Private Key Kripto: Apa Itu dan Mengapa Hal Ini Sangat Penting

Banyak orang yang berinvestasi mata uang kripto dan lebih banyak memedulikan soal perubahan harga Bitcoin dan koin-koin lainnya dibandingkan mengamankan data-data penting terkait aset kripto yang dimiliki. Padahal, sudah banyak cerita tentang kehilangan aset kripto akibat bobolnya informasi sensitif dompet kripto yang dimiliki. 

Dari berbagai informasi yang perlu dirahasiakan tentang aset kripto yang dimiliki, tak ada yang lebih penting dari private key. Intinya, private key adalah serangkaian karakter alfanumerik yang sangat panjang dan berfungsi untuk mengamankan transaksi dan akses ke aset kripto di suatu dompet kripto.

Dalam artikel ini, akan dibahas dengan lengkap apa itu private key dan mengapa hal tersebut berfungsi sebagai komponen integral dalam melindungi aset kripto.

Bentuk dan Fungsi Private Key

Sebagaimana yang sebelumnya dinyatakan, private key adalah serangkaian huruf dan angka yang panjang; hampir tidak mungkin untuk dihafalkan di luar kepala. Berikut gambaran contoh private key: 5Kb8kLf9zgWQnogidDA76MzPL6TsZZY36hWXMssSzNydYXYB9KF.

Private key biasanya sudah satu set dengan public key, alamat dompet kripto, dan seed words. Informasi ini akan tercantum pada dompet kripto yang dimiliki, baik dompet software maupun hardware.

Fungsi utama private key adalah untuk otentikasi kepemilikan aset kripto dan juga untuk proses transfer aset kripto. Private key seringkali disebut garda terakhir keamanan aset kripto; apabila data ini sampai jatuh ke tangan yang salah, tinggi kemungkinan aset kripto yang dimiliki akan raib.

READ :  Apa itu Bitcoin & buat apa sih?

Private Key Berbeda Dengan Public Key

Awas, jangan sampai tertukar. Fungsi private key berbeda jauh dengan public key, meskipun namanya mirip. Apabila ada yang meminta ‘public key’, berikan saja alamat dompet kripto. Perlu diketahui bahwa public key tidak bisa dilihat secara langsung oleh pemilik dompet kripto; fungsi public key adalah untuk menjembatani pembuatan alamat dompet kripto berdasarkan private key menggunakan prinsip kriptografi. 

Jangan sampai tertipu dan memberikan private key dompet kripto yang dimiliki ketika ada yang meminta public key. Informasi tersebut tidak boleh diberikan ke pihak manapun dan harus dijaga kerahasian. 

Private Key Tidak Melulu Hanya Satu

Apabila seseorang memiliki lebih dari satu dompet kripto, alhasil private key yang dimiliki pun akan lebih dari satu. Misalnya, mungkin ada pihak yang memiliki dompet kripto bentuk software dan hardware. Otomatis apabila penyedia layanannya berbeda, akan ada dua private key yang dimilikinya. Mengelola beberapa private key memang memerlukan perhatian lebih terhadap keamanan, namun opsi ini juga memberikan fleksibilitas dan kontrol yang lebih besar atas aset kripto yang dimiliki.

Cara Mengamankan Private Key

Prinsip yang melandasi cara mengamankan private key serupa dengan cara merahasiakan password dan One-Time Password (OTP). Penting untuk tidak membagikan informasi ini kepada siapa pun, bahkan kepada penyedia layanan yang dianggap terpercaya. Apabila tingkat keamanan yang lebih tinggi diperlukan, terutama jika nilai aset kripto cukup besar, pertimbangkan untuk menyimpan private key dalam bentuk dompet kripto kertas.

READ :  Cara Transfer Paypal ke rekening bank Indonesia

Berbeda dengan dompet software dan hardware, dompet kripto kertas dapat memberikan keamanan ekstra karena sama sekali tidak terkoneksi dengan internet. Kondisi ini membuat risiko kebocoran informasi melalui malware atau serangan phishing jauh lebih rendah.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun lebih aman secara fisik, pengguna juga harus menjaga keberlanjutan fisik dan keamanan fisik dompet kripto kertas. Menyimpannya di tempat yang aman dan terhindar dari kerusakan atau kehilangan juga merupakan langkah penting dalam mengamankan private key.

Kesimpulan

private key kripto adalah elemen kunci dalam menjaga keamanan aset digital. Dengan memahami pentingnya private key dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindunginya, pengguna dapat merasakan manfaat keamanan dan kendali penuh atas investasi kripto mereka. 

Ingat: Private key bukan hanya saja tentang keamanan individu, tetapi juga berperan penting dalam menjaga keamanan ekosistem kripto secara keseluruhan. Dengan memahami dan mematuhi praktik keamanan private key, pengguna dapat membantu mencegah insiden keamanan yang dapat merugikan seluruh komunitas kripto.

Disclaimer 

Jenis investasi bersifat spekulatif, memiliki risiko tinggi, dan ketidakpastian yang substantial. Investor harus memahami sifat aset digital, termasuk persyaratan pengembalian dan risiko aset.

Pelajari dan pehami semua ilmu, teknik, mekanisme aset kripto sebelum anda melangkah / mulai investasi secara real di bidang kripto.

Updated: December 9, 2023