangkat telekomunikasi, seperti HP, Smartphone Android, Iphone.

Cara Cek IMEI HP

Nomor IMEI bisa dicek pada bungkus HP atau bisa langsung cek lewat smatphone saat hidup dengan cara ketikan pada papan tanpa klik dialUP:

*#06#

Syarat Lacak HP dengan Nomor IMEI

Pastikan cek nomor imei simpan baik2 data nomor imei tulis pada, backup data nomor imei pada buku atau tempat aman lain seperti berkas dokumen atau pada file komputer, sehingga jika terjadi HP hilang karena terjatuh atau dicuri oleh orang, maka pemilik yang syah masih memiliki data nomor imei.

READ :  Distro Linux & DE (desktop environment) Ringan & Stabil

Cari HP Hilang dengan Nomor IMEI

Sayangnya saat ini untuk mendeteksi, lacak keberadaan posisi HP yang hilang karena pencurian atau terjatuh tidak bisa dilakukan secara mandiri oleh pemilik handphone, smartphone android atau IOS (Iphone) wajib melibatkan 2 lembaga, instansi:

  1. Kepolisian : Lapor & membuat surat aduan kehilangan [lampirkan nomor IMEI]
  2. Perusahaan seluler (Optional)

Nantinya pihak kepolisian yang bisa melacak, posisi & status HP berdasarkan Nomor IMEI, Namun apakah masih ada harapan ditemukan jika kondisi HP sudah MATI atau tidak mendapatkan sinyal Internet, GPS atau Jaringan maka kemungkinan hasilnya = NIHIL.

Perlu waktu cukup lama minimal 1-2 minggu proses investigasi, pelacakan, dan membuat surat laporan ke pusat ini adalah mekanisme kepolisian sehingga hasilnya tidak bisa instan.

READ :  Tips membeli HP Android, Biar Tidak menyesal!

Gagal Lacak HP Hilang dengan nomor IMEI

Tingkat keberhasilan adalah 5-10% karena banyak faktor dan proses panjang yang dilakukan oleh pihak kepolisian untuk mengungkap, menemukan lacak posisi HP. Namun jika kondisi HP 100% MATI tidak mendapatkan sinyal jaringan Internet / Seluler maka bisa dipastikan tingkat keberhasilan menemukan HP hilang adalah 0% = ZONK.

Update : 04 Jul, 2024