Waktu tepat Pindah gigi transmisi mobil manual

11 Shares
kredit image by – mobilmo

Informasi seputar kapan waktu perpindahan gigi transmisi mobil manual, RPM (Takometer) & Speedomater

Berkendara dengan mobil transmisi manual memang asyik dimana semua kendali laju mobil 100% ada di tangan sopir, beda hal dengan mobil transmisi matic.

Paduan injakan gas, indikator takometer (RPM), transmisi, speedometer & kopling menjadi 1 kesutuan utuh dalam berkendara mobil transmisi manual.

 

Waktu Pindah Gigi Transmisi mobil manual / KM – Jam

Kapan saat waktu pindah gigi transimis yang pas & tepat ? Prinsip umum dari penerapan oper gigi mobil transmisi manual umumnya ada 1-5 speed kecepatan, tp untuk jenis mobil lainya kadang ada 6 speed.

Standar waktu / moment ideal harus pindah gigi transmisi berdasarkan indikator speedomatermobil:

  • Gigi 1: kecepatan 0-20 km/jam (mobil saat mau jalan / janjakan curam)
  • Gigi 2: kecepatan 15-35 km/jam (mulai jalan tutunan / engine break)
  • Gigi 3: kecepatan 30-60 km/jam (jalan datar + turunan bebas hambatan)
  • Gigi 4: kecepatan 50-80 km/jam (jalan datar + tol)
  • Gigi 5: kecepatan > 70 km/jam (jalan datar + tol).

Note: panduan waktu pindah gigi transmisi ini tidak baku, bisa saja kita gunakan gigi transmisi 4-5 pada saat jalan datar sedikit menurun kecepata 30-60 km/jam di RPM 2000-3000 untuk mendapatkan efesiensi bahan bakar lebih irit.

 

Pindah gigi berdasarkan Indikator Takomater / RPM mobil

RPM Mobil atau Putaran Mesin (RPM) Ideal Saat Mengoper pindah Gigi mobil transmisi manual, waktu mengoper naik gigi – 1, 2, 3, 4, 5 – jika putaran mesin berada di kisaran angka 3000 – 4000 RPM – atau bisa juga di 3500 RPM.

 

Waktu pindah gigi transmisi batas maksimal RPM berapa ?

kamu bisa Injak gas sampai RPM (takometer) di anggka ideal di atas maka itu timing / waktu pas untuk perpindahan gigi yaitu: 4000 – 5000 RPM / max.

Jika RPM > 3500 maka konsumsi bahan bakar akan lebih boros, namun akselerasi tenaga akan lebih besar ini hanya di khususkan untuk kondisi jalan tanjakan curam.

 

Kesimpulan

Pengemudi direkomendasikan harus terus memantau instrumen speedometer dan takometer (RPM). Bagaimana cara agar pengemudi bisa mengoptimalkan mesinnya & performa + irit bahan bakar?.

Pengemudi wajib mempertahankan putaran mesinnya (RPM = 2000) dengan gigi dan kecepatan yang sesuai

Contoh: ingin mengoptimalkan putaran mesin di angka 2000-3000 RPM, maka wajib mengubah transmisinya menjadi gigi 3 dengan kecepatan 40 kilometer per jam pada jalan datar / sedikit menurun.

OK__. semoga tips, cara pindah gigi mobil transmisi manual ini bisa bemanfaat & menjadi kebiasan keseharian. Jika ada pertanyaan bisa komen dibawah, jika konten ini dirasa berguna jangan sungkan untuk share ke sosial media. Thank.

Editor: | Update: Maret 25, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *