Belajar SEO WordPress Materi Lengkap + GRATIS

987 Shares

Tutorial Belajar SEO di Wodpress Gratis Lengkap, Teknik Bagaimana menjadikan blog / website tayang di Halaman 1 Google untuk tingkat Pemula Sampai Mahir

Ayo belajar SEO WordPress untuk Google Gratis secara online lewat kumpulan materi (tutorial) seo “isi lengkap” terbaru hasil uji-coba langsung ( bukan sekedar teori ). Isi pembahasan, tutorial seo sangat mudah dipahami untuk tingkat pemula.

ASK ? Mulai dari mana untuk belajar SEO …?, Buka daftar isi, belajar Cara SEO dari dasar / nol  sampai tingkat mahir.

Materi Gratis: modul dasar2 tentang riset keyword, seo on-page, seo off-page, web hosting, wordpress, tip & trik, tools seo, dan grup belajar bersama — hasil akhir blog kamu bisa rangking di halaman 1 Google + Traffic banyak.

 

Pengenalan SEO

Apa itu Arti SEO ?Search Engine Optimization” atau peng-optimalan mesin pencari khususnya google, yang artinya serangkaian proses memaksimalkan kinerja, kontrol managemen konten, menjadikan blog atau website menjadi lebih baik disisi rangking / kualitas.

Menerapkan cara SEO yang benar + menggunakan panduan Webmaster Tool Google serta di tambah alat analisa pendukung lainya.

Tujuan SEO: secara umum untuk menjadikan situs tayang pada halaman satu, Rangking Top #1 di mesin pencari (search engine) seperti: Google, Bing, dan Yahoo. Sehingga website akan mudah ditemukan orang lewat Internet.

Penting: Sebelum lanjut sebaiknya pelajari materi dasar2 SEO terlebih dahulu,

Baca:  Panduan Dasar2 SEO ( Search Engine Optimization )

 

Konsep SEO WordPress

Secara umum teknik, konsep umum cara & belajar seo website, blog dibagi menjadi 3 bagian besar:

  • Riset keywords / Pencarian kata kunci 

Tahahapan awal dalam proses seo untuk mencari prasa, kata kunci potensial yang akan dioptimasi lewat seo sebagai acuan dalam membuat konten, sehingga menghasilkan traffic / keuntungan bisnis.

  • Optimasi SEO OnPage WordPress

On Page SEO Artinya semua optimasi website / blog yang dikerjakan pada sisi dalam meliputi server, platform cms, konten, navigasi situs, speed loading, dll.

Baca:  Cara Optimasi SEO On Page Wordpress (Lengkap!)
  • Maksimalkan SEO OffPage

Dalam SEO, istilah off-page SEO mengacu pada faktor luar yang tidak berhubungan langsung dengan halaman website seperti: link building, sosial signal, branding, dll. materi lengkap akan diulas dibagian bawah pada session backlink.

Baca:  Cara SEO Off Page Google (Teknik terbaru & aman)

 

CMS SEO WordPress

Ada 2 media platform / content management system blog yang suport untuk belajar SEO yang kita rekomendasikan:

  1. WordPress (rekomendasi)
  2. Blogspot
  3. Wix

Info: Jika ingin serius Ngeblog, bisnis online + maksimalkan SEO,  WordPress selfhosting menjadi pilihan terbaik.

CMS WordPress menjadi platform pembuat Blog terbaik, sangat mendukung optimasi dalam belajar seo SEO secara total, dimana bisa maksimalkan seo dari hosting, template dan plugin seo, kita tidak merekomendasikan blogspot karena akan ada batasan2 dalam fitur.

kita telah sediakan materi wordpress secara lengkap untuk dipelajari pelan2 sehingga fitur SEO akan semakin lengkap, kuat & maksimal.

Baca:  Cara Buat Blog, Website (Wordpress) + Domain & Hosting

 

Pemilihan Domain, Hosting untuk SEO

Secara teknis guna maksimalkan hasil SEO mak perlu diperhatiakan dalam pemilihan hosting / server dan nama domain.

  • A. Domain SEO Friendly

Pemilihan Nama domain sangat berpengaruh dalam keberhasilan membangun Brand + SEO, dimana nama domain harus relevan terhadap topik sebuah website, silahkan pelajari:

Baca:  Cara Pilih Domain Bagus untuk Blog & SEO

 

  • B. Web Hosting ( Server ) fast Loading

Web hosting harus memiliki performa bagus, speed + secure, untuk langkah awal dalam belajar SEO bisa gunakan provider hosting Indonesia yang murah, Spesifikasi & jenis server apa yang bagus untuk mendukung SEO ?

Rekomendasi dari #SEOsatu, untuk web hosting Indonesia yang bagus (uptime 99.99%) dan full speed untuk SEO adalah: NiagaHoster.

Speed / kecepatan loading website menjadi faktor penting dalam memaksimalkan kinerja SEO, Berapa waktu rata2 yang dibutuhkan untuk membuka blog yang cepat ? 1 – 3 detik.

Baca Juga:

7 Cara memilih Jenis Web hosting Yang tepat

 

  • C. Tool Analisa kecepatan Blog

Silahkan pilih salah satu saja:

  1. Page Speed Insights
  2. Mobile Frindly Test
  3. PingDom Speed Tools

Baca juga panduan:

Baca:  Optimalkan Speed Loading Blog Wordpress Cepat < 3 detik

 

Cara Riset Keywords / Kata kunci untuk SEO

Keywords research menjadi bagian penting dalam tahap Cara Belajar SEO lanjutan & strategi SEO, dimana proses ini akan mencari kata kunci potensial = volume pencarian tinggi + Low persingan (kompetisi).

Pada konsepnya adalah mencari kata kunci yang volume tinggi & sering dicari orang lewat mesin pencari khususnya Google.

Pada tahap belajar Riset keywords kamu harus benar2 serius, sehingga dapat hasil maksimal untuk Traffic atau konversi penjualan.

Jangan sampai step ini dilewati begitu saja karena akan mengakibatkan bias, dimana tanpa riset keyword secara mendalam ibarat ngomong tanpa data valid.

Al-hasil bisa saja kamu tidak riset keyword, blog atau website tayang di halaman 1 Google, namun traffic (PV) blog yang didapat “0” Tanpa ada data analisa, planing waktu mendatang.

Point terpenting tahap awal dalam belajar seo = teknik RISET KEYWORDS, ini akan menjadi pondasi dasar keberhasil mendatangkan trafik melimpah secara on target atau tujuan lainya.

Kamu bisa mulai belajar riset dari link dibawah:

UberSuggest: Cara Riset Keywords (Volume + Traffic) GRATIS

 

Tema / Template SEO WordPress 

Berikut rekomendasi template, tema wordpress yang mendukup optimasi seo sehingga kinerja blog lebih maksimal dan mendapatkan rangking lebih baik di Google, pilihan template WP SEO:

5 Themes, Template WordPress Paling Ringan ( SEO Friendly + Gratis)

 

Plugin SEO WordPress

Gunakan plugin SEO by Yoast, berikut panduanya:

Cara Setting Plugin Yoast SEO Terbaru ( Versi Lengkap )

» Baca juga: 9 Plugin WordPress Terbaik Untuk maksimalkan SEO

 

Buat Artikel yang SEO di WordPress

Inti utama dari belajar SEO WordPress adalah bagaimana kita membuat sebuah karya lewat konten atau artikel terbaik, lengkap, unik dan menarik + memberikan informasi yang bermanfaat untuk user. optimasi SEO lainya akan menjadi sebuah pendukung sahaja sehingga menjadi 1 kesatuan yang kuat (Good SEO).

Baca Panduan Konten SEO WAJIB:

  1. Panduan cara menulis artikel baik, benar + SEO.
  2. Teknis Cara Buat Postingan / Artikel WordPress

 

Webmaster tools Google SEO + WordPress

Ini merupakan bagian materi Belajar SEO WordPress tahap Extra, kamu akan kenalan dengan Tools SEO GRATIS dari Google yang ditujukan untuk webmaster (pemilik blog atau website). Apabila webmaster yang ingin website-nya teroptimasi dan memiliki struktur dengan aturan-aturan dan rekomendasi search engine Google (on-page) & Offpage.

Fitur utama dari Webmster Tools / Google console adalah mengidentifikasi konten duplikat, halaman yang tidak ditemukan (404), indeks situs & menganalisa CTR (click through rate) di halaman pencarian Google organik.

Didalam SEO tutorial WordPress + Google console menjadi analisa berkelanjutan guna menentukan perbaikan, pengembangan & planing pembuatan konten baru.

Baca:  Panduan lengkap Google Search Console ( Webmaster Tools )

 

Analisa Traffic, Google Analytics (Analisa SEO)

Manfaat atau fungsi dari tool google analytic ini adalah untuk memberikan laporan detail tentang pengunjung blog / website. Dengan menggunakan alat ini bisa mengetahui jumlah pengunjung perhari, perminggu atau perbulan.

Supaya lebih jelas bisa langsung tonton panduan by video di:

 

Membangun Backlink SEO OffPage

Sebelum mulai membangun tautan masuk dari luar situs (backlinks) pastikan telah membuat sebuah konten yang bermanfaat, berkualitas sehingga bisa menjadi pondasi dasar yang kuat untuk backlink.

Backlink adalah sebuah link yang di tanamkan di berbagai website lain yang mengarah ke website. Fungsi dan manfaat dari backlink, meningkatkan popularitas website Anda serta menaikkan pagerank & sumber trafik, visitor potensial.

Baca & cermati: Cara mendapatkan backlin berkualitas untuk SEO.

 

Analisa Rank: Tracking keywords Rangking

Setelah konten telah terpublish dalam jumlah banyak pastinya membutuhkan Tools untuk track peringkat keywords yang ada di Google. Rekomendasi kami menggunakan: https://www.serprobot.com

Daftar & Buat projects baru untuk membuat laporan analisa laporan peringkat keywords

 

Update Informasi SEO

Setelah selesai belajar seo dasar kamu bisa lanjut untuk baca2 update tip dan trik seo lainya di: https://www.seosatu.com/topik/seo/

 

Grup FB: Belajar SEO WP

Forum SEO WordPress Indonesia, bisa langsung gabung, ini 100% Gratis – diskusi SEO bersifat terbuka untuk membahas masalah SEO secara spesifik dan masalah umum: Gabung.

 

Penutup

Pada dasarnya ilmu dan teknik SEO selalu update & berkembang mengikuti pergerakan trend dan TOS mesin pencari.

Ingat untuk belajar seo & mendapatkan progress atau hasil seo perlu waktu minimal 3 – 4 bulan kedepan, karena seo bukan cara instan jadikan website di halaman pertama google.

Semoga materi dasar seo ini bisa menjadi bekal dalam strategi pemasaran bisnis khususnya lewat google search.

__Sumber gambar utama: Tokopedia.

Editor: | Update: Januari 12, 2021

54 thoughts on “Belajar SEO WordPress Materi Lengkap + GRATIS

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      ya sama2 mas, selamat belajar seo.

  1. Avatar for ilham bintangilham bintang

    Baru ini ada yang ngasih langkah cara SEO dari awal paling lengkap, terimakasih sudah membantu.

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      ya sama2, gan semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Pilih Rating *

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *