Digital Marketing, Konsep Dasar, Tujuan, dan Jenisnya

Perkembangan teknologi membuat metode pemasaran yang digunakan beralih ke dunia digital. Saat ini, banyak dilakukan digital marketing untuk memasarkan berbagai macam produk dan jasa. Berikut adalah ulasan terkait pengertian digital marketing beserta konsep yang mendasarinya.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk mempromosikan suatu jasa atau barang melalui media digital. Promosi barang, jasa, atau brand tertentu dalam proses digital marketing ini biasanya memanfaatkan berbagai jenis media elektronik yang terhubung dengan internet.

Sebenarnya ada beberpa platform utama digital marketing yang sering digunakan. Salah satu jenis media elektronik yang bisa digunakan untuk aktivitas digital marketing adalah sosmed. Hal ini dikarenakan, seiring berjalannya waktu, pengguna berbagai jenis sosial media semakin banyak. Dalam strategi digital marketing, Anda bisa memilih sosial media yang mempunyai banyak peluang dalam bisnisnya.

Konsep Digital Marketing

Berdasarkan pada pengertian digital marketing, konsep dari cara promosi ini adalah memanfaatkan berbagai media elektronik untuk mencapai target pasar. Media elektronik dianggap sebagai sarana yang tepat untuk mencapai target pasar lebih luas.

Media sosial yang digunakan untuk digital marketing bisa membidik lebih banyak pelanggan. Promosi yang dilakukan melalui digital marketing juga akan lebih optimal dan sesuai sasaran. Besaran modal yang digunakan untuk digital marketing dapat disesuaikan dengan kemampuan perusahaan.

Konsep promosi menggunakan digital marketing dikembangkan dengan tujuan membuat pemasaran produk menjadi lebih efisien. Iklan secara digital yang dipasang di berbagai media elektronik dan media sosial akan lebih cepat menyebar luas dan diterima masyarakat.

Tujuan Digital Marketing

Ada berbagai tujuan pengembangan digital marketing selain untuk mempromosikan barang dan jasa dengan lebih mudah. Digital marketing merupakan salah satu cara perusahaan agar bisa terhubung dengan target pasar. Berikut adalah ulasan terkait tujuan dari pengembangan konsep digital marketing.

  • Menjadikan Traffic Convention

Tujuan dari pengembangan digital marketing yang pertama adalah menjadikan traffic convertion. Traffic yang sudah masuk ke media promosi dalam digital marketing akan dikonversi. Proses konversi ini dilakukan untuk mengetahui jumlah traffic yang masuk pada media digital tersebut.

  • Mendatangkan Traffic

Digital marketing mempunyai tujuan untuk bisa mendatangkan traffic bagi sebuah perusahaan. Traffic ini pada mulanya bisa berupa orang yang mengunjungi situs digital atau melihat konten promosi. Selanjutnya, traffic yang sudah masuk ini sebisa mungkin diubah untuk menjadi konsumen.

Perusahaan harus mampu mengembangkan digital marketing untuk bisa mendapatkan banyak pelanggan dari target pasar yang sudah melihat konten promosi. Semakin banyak pelanggan yang didapat, maka kesempatan untuk melebarkan bisnis semakin luas.

Jenis-Jenis Digital Marketing dari Sisi Konten

Seorang pengusaha yang mempunyai keinginan untuk menggunakan strategi promosi tersebut harus memahami jenis-jenisnya. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan bisa memilih konten yang tepat untuk promosi. Simak jenis-jenis digital marketing yang bisa digunakan sebagai berikut.

  • Search Engine Optimization (SEO)

Fungsi dari search engine optimization berdasarkan dengan pengertian digital marketing adalah untuk bisa mendatangkan traffic. Search engine optimization dapat dimanfaatkan secara gratis maupun berbayar untuk mendatangkan traffic yang lebih tinggi.

  • Social Media Marketing

Social media marketing membidik target pasar dengan cara memanfaatkan sosmed yang banyak digunakan oleh calon pelanggan. Digital marketing menggunakan sosial media akan membantu perusahaan untuk bisa lebih dekat dan bisa berkomunikasi dengan pelanggan.

  • Content Marketing

Jenis digital marketing yang berikutnya adalah berfokus pada pembuatan konten untuk bisa menjangkau target pasar. Content marketing yang dikembangkan ini dapat berupa video, poster, podcast, maupun blog.

Editor: | Update: November 15, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *