Cara kerja SEO ? Index , Perayapan di Mesin Pencari

21 Shares

Info Cara kerja SEO untuk Blog di Mesin Pencari Google, Bing, Yandex, Lainya

SEO adalah semua hal optimasi situs yang berhubungan dengan mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, bing. SEO dapat dikatakan sebagai bagian dari pemasaran mesin pencari secara Organik.

Pada dasarnya SEO merupakan teknik merancang dan mengembangkan sebuah situs web Guna menempati peringkat teratas dalam pencarian hasil mesin pencari + menjadikan kualitas konten menjadi sempurna di sisi User / Boot Mesin pencari.

 

Sistem kerja Mesin Pencari

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang cara kerja SEO, maka harus paham konsep / mekanisme sistem dari mesin pencari khususnya Google, bing & yandex.

Mesin pencari / search engine melakukan kegiatan atau algoritma sistem yang diterapakan diantaranya:

 

Perayapan (Crawling)

Crawling atau Perayapan adalah proses mengambil semua data halaman web yang yang ada di Internet. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian khususnya Google.

Spider atau googlebot hanya akan merayapi situs dengan meta tag “Index / Follow” dan tidak dicekal (allow) lewat kode: robots.txt

 

Indexing

Indexing adalah proses pembuatan indeks (URL / Meta Tag) pada semua halaman web yang disimpan ke dalam database mesin pencari.

Pada dasarnya pengindeksan merupakan proses identifikasi judul, meta tag, isi konten atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu.

Waktu index google bisa diseting: 1 hari, 7 hari atau 1 bulan sekali (update index) oleh owner / pemilik situs dengan membuat sitemap.xml yang didaftarkan lewat Google console / webmaster.

 

Processing / Quary data

Mesin pencarian menerima request dari user saat mengetikkan kata kunci ini menjadi dasar untuk menentukanCara kerja SEO”, dilanjutkan ke sistem Algoritma untuk melakukan proses sorting, lanjut…

Pencarian data menggunakan (Class program) yang terdiri dari ± 200 faktor penentu rangking SEO kedalam database yang telah terindek atau bisa disebut (Fetch Data).

 

Cache Index Google

Langkah selanjutnya Save & SEND DATA, dimana data Index situs (cuplikan) akan di simpan pada Cache Google. Untuk ditampilkan pada hasil penelusuran.

Cache mesin pencari khususnya Google akan diperbaharui setelah Spider atau Crawl Google merayapi & meng-index ulang. Waktu / jadwal bisa diseting lewat blog / website dengan membuat file: sitemap.xml seperti yang sudah kita jelaskan.

 

Calculating Relevancy

Dalam satu halaman web pastinya memiliki banyak jumlah kata kunci, contoh pada kata kunci “Arti seo”, sehingga mesin pencari akan melakukan proses menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks.

dalam tahap ini program algoritma Google yang bekerja untuk menilai & nantinya akan disimpan – selanjutya di tayangkan dalam daftar urutan / rangking halaman Google.

 

Retrieving Result

Mengambil hasil data situs (Index) yang sangat relevan terhadap kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan ke daftar hasil pencarian di browser.

Mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! akan terus Update untuk memperbaiki System Algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi hasil pencarian terbaru, Sehingga hasil pencarian user akan sesuai dengan kata kunci yang diketikan relevan & cocok.

Noted:

OK, Setelah mengerti alur / mekanisme cara kerja mesin pencari, diharapkan kamu bisa lebih mudah dalam optimasi situs lewat teknik SEO.

 

Cara Kerja SEO

Sistem Cara kerja SEO bersifat dinamis, berjalan diatas alur / mekanisme mesin pencari dengan ± 200 Faktor Rangking & Algoritma yang telah dibuat mesin pencari.

Motode Cara kerja SEO secara teknis dibagi 2:

  • SEO OnPage
  • SEO OffPage

Jika sudah pernah bahas tentang seo seo secara langkap pada link dibawah:

URL : www.seosatu.com/read/3080/seo-adalah

Situs yang memiliki kualitas konten terbaik, berkualitas & mengikuti semua panduan, faktor seo & algoritma akan lebih berkesempatan untuk tayang di halaman 1 Google bahkan bisa jadi (rangking #1).

Tentunya dalam proses SEO tidak semudah itu, Ingat ada faktor persaingan keyword & authority situs menjadi perhatian khusus jika ingin mengejar rangking / tayang di halaman 1 untuk keyword yang ditargetkan.

Alhasil Progress kinerja SEO untuk website pada mesin pencari Google akan terlihat hasilnya minimal 1-4 bulan atau lebih lama.

Penting!! SEO bukan cara cepat menjadikan blog – website langsung tayang dihalaman satu, namun perlu proses SEO secara berkelanjutan & rangking akan naik secara bertahap.

Catatan: Secara resmi Google telah memberikan Tutorial SEO lengkap, yang bisa dibaca pada laman: https://support.google.com/webmasters/answer/7451184?hl=id

 

__Semoga penjelasan cara kerja seo lewat konten ini bisa membantu, thank for visited!

Editor: | Update: Oktober 22, 2020


Baca Juga:

9 thoughts on “Cara kerja SEO ? Index , Perayapan di Mesin Pencari

  1. Avatar for AorlinAorlin

    cara mendapatkan backlink yang berkualitas bagaimana ya pak? terima kasih sebelumnya 🙂

    Reply
  2. Avatar for belajar seobelajar seo

    mantap mas. penjelasannya lengkap 🙂

    Reply
  3. Avatar for Abdul SomadAbdul Somad

    Cukup membantu tetapi saya tidak dapat penjelasan bagaimana cara google menentukan sesuatu yang relevan dengan keyword user

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      Google dapat menemukan sesuatu konten yang relevan dengan program algortima dengan class < 200 faktor, sehingga dapatkan hasil keyword yang diketikan user itu relevan / cocok.

  4. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

    Ini adalah teknis SEO dasar yang harus dipahami secara mendalam oleh pelaku SEO..

    Reply
  5. Avatar for AlviyatunAlviyatun

    mantap ni blog mas adreas, rata-rata halaman satu

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      he..he,, iya mba, itu salah satu manfaat dari SEO, jika dikerjakan secara benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *