Fundamental Koin Bitcoin dalam Aset Kripto

Informasi fundamental koin kripto bitcon menjadi pelopor dalam dunia bursa kripto dunia

Arti singkat: Bitcoin (BTC) adalah cryptocurrency / aset kripto pertama yang menarik perhatian publik. Bitcoin merupakan sistem uang digital peer-to-peer yang berjalan secara online di dunia.

Fakta Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang berbasis blockchain pertama yang juga dikenal sebagai aset digital. Bitcoin diluncurkan tahun 2009. BTC menggunakan metodologi terdesentralisasi yang berbasis teknologi Blockchain, di mana memproses dan mencatat transaksi dilakukan melalui jaringan komputer. Aset kripto yang satu ini dapat dilacak, aman, dan cepat, tanpa bantuan pihak ketiga seperti pemerintah atau otoritas tertentu.

Whitepaper Bitcoin diterbitkan pada tahun 2008 oleh individu atau grup yang dikenal dengan nama samaran “Satoshi Nakamoto” yang hingga saat ini identitasnya belum terverifikasi.

Protokol BTC menggunakan algoritma Proof-of-Work (PoW) berbasis SHA-256d guna mencapai konsensus di jaringannya. Jaringan Bitcoin memiliki target waktu blok 10 menit dengan pasokan mencapai 21 juta, dengan token emission rate yang menurun.

Key Matrik Bitcoin

Ticker BTC
Nama Token Bitcoin
Tipe Token atau Protokol BTC
Total Pasokan Token 21.000.000
Pasokan yang Beredar Saat Ini Lihat Coinmarketcap
Kapitalisasi Pasar Lihat Coinmarketcap
Tanggal Pembuatan Token Desember 2008
Apakah Token Ini Bisa Ditambang? Ya, Anda bisa mining Bitcoin
READ :  7 cara, tips pola hidup hemat & bisa kaya

Sejarah Bitcoin

Penemu atau pembuat Bitcoin adalah Satoshi Nakamoto. Hingga saat ini, sosoknya masih misterius dan tidak diketahui apakah ia individu atau sebuah grup. Satoshi Nakamoto adalah sosok dibalik Bitcoin white paper yang terbit tahun 2008.

Kini, Bitcoin jadi open-source project dengan komunitas pengembangan global dan memiliki lebih dari 600 kontributor di GitHub.

Fundamental Bitcoin dibuat?

Tujuan Bitcoin (BTC) adalah memfasilitasi pembayaran online dengan cara yang cepat dan hemat. BTC jadi mata uang digital terdesentralisasi di jaringan peer-to-peer di mana transaksi dapat dilakukan antar pengguna di seluruh dunia melalui jaringan komputer, tanpa perlu adanya intervensi lembaga keuangan.

Secara fundamental bitcoin menjadi aset kripto paling kuat dimana fungsi, manfaat mulai diaplikasikan oleh perusahaan besar disebagian dunia.

Keunggulan

  • Bitcoin menggunakan proses yang disebut mining saat menerbitkan koin baru dan saat memberikan imbalan (reward) kepada pengguna BTC.
  • BTC adalah cryptocurrency pertama di dunia.
  • Mining Bitcoin adalah proses yang terjadi ketika transaksi berhasil dilakukan. Penambang (miner) akan mendapatkan token sebagai imbalan (reward) setelah menyelesaikan mathematical equations.
  • Jumlah bitcoin dibatasi, sehingga kedepan akan menjadi aset yang langka dan tahan terhadap inflasi.

Resiko:

  1. Permintaan Bitcoin mengalami fluktuasi karena pergerakan harga BTC tidak terlihat (invisible hand) sehingga secara langsung mempengaruhi harga Bitcoin (BTC).
  2. Munculnya teknologi baru yang mungkin lebih baik dari Bitcoin. Misalkan, Bitcoin menggunakan metode Proof of Work, di mana metode ini membutuhkan konsumsi energi yang banyak sehingga menyebabkan penambang dikenakan biaya yang tinggi. Kini, aktivitas penambangan cryptocurrency dikembangkan dengan metode Proof of Stake (PoS).
  3. Harga bitcoin sudah pada level high / mahal sehingga jika terjadi kerugian maka akan sangat berdampak pada nilai aset
READ :  Jasa pinjaman Uang, Gadai Jabodetabek (Jaminan Sertifikat)

Info berita bitcoin

  • Banyak perusahaan terkenal diketahui sedang atau telah merencanakan proyek dengan Bitcoin (BTC).
    • Tesla berinvestasi sebesar $1.50 Miliar atau setara Rp21 miliar di Bitcoin. Perusahaan yang didirikan Elon Musk ini juga mengumumkan menerima pembayaran dengan BTC.
    • MicroStrategy, sebuah perusahaan data software juga memutuskan untuk investasi di Bitcoin
    • Grayscale, sebuah perusahaan investasi aset digital dengan Grayscale Bitcoin Trust telah berinvestasi di Bitcoin Assets under Management (AUM) sebesar $31.926,6 miliar atau sekitar Rp463.132 miliar. (Per 16 Februari 2021).
  • Beberapa Bitcoin future trading di Chicago Mercantile Exchange (CME) pada tahun 2017 bekerja sama dengan institusi keuangan seperti:
    • PayPal telah menerima pembayaran dengan aset kripto (cryptocurrency) pada tahun 2021 untuk empat cryptocurrency, yakni BTC, ETH, BCH, dan LTC.
    • Visa berencana untuk memiliki digital wallet dan trading website sehingga pengguna kartu visa bisa jual beli, menarik dan mengkonversi aset kripto (cryptocurrency) ke mata uang fiat saat melakukan transaksi.
    • Mastercard juga berencana untuk menawarkan transaksi cryptocurrency kepada pemegang Mastercard. Mastercard diketahui juga telah mendaftarkan paten di beberapa cryptocurrency terkait.
  • Bloomberg, sebuah media keuangan, percaya bila Bitcoin akan menggantikan emas karena investor dengan cepat beralih dari perdagangan emas ke Bitcoin yang dianggap sebagai Store of Value.

Disclaimer aset kripto

Jenis investasi bersifat spekulatif, memiliki risiko tinggi, dan ketidakpastian yang substantial. Investor harus memahami sifat aset digital, termasuk persyaratan pengembalian dan risiko aset.

Pelajari dan pehami semua ilmu, teknik, mekanisme aset kripto sebelum anda melangkah / mulai investasi secara real di bidang kripto.

READ :  Review : Jasa Isi Saldo / TopUp Paypal Terpercaya

Updated: November 29, 2023