Mengenal Nama, Jenis Algoritma Google terbaru

By | March 27, 2019
44 Shares
4.63/5 (94)
Mengenal Nama, Jenis Algoritma Google terbaru

design by – pandagila

APA ITU ALGORITMA GOOGLE ?

Arti & makna Algoritma Google dari kaca mata orang awam adalah suatu program / fungsi komputer yang dibuat secara sistematis, dikhususkan untuk membantu menangani / menyelesaikan masalah rumit + banyak.

Dalam kasus ini Google menggunakan algoritma untuk system pencarian, indexing Link Url (laman), Sorting rangking situs dan memerangi tindakan SPAM.

 

Change History:

Rentetan nama & jenis update algoritma google terbaru:

Broad core search algorithm

Update maret 2019, Google sedang menargetkan autority niche kesehatan atau medis, Meski begitu Google membantahnya dan menyebut tidak ada target khusus di situs medis atau kesehatan dalam update mereka.

Tidak ada perubahan yang signifkan pada upate 2019 karena masih fokus pada kategori kesehatan, dampaknya ada beberapa konten kesehatan  di #SEOsatu yang mengalami menurunan drastis.

Core Algoritma Google

Update agustus 2019, Pada akhir bulan ini agustus 2018, Google update 1 Core Algoritma terbaru guna melirik situs kategori kesehatan / medis yang menjadi prioritas sidak, jika melanggar aturan maka akan turun gunung.

 

“ALGORITMA FRED – 2018”

Tahun 2018 Google memiliki algoritma yang berinisial “fred” karena nama asli belum dapat dikonfirmasi secara resmi dari pihak Google

Dirilis pada pertama Maret 2017, algoritma google Fred merupakan algoritma terakhir dan belum dinamai secara resmi oleh google, Google Fred lebih fokus bekerja untuk monitoring penempatan iklan di blog artikel yang memasang iklan khususnya Google Adsense.

 

Baca:  Tips mencari Jasa seo aman & terpercaya

Tugas Algoritma Fred

Memantau blog yang melanggar google webmaster guidelines, sidak website kualitas konten yang rendah, namun memaksakan untuk meningkatkan pendapatan iklan secara masive dengan cara yang salah (khususnya para publisher di Indonesia) seperti,

  • Melakukan perjanjian klik, (klik tidak valid) / Blog Walking
  • meReview blog yang memiliki banyak klik padahal jumllah traffic organiknya rendah.

Hal semacam inilah yang menjadi target operasi google Fred.

 

Mengenal Algortima Google

List atau daftar semua algoritma google, Setiap tahun, Google mengubah algoritma pencariannya sekitar 500-600 kali. :

1. Panda 

Rilis 24 Februari 2011 PANDA telah beberapa kali di-update oleh google, Update terakhirnya di bulan Juli 2015. Target utama duplikasi konten, konten yang miskin data, keyword stuffing, & spamming user.

 

2. Penguin 

Algoritma paling di takuti oleh praktisi Blackhat SEO, Take Down / situs. Algrtima Penguin Google dirilis pada 24 April 2012 dan terakhir kali di-update pada September 2016, Tugas utama: Identifikasi spamlink, link tidak relevan. Pinalty yang diberikan: googlesandbox dan deindex situs.

Note: untuk pemain backlink model PBN hati2 dengan algortima ini !

 

3. Hummingbird 

Diluncurkan pada 22 Agustus 2013 silam, hummingbird berfokus pada data kueri atau biasa kita kenal sebagai keyword + membantu sytem google memberikan kumpulan konten yang relevan. Algortima Hummingbird dapat membaca perilaku pengguna serta dijadikan tolak ukur kualitas konten khususnya di pengalaman pengguna (UX).

 

4. Algoritma Pigeon

Algoritma resmi Google pigeon, rilisnya di 24 Juli 2014 peluncuran pigeon hanya berdampak diwilayah lokal Amerika lalu update kedua 22 Desember 2014 berimbas & menyebar ke pencarian lokal diseluruh dunia. Terakhir kali pigeon diupdate diberi nama google hawk.

Baca:  Cara Meningkatkan Traffic blog 50K/hari (100% Work)

Munculnya Google Bisnisku sangat dipengarugi Algoritma ini, tidak hanya itu semua situs / blog yang menargetkan keywords lokal (lokasi),

Contoh: “Jasa seo jogja” atau “Jasa seo bandung”

akan menjadi target jika tidak memberikan konten yang berkualitas + Relevan.

Efek utama dari adanya algoritma pigeon adalah system hasil sorting / pencarian di Google search jika kita mencari dengan kata kunci / Ip Adrress bahasa indonesia maka situs yang muncul adalah situs indo. ini berlaku sebaiknya.

 

5. Mobile 

April 2015 algoritma ini memiliki nama mobile geddon, kemudian di-update yang jatuh di may 2016 algoritma ini berubah nama menjadi mobile friendly. Terakhir diseptember 2017 namanya berubah menjadi “mobile first indexing”.

Tugas utama:

Menghukung blog / situs yang masih menggunakan model layout / theme tidak responsive atau mobile friendly. Pastikan blog kamu telah update ke template yang super responsive di segala device, Untuk check: https://search.google.com/test/mobile-friendly

 

6. Rankbrain 

Algortima Rankbrain didapuk sebagai artificial intelegent yang dimiliki oleh google, pada awalnya algoritma ini bernama google knowladge graph, kemudian berevolusi menjadi “rankbrain”.

Algortima ini memiliki tugas seperti Algortima hummingbird namun jauh lebih pintar karena bisa membaca dan mengartikan makna (maksud) konten. Wah !! Google semakin pintar saja ya.

 

7. Possum (unofficial)

Algoritma ini sangat mirip sekali sytem kerjanya dengan algortima pigeon, fokus pada pencarian dan posisi lokal.

 

Kesimpulan

Pastikan semua isi konten situs kamu mematuhi pedoman webmaster google, buatlah sebuah konten yang berikan informasi valid dan berguna kepada pengguna. Jangan hanya mengejar rangking / posisi google dengan cara yang dilarang karena akan menjadi senjata makan tuan dikemudian hari.

 

Berikan Rating ?

Author: Tn. Andreas

Praktisi digital marketing, fokus pada optimasi mesin pencari (SEO) Google Indonesia.

63 thoughts on “Mengenal Nama, Jenis Algoritma Google terbaru

  1. Asep kurniawan

    Kalau 2019 ini saya dengar juga ada perubahan algoritma google, apakah benar info itu. Semnjak demgar info itu lumayan panik saya. Dan kebetulan web saya pada anjlok. Entah itu benar atuu tidak.
    Terimkasih atas jawabanya

    Reply
    1. Andreas

      bumbu loading web ringan bisa gunakan web hosting vps , info lengkap bisa check sidebar….gunakan plugins cache juga.
      —-
      Untuk dasar itu aja…..nanti bisa rasakan speed web dan load nya.

  2. Berita teknologi

    Fix ane kena dampak di 2 blog utama ane, yang pertama alexa hilang pencarian di google ada namun homepage tidak ada.
    Blog ke dua, dari pv 5k turun menjadi 2k. Btw ada saran gak mas ?

    Reply
    1. Andreas Post author

      Saran Guna mengatasi dampak update algortiam Core 2018:

      1. Pastikan konten memiliki informasi yang kaya dan dibutuhkan user, tentunya harus melewati tahap riset keyword + analisa insting serta trends. (Solusi penurunan PV)
      2. Perbaiki navigasi & structure situs seperti: schema, Internal & external link, sehingga bot google bisa crawl secara mudah & all akses.
      3. Hati2 dalam penayakan Space Google Adsense, usahakan jelas dan tidak menggangu user karena akan berurusan sama Google fred.
      4. Perkuat trust laman / page lewat backlink yang berkualitas.
      5. Update konten berkala dengan durasi lebih cepat.
      6. Tingkatkan UX, lewat speed load time Under 2 second.
      ——-
      Sementara itu dulu gan masukan dari kita.

  3. Mickey

    gan,,, saya mau tanya kalau misalnya keyword saya yang muncul dengan url homepages terus ilang, lalu muncul lagi dengan artikel, lalu ilang lagi. itu kenapa ya? ada ga ya cara menangulanginya?

    Reply
    1. Andreas Post author

      Pada dasarnya Google sangat leluasa untuk menampilkan konten kita dari mana saja, namun lewat SEO kita bisa setup dengan optimasi keywords.
      Pastikan halaman yang mau agan rangking (contoh homepage):

      1. Homepage memiliki konten lengkap dan relevan dengan keywords + ini harus super maksimal.
      2. Pastikan semua konten pada artikle / keywords / prasa / konten jangan ada keywords yang duplikast dengan homepage sehingga google tidak bingung
      3. Berikan arus backlink bertumpu pada homepage.
        ——–
        Secara teknik itu aja dulu gan, coba perbaiki dan Fetch as Google tool.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *