3 Cara Membangun Backlink Bagus, Berkualitas

73 Shares

Panduan membangun, mencari jenis backlink berkualitas bagus untuk naikan rangking website

Pastikan blog / website kamu medapatkan backlink terbaik + berkualitas, sehingga bisa menjadi sumber trafik organik tambahan dan meningkatkan rangking posisi di google search lewat faktor seo “Pagerank” secara alami untuk Jangka panjang.

Disini akan kita sampaikan beberapa tips / cara mencari dan membangun sebuah backlinks yang bagus untuk performa situs jangka panjang,

sebelum mulai membangun backlink pastikan sudah memiliki konten yang kaya akan informasi, valid dan bermanfaat untuk pengguna, sehingga akan mempermudah untuk mendapatkan link balik.

Baca:  Tips, Cara menulis Artikel / Konten (SEO Berkualitas)

 

Cara mencari Backlink Berkulitas

1.  Temukan 10 Blog Populer

Temukan 10 blog terbaik dan populer di indonesia yang memiliki isi konten & kategori yang relevan dengan blog anda, jika target penguna adalah negara indonesia bisa cari di Google atau bertanya di forum seperti kaskus dan Ads.id

Hubungi pemilik situs, ajak kerjasama untuk merekomendasikan situs anda lewat pembuatan konten baru / lama + penanaman backlink jenis (dofollow) serta anchor text.

 

2.  Cari TOP 5 Google by keywords

Sebelumnya anda diwajibkan riset keyword Potensial yang memiliki banyak jumlah pencari dalam setiap bulan, contoh:

A: memiliki usaha rental mobil diJakarta

B: situs yang memiliki konten tentang rental mobil di Jakarta dan telah tayang di halaman 1 google

keywords : “rental mobil Jakarta”

jumlah pencari: ± 9.900 / bulan.

Usahakan nilai pencari dalam setip bulan minimal: 2000 x / bulan dan semakin banyak minat pencari itu akan sangat bagus. Cari situs yang telah tampil di halaman depan google khususnya di posisi 5 besar.

Segera analisa dan pastikan situs calon backlink memiliki tampilan yang user friendly, cek status sosial media -> berapa jumlah pengikut dan seberapa persen aktif dalam menjawab komentar, + kapan terakhir update konten.

Setelah anda yakin dengan situs tersebut, segara hubungi dan ajak kerjasama untuk merekomendasikan situs anda dengan cara menanam backlink (dofollow) + anchor text pada postingan / laman yang sudah ada di TOP 5 Google.

Teknik linkbulding ini merupakan strategi yang sudah terbukti ampuh dan manjur dimana situs anda akan langsung mendapatkan aliran trafik secara berkala dari situs pihak ke-2.

Anda juga bisa menggunakan situs jenis News (media berita) seperti: detikcom, kompas, liputan6, dll.  Bagaimana cara nya? menggunakan skema dan cara yang sama dengan teknik 1 & 2.

2 cara diatas adalah cara mendapatkan backlink berkualitas dan bagus, namun biasanya tidak Gratis dan anda harus menyiapkan budget untuk itu.

Bukankah teknik diatas sama saja kita membeli sebuah links, iya benar ! namun mekanisme ini beda dan tidak melanggar pedoman webmaster Google, karena dari awal situs kita telah dibekali konten yang benar2 berkualitas dan layak / pantas jika direkomendasikan.

 

3. Share ke Sosial media

Ini adalah cara gratis dalam mendapatkan dan membangun backlink, namun memiliki efek bagus dalam urusan trafik karena kita bisa menargetkan secara spesifik audien yang akan di target.

Melakukan share ke sosial media khususnya dibeberapa Group / Fanspage harus melihat nilai relevansi konten dan jenis kategori, jangan sampai group jual beli mobil anda share konten jual produk kecantikan.

Sosial media yang kita Rekomendasikan adalah: Fanspage Facebook, Twitter, Google Plus dan Linkedln.

 

5 Hal Cara Membangun Backlink Salah

1. Skema PBN (Private Blog network)

Pada dasarnya teknik ini masuk dalam SEO abu2 dimana PBN ini menggunakan teknik memanipulasi beberapa minisite (situs kecil) dengan domain whois berbeda, hosting berbeda, namun sesungunya dimiliki oleh 1 user (orang) untuk tujuan tertentu semisal Jual-beli LINK secara massive. Secara umum jika konten PBN relevan dengan konten yang akan di optimasi itu sah2 saja.

 

2. Blog Walking (Spaming form komentar)

Berkomentar dengan menyertakan link aktif, dan biasanya tidak relevan dengan konten anda.

 

3. Spaming Sosial media

Cara share ke semua group atau fanspage dalam jumlah banyak dan dilakukan secara acak / random.

 

4. Software Backlink Auto

menggunakan tools / aplikasi berbasis web yang menyediakan (menjual link) kualitas dangkal.

 

5. Spam Forum

Menuliskan link aktif di forum2 secara langsung dengan tujuan promosi.

 

Penutup

Semoga informasi tentang Backlink ini bisa bermanfaat untuk Optimasi SEO situs anda…. Akhir kata – terimaksih telah berkunjung.

 

28 thoughts on “3 Cara Membangun Backlink Bagus, Berkualitas

  1. Avatar for belanja onlinebelanja online

    sebenarnya saya backlink ada pakai dan cenderung pakai yg bayaran dan klo seo onpage saya kreasi sendiri sesuai ketentuan seo google dan saya pakai stt lebih makyos heheh dan lagipula klo cari backlink sendiri abis wkt dan tenaga daripada bgt mending cari yg bayaran dan paling tdk wkt yg tersia siakan tsb bisa dialihkan ke hal lain spt seo onpage aja lebih efektif menurut saya heheh

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *