Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan VPN

VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk bisa terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya untuk bisa bergabung dengan jaringan lokal

Melalui cara ini, pengguna internet akan mendapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada di dalam jaringan LAN, meski sebenarnya menggunakan jaringan publik.

Dilihat dari sudut pandang jaringan, salah satu masalah jaringan internet (IP public) adalah tidak memiliki dukungan yang baik terhadap keamanan. Sedangkan dari cara pandang perusahaan, IP adalah kebutuhan dasar untuk melakukan pertukaran data antara kantor cabang yang satu dengan rekanan perusahaan.

Aplikasi VPN untuk PC dihadirkan untuk mengatasi persoalan tersebut. Sebuah jaringan perusahaan yang menggunakan infrastruktur IP untuk berhubungan dengan kantor cabangnya dengan cara pengalamatan secara private dengan melakukan pengamanan terhadap transmisi paket data.

Fungsi VPN

VPN memiliki tiga fungsi utama untuk penggunanya, ketiga fungsi tersebut akan dijabarkan lebih lanjut di bawah ini.

1. Kerahasiaan

Dengan digunakannya jaringan publik yang rawan pencurian data, maka teknologi VPN menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat melaluinya. Dengan hadirnya teknologi enkripsi ini, maka kerahasiaan data bisa menjadi lebih terjaga.

Meski ada pihak yang bisa menyadap data melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri, namun belum tentu bisa membaca data tersebut. Sebab, data tersebut telah diacak.

Dengan sistem enkripsi ini, tidak akan ada satu orang pun yang bisa mengakses dan membaca isi jaringan data dengan mudah.

2. Keutuhan Data

Saat melewati jaringan internet, sebenarnya data telah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Ketika data dalam perjalanan, berbagai gangguan bisa terjadi terhadap isinya, baik hilang, rusak, atau dimanipulasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu hadirlah VPN yang di dalamnya terdapat teknologi untuk bisa menjaga keutuhan data mulai dari data dikirim hingga data sampai ke tempat tujuan.

3. Autentikasi Sumber

Teknologi VPN juga memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber dataynya.

Setelah itu, alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN dapat menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya. Tidak akan ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.

Kelebihan VPN

Teknologi VPN memiliki kelebihan, di antaranya adalah solusi biaya efektif untuk organisasi bisnis besar dengna fasilitas jaringan khusus. VPN juga bisa menjadi fitur keamanan yang dapat disesuaikan.

Selain itu, VPN juga bisa meningkatkan mobilitas organisasi dengan langsung menghubungkan jaringan rumah atau para pekerja yang mobile di dalam organisasi.

Kekurangan VPN

Dengan menyediakan akses ke karyawan secara global, maka faktor keamanan adalah risiko tersendiri. Hal ini juga menempatkan informasi sensitif perusahaan dapat diakses secara global.

VPN juga membutuhkan perhatian ekstra guna menetapkan sistem keamanan yang jelas. Maka dari itu, Anda tetap harus berhati-hati ketika memilih menggunakan aplikasi VPN.

Terlepas dari kekurangannya, ada banyak solusi yang ditawarkan oleh VPN, yakni memberikan konektivitas jarak jauh, file sharing, konferensi video, dan layanan lain yang berhubungan dengan jaringan.

Berbagai fitur yang telah ditawarkan melalui layanan internet bisa ditawarkan melalui Virtual Private Network dengan efektivitas biaya.

Kelebihannya tersendiri dari VPN karena bisa bekerja pada jaringan pribadi dan publik. Intinya, VPN merupakan jaringan privat yang fleksibel.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *