Perkembangan Teknologi dari Masa ke Masa

Menelaah perkembangan internet dari masa ke masa

Setelah penemuan komputer pada tahun 1960-an dan terus berkembang sampai pada tahun 1990-an sehingga melahirkan berbagai teknologi Informasi, para ahli tercengang dengan begitu pesat perkembangan teknologi ini yang oleh mereka disebut “sebagai yang tak terduga”.

Internet begitu memukau dan begitu cepat berimbang dengan varian – varian programnya yang menjadikan ini dalam cengkeraman teknologi.

sekarang ini yang terpenting dan paling luas adalah Internet, yang menghubungkan komputer – komputer pribadi yang paling sederhana hingga komputer – komputer super yang paling canggih inilah struktur jaringan komputer yang saling berhubungan.

Berikut ini adalah perkembangan berbagai teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat terutama dibidang internasional network sebagaimana yang sering kita jumpai.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sudah penulis rangkum untuk catatan perkembangan internet dari masa ke masa.

Teknologi Web

Internet dioperasikan antara lain melalui aplikasi web. Sehingga seseorang bisa memiliki sebuah ruang dalam dunia maya. Teknologi Web ini diibaratkan seperti rumah seseorang yang dapat ditempati sendiri ataupun ditempati bersama dengan orang lain.

Dengan memiliki web berarti seseorang memiliki alamat di Internet. Dari sisi teknologi yang digunakan untuk membentuk web, terdapat dua macam pengelompokan, yaitu teknologi pada sisi klien (client-side technology) dan teknologi pada sisi server (server- side technology). Dalam aplikasinya, klien dan server berinteraksi dengan kewajiban mereka masing-masing.

E-commerce

Sebagaimana yang sering kali kita tahu dan mungkin tak asing lagi bagi kita e-commerce digunakan untuk mendukung kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa, dan informasi melalui Internet atau extranet.

E-commerce pada umumnya dikelompokkan menjadi dua buah kategori; business-to business (B2B) dan business-to-consumer (B2C). Pada perkembangan terakhir juga muncul jenis hubungan yang disebut consumer-to-consumer- (C2C) dan consumer-to-business (C2B).

Pada perkembangan selanjutnya, terakhir juga muncul jenis hubungan yang disebut consumer-to-consumer (C2C) dan consumer-to-business (C2B).

Blog

Perkembangan Internet menyebabkan orang dapat melakukan chatting, “ngobrol” berjamjam dengan seseorang atau kelompok orang di dunia maya.

Memiliki teman di dunia maya sering juga kesepian karena biasanya kelompok chatting ini juga tidak beraturan dan sambil lalu, karena itu berbicara tentang diri sendiri di dunia maya lebih memungkinkan seseorang dikenal banyak orang di dunia maya.

Terlebih juga karena dengan memiliki blog di internet, seseorang dapat menulis apa saja tentang dirinya dan dapat diakses oleh siapa saja.

Walaupun secara privasi blog tidak memberi jaminan keamanan, namun paling tidak dengan memiliki blog seseorang telatn memiliki identitas pribadi di dunia maya.

Oleh karena itu seseorang dapat mengundang kita untuk mengunjunginya di dunia maya. Blog terkesan tertutup dan satu arah namun penting untuk memperoleh informasi dan mengenai tentang pribadi seseorang, karena blog adalah representasi kepribadian seseorang di dunia maya.

Facebook

Jika mebahas tentang karakter blog yang dingin dan sepi, mendorong lahirnya kelompok sosial baru di dunia maya, seperti facebook, frienster dan berbagai kelompok sosial lainnya.

Yang paling terkenal adalah kelompok facebook ini karena tokoh-tokoh terkenal di dunia juga menggunakan jejaring sosial maya ini sebagai sarana berkomunikasi dengan berbagai orang di dunia.

Maka dari situlah puncak perkembangan teknologi dari masa ke masa yang saat ini sudah dapat kita rasakan perkembangan tersebut.

Bagi anda yang saat ini berada pada masa dengan teknologi yang super canggih. Mulailah untuk selalu belajar.

Mengapa? Karena ketika anda diam tanpa belajar maka anda akan jauh tertinggal oleh perubahan zaman yang kian begitu cepatnya.

Editor: | Update: Oktober 22, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *