Jenis, Manfaat Kayu & Keunggulan Pohon Jati

foto hutan jati – perhutani

Mengenal pohon dan kayu jati asli indonesia, khususnya dipulau JAWA, Jati adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m.

Kayu jati menjadi bahan utama dalam pembuatan furniture. Kayu jenis jati memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.

keunggulan  jati yaitu memiliki batang yang lurus, kuat terhadap perubahan cuaca, tahan terhadap rayap dan mudah diolah.

kayu Jati hanya akan tumbuh secara baik di tanah Jawa, Indonesia yang memiliki curah hujan antara 1500-2000 mm/tahun atau pada suhu 27 – 36 celsius.

Manfaat

Kayu Jati digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot / furniture (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan banyak lagi. Kayu Jati juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan rumah tangga dan sebagainya.

Pohon Jati yang tumbuh di daerah seperti Jepara, Blora dan Bojonegoro. jati yang tumbuh di daerah tersebut memiliki kualitas lebih baik, karena tumbuh di tanah kapur di mana kualitas tanahnya memiliki keasaman cenderung rendah.

Umur Pohon jati bisa ditebang untuk digunakan sebagai bahan furniture anatar 20-40 tahun, dengan diameter: 100-150 cm dengan tinggi lebih 15 meter.

 

Keunggulan

Kayu jati cenderung memiliki warna yang khas coklat muda, keabu-abuan hingga coklat merah tua. Selain itu, permukaan jati bisa menjadi sangat halus. kayu memiliki semacam minyak alami sehingga tidak disukai rayap, Meskipun tanpa dilakukan vernis, kayu jati sudah tampak mengkilap.

foto serat, tekstur kayu jati

Tekstur kayu jati sangat kuat dan keras namun halus dan sangat mudah untuk diolah menjadi furniture berkualitas tinggi namun memiliki kelemahan bobot berat.

 

Jenis

macam-macam pohon jati dibawah ini :

  • Jati Unggul
Pohon jati jenis unggul

Pohon jati jenis unggul

Jati jenis ini merupakan hasil kloning dari induk berupa pohon jati plus atau jati elit. Pohon jati plus memiliki keunggulan-keunggulan :

    1. seperti pertumbuhan yang cepat,
    2. batang bebas yang relative tinggi,
    3. tingkat kelurusan batang yang lebih baik

Pohon-pohon jati plus atau elit yang digunakan sebagai bibit yang dikloning untuk menghasilkan jati unggul ini, bibit tersebut diambil dari pohon-pohon yang terbaik yang merupakan hasil seleksi Perum Perhutani sejak tahun 1982, di Cepu, Jawa Tengah.

 

  • Jati Super
Pohon jati jenis super

Pohon jati jenis super

Asal asli bibit pohon ini dari klon jati super Thailand, yang kemudian dilakukan penelitian di negara malaysia dengan cara mendatangkan biji-biji dari ratusan pohon jati yang dari berbagai Negara, seperti Thailand, Indonesia,

Dalam jangka waktu 15 tahun, 33 pohon jati tersebut garis tengahnya sudah mencapai 35-40 cm, tinggi 20 meter, dab percabangannya diatas 6 meter.

keunggulan:

    1. Pertumbuhan tanaman lebih seragam (99%) sedangakan jati asal bibit dari biji hanya 20%.
    2. Bibit lebih tahan penyakit.
    3. Tingkat pertumbuhan per tahun lebih cepat.
    4. Bentuk batang lebih lurus dan percabangan sedikit.
    5. Biaya perawatan lebih rendah dan perawatan lebih sederhana.
    6. Bibit bebas dari kontaminasi HPT (hama dan penyakit tanaman).

 

  • Jati Solomon
pohon jati jenis salomon

pohon jati jenis salomon

Jati ini juga dikenal dengan nama Jati Jumbo oleh kalangan pekebun jati di pulau Jawa, jati solomon merupakan jenis jati yang dikembangkan di Kepulauan Solomon yang merupakan negara di sebelah timur Papua Nugini. Adapun beberapa ciri Khas Jati Jumbo antara lain :

    1. Daun cukup lebar, namun sedikit tebal dan kuat.
    2. Pohonnya tumbuh lurus ke atas.
    3. Pasangan daun serasi, berwarna hijau kebiruan.
    4. Memiliki batang tegak lurus, bulat besar
    5. Memiliki batang yang tahan penyakit.
    6. mampu tumbuh cepat sehingga ditahun tanam ke 7 – 12 tahun jati ini sudah bisa dipanen,
    7. relatif sedikit percabangan.
    8. pucuk batang kuat.
    9. batang juga jarang patah karena badai atau hama sehingga daya tahannya luar biasa.

 

  • Jati Emas
pohon jati jenis emas

pohon jati jenis emas

Jati emas ini sudah ada sejak tahun 1980 di tanam secara luas di Myanmar dan Thailand. Sementara itu, penanaman jati emas di Malaysia secara meluas dilakukan pada tahun 1990 dan di Indonesia dimulai pada tahun 1996 dengan penanaman jati emas hingga 1 juta pohon didaerah indramayu, Jawa Barat.

kelebihan jati emas adalah :

    1. Pertumbuhan batang pohon yang cepat, untuk perbandingan, tanaman jati emas berumur 5-7 tahun sudah mempunyai batang denagn diameter 27 cm dan tinggi pohon sekitar 16 meter. Pada umur yang sama, jati bias (konvensional), diameter batangnya baru sekitar 3,5 cm dan tinggi pohonnya sekitar 4 m.
    2. batang lurus dan jarang bengkokan pada batang pohon.
    3. Masa panen antara 7-15 tahun.

kekurangan pohon jati dengan varietas ini:

    • harga kayu lebih murah daripada jati Perhutani.
    • tingkat pori2 batang pohon yang tinggi jadi kekuatannya pun tidak sekuat pohon jati perhutani
    • kadar air juga tinggi.
    • Gubal kayu juga lebih tebal dari varietas ajti lainnya.

 

  • Jati Biotropika

Kayu Jati ini hanya memiliki jenis yang sama dengan jati emas tetapi di branding dengan nama yang berbeda, untuk sejarahnya jati ini merupakan jati hasil produksi yang dikembangkan bersama antara Seameo Biotrop dan PT PPA Agricola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *