Update Google : Recovery Algoritma SEO 2021

33 Shares

Informasi Update / Pembaruan Algoritma Google Inti (broad core algorithm update ) Desember 2020 yang akan memberi dampak perubahan hasil index Google untuk SEO Blog di tahun 2021.

01/2021 mulai mendapat laporan dari beberapa temen blogger di indonesia bahwa banyak blog yang mendapatkan rangking keywords terjun bebas halaman 1 ke halaman 8.

Sebelum membahasa bagaimana cara recovery, mengambalikan / perbaiki peringkat google yang terdampak efek update algoritma terbaru,

 

Update Algoritma Google 2020

kenali riwayat seperti apa update algoritma google atau broad core algorithm update di bulan 12 / 2020 yang telah dikonfirmasi:

  • Bug Pengindeksan, Pt. 1 – 29 September 2020
  • Bug Pengindeksan, Pt. 2 – 12 Oktober 2020
  • Pembaruan Inti Desember 2020 – 3 Desember 2020, sumber data: Moz.

Google: memang ada update minggu lalu yang mempengaruhi peringkat dan tampilan beberapa situs di halaman hasil mesin pencari. Faktanya, seperti yang didefinisikan Google, itu adalah pembaruan “algoritme inti luas”.

Apakah ini yang menyebabkan banyak rangking keyword blog dari No.1 ke halaman 99, ? Ok, kita dengarkan pernyataan tim webmaster yang di cuitkan lewat Twitter:

” Untuk dicatat disini tidak ada efek atas update core algoritma Google, Anda tidak dapat berbuat apa-apa. Karena ini adalah pembaruan algoritma inti, seringkali ini hanya mengubah cara Google melihat situs web dan halaman tertentu.

Jika ada penurunan peringkat pencarian, itu tidak berarti ada yang salah dengan halaman itu. Google juga memberi tahu bahwa itu mengubah model peringkat mereka, jadi algoritme Google sekarang mendapat manfaat “halaman yang sebelumnya dihargai kurang.”

Sampai disini ketemu poin pentinya:

kenapa rangking turun karena sebelum update core google halaman blog belum di nilai ulang sehingga saat update google selesai halaman yang memiliki nilai halaman yang kurang manfaat / relevan dengan keyword akan turun.

Berlaku sebaliknya jika yang tadi rangking 8, setelah update masuk halaman 1 google karena menurut sistem rangking google halaman tsb, memiliki manfaat lebih untuk pengguna berdasarkan keyword.

 

Cara Recovery Rangking Turun

Setelah mendapatkan laporan banyak keyword rangkin turun tentu harus segera update / berbaiki konten dengan variable seo:

  1. Optimalkan loading speed halaman dibawah 3 detik , gunakan tool: gtmetrix atau pindom speed test
  2. Pahami Maksud Keyword dr Pengguna, materi: ada disini.
  3. Buat SSL URL / https:// untuk yang belum
  4. Pastikan layout mobile friendly
  5. Update konten blog: perbaiki judul, isi konten bertumpu pada Maksud Keyword oleh Pengguna
  6. Safe browsing penalty, pastikan blog aman dari malware dan virus; baca: cara cek malware wordpress.
  7. Jangan gunakan iklan jenis popup pada halaman utama / saat pengguna akses halaman pertama kali.

 

Disclaimer

Note: waktu proses recovery seo setiap blog akan membutuhkan waktu berdeda tergantung keyword dan kualitas konten yang disajikan, umumnya efek hasil update rangking google terlihat: 2-3 bulan kedepan.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *