4 Makanan Ini Bisa Mencegah Gigi Berlubang

Kesehatan gigi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk senantiasa di jaga, karena selain memang penting bagi kesehatan jasmani gigi juga sangatlah erat imbasnya dengan kesehatan rohani.

karena ketika ada masalah pada gigi, terutama bagi anda yang kegiatan sering tampil didepan umum, memiliki gigi yang sehat sangatlah penting karena secara otomatis semakin manambah rasa percaya diri anda ketika tampil dimuka umum.

Selain dari pada itu kesehatan seluruh tubuh tidak hanya direfleksikan dari luar saja, namun juga gigi termasuk sebagai salah satu organ vital.

Menjalani diet sehat juga sebetulnya tak hanya baik bagi tubuh, namun juga gigi, karena pada kenyataannya tidak semua makanan sehat yang kita konsumsi setiap hari juga baik untuk kesehatan gigi.

Di Amerika, umumnya masyarakat menyukai makanan dengan kandungan gula tinggi, asam, dan toksin yang bisa menyebabkan peradangan.

Hasilnya, darah menjadi asam menyebabkan tubuh menarik mineral untuk meningkatkan keseimbangan tingkat pH, sehingga minim mengalirkan mineral bagi gigi dan tulang.

Untuk menjadi sehat, semua bagian tubuh kita dituntut haruslah seimbang. Hindari sebisa mungkin makanan seperti berikut; gula, makanan olahan, makanan dan minum asam.

Tak hanya itu, anda juga mesti menghindari permen atau karamel karena tak bisa dibersihkan cepat dari mulut anda. Sementara, cokelat, dan kakao mentah khususnya, tidak seberbahaya manisan yang lain.

Satu lagi, sumber gula adalah minuman berkarbonasi atau minuman ringan yang mengandung citric dan asam fosfor yang dapat merusak enamel gigi. Lalu, jika anda mengonsumsi makanan bertepung, pastikan pula anda menyikat dan membersihkan sela-sela gigi lebih sering.

sebaiknya anda pangkas konsumsi makanan ringan anda, mulailah untuk beralih pada makanan ringan yang kaya kalsium seperti kacang-kacangan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi.

Air juga menjadi sumber penting yang membantu produksi saliva, mencegah kerusakan gigi, membersihkan partikel kecil, dan membuat lidah tetap lembab.

Berikut adalah rekomendasi beberapa makanan, yang dapat menguatkan gigi sekaligus mencegahnya dari kerusakan;

1. Makanan Buah dan Sayuran

Makanan kaya serat seperti buah dan sayuran akan mempertahankan aliran saliva secara alami dan mencegah timbulnya karang pada gigi. Selain membersihkan partikel kecil dan membersihkan mulut, saliva juga dapat menetralisasi asam yang menyerang gigi anda. Konsumsilah buah dan sayuran seperti wortel, apel, seledri, dan beras cokelat.

2. Produk Susu

Fosfat, kalsium, vitamin D yang terkandung pada susu, keju, yogurt, serta produk susu sejenisnya sangat krusial bagi kelangsungan kesehatan gigi. Karena gigi terbentuk banyak dari kalsium, maka jika anda mengalami kekurangan kalsium, gigi pun akan mengalami masalah. Makanan berkalsium juga bisa anda dapatkan dari jeruk, brokoli, kale, salmon, dan tofu.

3. Teh Hijau dan Hitam

Antioksidan juga sangat kaya manfaat bagi kesehatan gigi, yakni mengurangi plak dan membunuh bakteri, mencegah mereka untuk memproduksi asam yang dapat merusak gigi, mencegah imflamasi, dan mencegah karang gigi atau lubang.

4 Permen Karet Bebas Gula

Permen karet yang bebas gula dapat menjadi pilihan makanan ringan yang dapat membantu membuang asam berbahaya dari gigi. Permen karet yang bebas gula mengandung xylitol memiliki kualitas baik untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi lubang.

Selain dari daftar makanan di atas, beberapa makanan lainnya, seperti asparagus, pisang, bawang, kiwi, dan gandum juga dapat dipertimbangkan untuk menjaga kesehatan gigi, membunuh parasit pada gusi, serta menyeimbangkan mikroba pada gusi.

Editor: | Update: Oktober 22, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *