5 Manfaat Pencak Silat untuk Kesehatan Tubuh

Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang masih tetap lestari hingga kini dan terus menyebar hingga ke luar negeri. Sekarang ini banyak sekali perguruan pencak silat di luar Indonesia.

Indikasi tersebut menandakan bahwa pencak silat cukup digemari oleh masyarakat dunia. Lebih hebatnya lagi, olahraga pencak silat juga dipertandingkan dalam Asian Games 2018 dan Indonesia berhasil meraih juara umum. 

Ciri-ciri khusus pencak silat cukup unik dan tidak semua bela diri yang ada dunia ini punya. Misalnya, estetika dalam bergerak.

Saat ini, banyak sekolah dasar yang sudah ada ekstrakurikuler pencak silat. Pengenalan seni bela diri asli Indonesia sejak dini merupakan suatu langkah yang baik agar pencak silat tetap lestari dan dicintai.

Disamping itu, pencak silat mempunyai banyak manfaat untuk tubuh agar tetap sehat serta fit sehari-hari.

 

Berikut adalah beberapa manfaat pencak silat untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan berat badan

Jika kamu mempunyai berat badan yang tidak ideal jangan dianggap sepele karena resiko obesitas bisa mengancam kesehatan. Mayoritas orang cenderung apatis terhadap berat tubuh karena dianggap sesuatu yang normal.

Olahraga pencak silat bisa membantu menurunkan berat badan dengan gerakan-gerakan yang memerlukan aktivitas fisik. Melakukan latihan secara rutin dan terus menerus dapat membentuk tubuh yang ideal.

Olahraga bela diri bisa membakar 500 kalori dalam satu sesi. Gerakan-gerakan tertentu dapat membuat pembakaran kalori lebih cepat.

2. Melatih kekuatan otot

Sebagaimana yang kita tahu bahwa pencak silat merupakan olahraga yang cukup menguras tenaga. Meskipun ketika kita melihat pertandingan pencak silat atlet yang bertanding hanya beberapa menit. Tetapi dibalik itu terdapat proses yang panjang agar mempunyai kekuatan otot dan stamina yang baik.

Latihan pencak silat dapat meningkatkan massa otot kita karena aktivitas fisik yang cukup berat tersebut.

Masih ada kaitannya dengan penurunan berat badan. Jadi ketika masa otot kita meningkat, metabolisme tubuh juga akan meningkatkan pula. Dari metabolisme tubuh yang meningkat tersebut pembakaran kalori pada tubuh juga akan lebih banyak. Sehingga ketika massa otot meningkat resiko obesitas dapat kita cegah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Banyak kasus kematian terjadi karena kondisi jantung yang tidak sehat. Entah disebabkan karena pola hidup yang kurang baik atau dari makanan yang dikonsumsi.

Apapun penyebabnya, jantung harus dirawat dengan baik karena tidak ada yang jual, hehe.

Olahraga pencak silat bisa kamu jadikan opsi aktivitas fisik yang kamu inginkan.

Seni bela diri, termasuk pencak silat ini dipercaya bisa meningkatkan sistem kardiovaskular karena dalam praktiknya membutuhkan gerakan yang keras sehingga detak jantung akan meningkat. Oleh karena itu akan membuat daya tahan kardiovaskular lebih baik.

4. Melatih pernapasan

Ini merupakan salah satu manfaat lain untuk tubuh yang bisa kamu dapatkan ketika ikut pencak silat. Teknik pernapasan sangat baik dilakukan oleh semua orang karena bisa membentuk kekuatan inti didalam tubuh kita.

Contoh teknik pernapasan adalah pernapasan perut. Jika kamu kepo, ikutlah latihan pencak silat mulai dari sekarang. :p

5. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Hasil dari teknik pernapasan salah satunya adalah peningkatan fokus dan konsentrasi. Jika kamu belum mendapatkan gambaran tentang teknik pernapasan dalam pencak silat, lihatlah gerakan yoga. 

Selain dari pernapasan, fokus dan konsentrasi memang dilatih saat kita latihan pencak silat. Gerakan-gerakan dalam pencak silat yang sangat cepat dan akurat akan membuat kamu belajar untuk fokus dan konsentrasi terhadap lawan yang sedang kamu hadapi.

Selain itu, saat kondisi tubuh kamu sedang lelah karena latihan yang cukup ekstrim, di situlah fokus dan konsentrasi kamu diuji. Apakah dengan kondisi yang sangat capek masih membuat kamu sadar atau malah ter kapar.

Semoga bermanfaat!



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *