Jenis & Cara Memilih Asuransi Mobil Online Terbaik

Informasi seputar asuransi mobil online – jenis, cara memilih & rekomendasi perusahaan asuransi terbaik di Indonesia.

Setiap pemilik kendaraan roda empat tentu sadar pentingnya memiliki asuransi mobil. Selain membuat hati lebih tenang dan berkendara lebih aman, asuransi mobil bisa mengamankan finansial.

Pasalnya, ada banyak daftar kerusakan yang ditanggung asuransi mobil tanpa harus menguras tabungan. Seperti diketahui, biaya servis mobil tidak murah, sedangkan hanya dengan membayar premi bulanan yang kecil, Anda bisa menerima banyak manfaat proteksi.

Untuk mendapatkan referensi asuransi mobil yang cocok, termasuk asuransi mobil online terbaik, kita perlu mengetahui jenis asuransi mobil itu sendiri. Yaitu, asuransi mobil All Risk atau comprehensive dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil All Risk menanggung biaya perbaikan untuk semua skala kerusakan, termasuk ganti rugi kehilangan dan ganti rugi pihak ketiga. Sedangkan asuransi mobil TLO akan menanggung kerusakan berskala berat hingga kehilangan.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi pertanggungan selengkapnya maupun besaran premi yang perlu dibayarkan.

 

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi mobil online akan menanggung semua biaya perbaikan mobil di bengkel rekanan. Hanya saja, pertanggungan yang diberikan asuransi mobil bervariatif.

Yaitu, berdasarkan dua macam pertanggungan yang diberikan asuransi mobil, baik Total Loss Only (TLO) dan All Risk.

Kedua tanggungan yang ditawarkan memiliki perbedaan dalam hal risiko dan nilai pertanggungan, yaitu:

1. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Pada jenis pertanggungan pertama pada asuransi mobil, ada Total Loss Only (TLO). Asuransi mobil akan menjadi risiko terhadap kerugian atau kerusakan total dan risiko kendaraan hilang akibat pencurian.

Hanya saja, dengan catatan, yaitu biaya perbaikan lebih besar atau sama dengan 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum terjadinya kerugian dan usia maksimal kendaraan yang bisa mendapatkan perlindungan TLO adalah 12 tahun.

2. All Risk atau Comprehensive.

Pertanggungan yang kedua yang ada pada asuransi mobil adalah All Risk. Pada pertanggungan ini, asuransi mobil memberikan proteksi penuh, dan jenis ini memang paling favorit digunakan.

Pada pertanggungan All Risk, pihak asuransi mobil akan menjamin risiko terhadap kerugian atau kerusakan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia.

Usia maksimal kendaraan yang bisa mendapatkan perlindungan ini adalah 9 tahun. Sebagai saran juga, jika kamu mengambil cicilan mobil maka sebaiknya langsung memanfaatkan asuransi All Risk.

Hal ini lantaran hampir semua jenis kerusakan ditanggung sehingga meringankan beban pengeluaran. Bahkan, beberapa dealer Toyota mewajibkan pembeli untuk menggunakan asuransi sebagai jaring pengaman masalah.

Jika kamu merasa proteksi jenis All Risk kurang cukup untuk memberi proteksi pada mobilmu di jalan, maka kamu bisa menambahkan perluasan jaminan dalam polis asuransi. Nah, perluasan jaminan pun banyak jenisnya, tergantung kebutuhan dan budget kamu.

 

Cara memilih Asuransi Mobil Online Terbaik

Sebelum memilih jasa asuransi mobil harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jenis asuransi, produk, dan perbandingan tepat antara premi dan manfaat pelayanan.

1. Bandingkan polis Asuransi

Polis asuransi dengan premi murah dan manfaat lengkap, calon nasabah disarankan untuk membandingkan polis dan beli asuransi mobil online dari berbagai perusahaan asuransi kendaraan di Indonesia. Cara paling mudah bisa gunakan website pialang asuransi mobil seperti: lifepal.

2. Pilih Perusahaan asuransi review terbaik

Di Indonesia sekarang sudah banyak perusahaan asuransi mobil mulai dari perusahaan perbangkan, otomotof, atau jasa keuangan membuka layanan asuransi mobil. Termukan ulasan bintang 4-5 secara nyata lewat Google bisnisku review atau rekan kenalan, keluarga yang dipercaya.

3. Memiliki bengkel rekanan luas

Secara umum perusahaan asuransi kendaraan kerja sama dengan bengkel resmi (authorized) dari si brand mobil. Akan tetapi, ada juga yang bekerja sama dengan bengkel non-authorized.

Masalahnya tidak semua perusahaan asuransi mengizinkan untuk bisa melakukan perbaikan ke bengkel (umum) mana saja. Sejauh ini, produk yang punya benefit ini adalah ACA Otomate Solitaire dari ACA.

Ingat asuransi kendaraan seperti ini sangat berguna bila mobil rusak di daerah yang kurang Anda kenal, atau lokasi tempat tinggal jauh dari perkotaan.

4. Bandingkan harga premi & fitur manfaatnya

Point ini menjadi sangat penting dalam memilih produk asuransi mobil yang cocok dan memberikan manfaat maksimal, Secara regulasi aturan di Indonesia harga premi asuransi kendaraan memang sudah diatur oleh OJK.

Tapi, fitur dan layanannya antara satu produk dengan lainnya bisa beda-beda meski preminya sama. Ada asuransi kendaraan yang cuma cover kerusakan mobilnya saja, tetapi ada juga yang menanggung pengemudi dan penumpangnya juga.

Bahkan, tanpa additional fee. Jadi, saat terima polis asuransi kendaraan , sebaiknya telah terlebih dahulu apa saja perlindungan, fitur, dan benefit ekstra yang diberikan, baru tanda tangan.

 

Perusahaan Asuransi Mobil Online Terpercaya

Informasi lengkap List perusahaan asuransi mobil online terpercaya yang dapat dipilih, Silahkan.

READ :  Review Asuransi Mobil Online All Risk vs TLO

 

Disclaimer

Peringatan: Setiap pengguna, calon nasabah asuransi mobil diharuskan memahami produk, layanan asuransi yang ingin dipilih, baca dengan cermat tentang isi polis, biaya premi, manfaat & aturan sehingga paham resiko serta mengerti prosedur klaim asuransi mobil.


Updated: September 25, 2023