Amalan Sunnah Untuk Calon Pengantin, Agar Langgeng Hingga Kakek Nenek

Sebagai calon pengantin tentu saja ada banyak harapan yang ingin dicapai dalam pernikahan. Mulai dari harapan agar diberi kemudahan dalam pelaksanaan acara pernikahan, keinginan agar harmonis dan langgeng hingga impian diberikan keturunan yang sholeh dan sholeha.

Dalam mendapatkannya, tentu saja yang pertama dilakukan adalah dengan usaha atau ikhtiar. Kemudian dibantu dengan doa dan juga bertawakal atau berserah diri pada keputusan Allah SWT. 

Selain itu, sebagai calon pengantin ada juga loh amalan-amalan sunnah yang bisa dilakukan. Amalan-amalan yang ini diajarkan dalam agama Islam di antaranya:

1.) Sholat hajat

Sholat hajat adalah ibadah yang diniatkan untuk menyampaikan hajat atau keperluan kepada Allah SWT. Untuk calon pengantin, sholat ini bisa dilaksanakan demi memohon lancarnya acara pernikahan. Untuk melakukan sholat ini, selain harus menghadap arah kiblat, juga bisa dilakukan di siang atau malam hari. Adapun hadits mengenai sholat ini: 

Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, salat 2 rakaat (salat hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah memberikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.”

2.) Istighfar agar diberi kemudahan

Barang siapa membiasakan diri untuk beristighfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tak disangka-sangka”

Meski bacaan yang pendek ternyata istighfar mengandung banyak sekali keutamaan, salah satunya adalah agar diberi kemudahan. Karenanya, sebagai calon pengantin ada baiknya jika memperbanyak istighfar agar urusan yang perlu dilakukan diberi kemudahan. 

3.) Berpuasa sunnah

Seluruh amalan kebaikan manusia akan dilipatgandakan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus lipat kali. Allah berfirman, kecuali puasa. Sebab pahala adalah untuk-Ku. Dan aku sendiri yang akan membalasnya. Ia (orang yang berpuasa) telah meninggalkan syahwat dan karena-Ku.

Tahukah kamu bahwa dengan menjalankan puasa maka akan dikabulkan doanya? Karena itu, sebagai calon pengantin pun sangat dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah. Hal ini seperti yang disebutkan dalam firman Allah yang tertulis dalam hadits di atas. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan membaca alquran

4.) Bersedekah

Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Bersedekah tak hanya membawa pahala bagi yang melakukannya namun juga kebaikan bagi penerimanya. Selain itu, ada juga keutamaan melakukan sedekah yaitu terhindar dari bahaya serta menahan musibah atau hal buruk lainnya. Hal tersebut sebagaimana yang tertulis dalam sabda Rasulullah di atas.

Karenanya, sebagai salah satu ikhtiar agar urusan pernikahan dilancarkan, calon pengantin bisa memperbanyak sedekah. Namu perlu diketahui bahwa sedekah berbeda dengan zakat profesi ya. 

5.) Memperdalam ilmu agama

Orang yang beramal tanpa ilmu bagai orang yang berjalan tanpa ada penuntun. Sudah dimaklumi bahwa orang yang berjalan tanpa penuntun akan mendapatkan kesulitan dan sulit untuk selamat. Taruhlah ia bisa selamat, namun itu jarang. Menurut orang yang berakal, ia tetap saja tidak dipuji bahkan dapat celaan.

Dalam rumah tangga, suami dan istri memiliki hak dan juga kewajiban. Bagaimana cara mengetahuinya? Salah satunya adalah dengan memperdalam ilmu agama sebab hal ini juga telah diajarkan di dalamnya. Ada juga cara lain untuk memperdalam ilmu agama yaitu dengan mengikuti kajian, majelis ilmu dan lainnya. 

Selain amalan-amalan di atas, calon pengantin juga mesti tahu apa saja doa pernikahan yang harus diucapkan. Adapun doa-doa tersebut adalah:

6.) Doa agar pernikahan harmonis

Iż awal-fityatu ilal-kahfi fa qālụ rabbanā ātinā mil ladungka raḥmataw wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā

Artinya: (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”.

7.) Doa berhubungan Suami Istri

Allahumma jannibna syaithana wa jannibi syaithana maa razaqna 

Artinya: “Dengan nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari syetan dan jauhkanlah syetan mengganggu apa yang Engkau rezekikan kepada kami.”

8.) Doa agar diberi keturunan

Robbi hablii minash sholihin

Artinya: “Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku seorang anak yang termasuk orang-orang yang saleh.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *