TEKNIK SEO: Penjelasan SEO Lengkap !

what is SEO
44 Shares

SEO – Search Engine Optimization adalah sebuah setingan Optimasi [memaksimalkan] website dari sisi Onpage atau Offpage yang dilakukan secara sistematis mengikuti aturan dan panduan mesin pencari.

Manfaat dari penerapan SEO akan Menghasilkan sebuah nilai yang ditampilkan lewat posisi rangking / pengurutan Index halaman, Jika Menggunakan Teknik SEO secara benar maka web akan tampil di Rangking / Halaman #1.

Namun Sebaliknya untuk Optimasi SEO secara berlebihan dan melanggar TOS dari mesin pencari, maka situs / web akan di Deindex (dihapus).

 

TEKNIK SEO

Secara umum cara atau teknik SEO ada 2 :

  1. SEO Natural / white hat
  2. SEO Dark / black hat

Penjelasan :

SEO natural adalah teknik optimasi dengan menggunakan semua acuan TOS yang berlaku pada mesin pencari, sehingga website akan aman dan stabil pada posisinya dalam jangka panjang.

SEO Black hat adalah teknik Manipulasi SEO dengan cara yang melanggar TOS , contoh: Spam, over backlink / keywords, membuat konten lewat software AGC.

Disini kami hanya akan membahas secara detail tentang SEO natural, Lanjut ….. jika kita masuk lebih dalam maka akan menemui yang bernama: SEO Onpage dan Offpage.

 

SEO ONPAGE

Merupakan setingan SEO pada sisi dalam website, contoh : pemilihan thema / desain , pembuatan konten berkualitas , hosting VPS dan domain LTD.

pada tahap ini kita harus cek update algoritma mesin pencari terbaru, guna mengatur semua element yang ada, sehingga tidak melanggar aturan + dari segi manfaat akan mendapatkan hasil optimasi seo yang maksimal dan powerfull.

Pada tahun 2015 silam Google membuat update algortima untuk mobile, sehingga dalam optimasi seo kita wajib mengikuti aturan dengan membuat desain web User-friendly / responsive {support} untuk semua device.

Sekilas info : SEO itu dinamis, akan berubah setiap waktu sehingga kita perlu terus belajar mengikuti update terbaru.

 

SEO OFFPAGE

SEO offpage adalah setingan / optimasi pada sisi luar situs / web, teknik ini bisa dikatakan sebagai marketing. sub-bagian dalam seo offpage meliputi : Backlink, Share, Promosi dan Iklan.

 

TUJUAN SEO ?

#Tampil halaman #1 khusunya Google

SEO hadir karena adanya persaingan dalam dunia online, Ambisi website ingin tayang pada halaman pertama adalah faktor primer lahirnya SEO.

bisa anda bayangkan jika konten web yang dipublish cuma ada 1, ya kita tidak perlu repot optimasi SEO, karena sudah bisa dipastikan website tampil dihalaman satu Google.

Seiring kemajuan zaman dan teknologi semua lini bisnis telah masuk dalam dunia online, sehingga persaingan pun terjadi.

semua website berlomba masuk dihalaman 1, karena kita paham semua orang , pengunjung / visitor hanya mencari semua informasi yang dibutuhkan pada hasil pencarian di halaman 1 – 2.

Ulasan , trik, Tips, Info update dan Cara SEO terbaru akan kami sampaikan pada postingan berikutnya , karena Ilmu SEO tidak pernah habis.

__SEE YOU

Editor: | Update: Mei 7, 2020

Baca Juga:

2 thoughts on “TEKNIK SEO: Penjelasan SEO Lengkap !

  1. Avatar for Si UconSi Ucon

    First comment,, saya pembaca setia seosatu hehe

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      Ok mas, thank atas dukungan-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *