8 Prediksi SEO 2020, Update Algoritma BERT Google

171 Shares

Update, trends SEO Algoritma BERT tahun 2020, ungkap prediksi temukan cara supaya tetap bisa tayang di halaman 1 google

Sebentar lagi kita masuk tahun baru 2020, tentunya cara SEO akan ikut update sehingga blog kamu tetap bisa bertahan di halaman 1 google, karena ilmu seo itu tidak pasti dan selalu mengikuti perubahan perkembangan trend algortima mesin pencari khusus google.

 

Update Algoritma BERT Google 2020

Tren SEO 2020 yang paling hits adalah peluncuran Algoritma terbaru dari Google yang di beri nama BERT. Algoritma BERT tidak dapat di pungkiri akan sangat mempengaruhi Teknik SEO secara keseluruhan.

BERT (Bidirectional Encoder Representations dari Transformers) merupakan sebuah teknologi yang dapat membuat Google lebih memahami konteks pencarian yang dimaksud oleh user. Sistem ini dapat menelaah korelasi setiap kata kunci yang diketik oleh user.

Algoritma BERT di klaim mampu memahami setiap keunikan dan relevansi dari gabungan kata maupun susunan kalimat sehingga hasil pencarian yang di hasilkan oleh laman pencari Google akan lebih relavan dan akurat hasilnya.

Penjelasan lengkap di blog google resmi: https://www.blog.google/products/search/search-language-understanding-bert/

 

8 prediksi, trends SEO 2020

Prediksi dan trend seo 2020 akan seperti apa ? apa yang baru, berubah dan optimasi apa yang cocok untuk blog ? semua pertanyaan diatas akan dijawab dibawah.

1. Hasil cuplikan unggulan Google Masif

Tahun 2020 fitur Search featured google lebih masif, hasil cuplikan kaya merupakan kotak informasi paragraf unggulan yang berisi list artikel dan gambar atau grafik yang tayang paling atas pencarian.

ini menjadi penting dalam optimasi seo / pencarian organik dimana akan meningkatkan rasio CTR dan traffic ke website, namun untuk mendapatkan featured search tidak mudah, ada teknik khusus yang harus di upayakan.

Tips mendapatkan: featured search google.

 

2. Menjadi no.1 di google, tidak lagi tujuan utama

Jaman dulu tujuan utama SEO lebih fokus mengejar peringkat (rangking) keywords “1-2 kata” supaya menjadi no.1 di google, namun sekarang ini sudah tidak efektif karena masif-nya iklan google ada 4 baris paling atas.

Alhasil CTR organik SEO mulai menurun kalah dengan Google Ads, Apalagi kalau keyword berbasis lokasi, kota dan bisnis tertentu seperti hotel maka sudah kalah dengan Google map (bisnisku).

Maka trends SEO 2020 lebih fokus maksimalkan traffic organik dari sumber lain, seperi sosial media, Influencer, mesin pencari non-google, memperkuat brand secara online, dll.

Note: ini berlaku khususnya jenis keyword bisnis, buying keyword sedangkan untuk keyword berbasis informasi masih bisa di kejar dengan featured search (cuplikan kaya) google.

 

3. Pencarian suara / voice meningkat

Trend pencarian dengan voice / suara di tahun 2020 akan meningkat, ini ada hubungan dengan hasil pencarian featured search (cuplikan unggulan), dimana jika kita mencari dengan pencarian suara hasil pencarian adalah cuplikan unggulan.

Contoh: OK, Google………! cara diet

Maka fokus utama SEO adalah bagaimana mengupayakan dan sebisa mungkin dapat cuplikan kaya – featured search google untuk setiap konten atau artikel.

4. Pencarian keyword lokal meningkat

Pencarian lokal meningkat. Faktanya, 46% dari semua pencarian sekarang bersifat lokal. Ini berarti jika Anda ingin menjadi bisnis atau layanan yang mendapat daya tarik paling besar secara online.

Contoh: Pijat panggilan jogja

Jadi jika kamu memiliki usaha yang berbasis market lokal , kota tertentu ini saatnya untuk lebih memaksimalkan coba untuk membuat google map dan bisnisku.

5. Perubahan keyword model Frasa

Ini perubahan seo 2020 dimana algoritma google bert, menyasar konten yang lebih spesifik dengan keyword utama frasa / kayword panjang,

Untuk mengetahui seperti apa frasa biasa tersebut, berikut ditampilkan beberapa contoh frasa biasa dalam kalimat bahasa Indonesia!

  1. Cara diet alami yang manjur
  2. Kenapa mobil tidak punya tenaga / ngepos ?

Pada intinya coba mulai fokus seo untuk menargetkan keyword panjang / long tail.

 

OK, semoga prediski seo 2020 bisa menambah wawasan ilmu seo terbaru yang bisa kamu aplikasikan pada blog masing2, semoga bermanfaat.

6. Keyword Density Tidak Work 

Lupakan Keyword Density, karena gak perlu lagi kasih tau google tentang keyword yang kamu tembak karena google sudah pintar, sudah tau isi artikelmu arahnya mau kemana“.

Fokus saja menulis dengan alur dan topik yang akan kamu buat, berikan penjelasan secara ringkas dan mudah dipahami user.

Karena pada kenyataan saat ini: jika kamu coba amati, website besar yang sering nangkring di pageone google kalau kita baca tidak akan terasa adanya kata kunci disitu / Keyword Density.

7. Trends Sinonim Dalam Frasa

Raih banyak keyword dalam 1 artikel artinya kita coba mainkan persamaan kata / sinonim untuk keyword yang akan di ragetkan.

ini menjadi solusi keyword density yang sudah tidak work lagi, Jika memang harus memasukan kata kunci yang di ulang coba dengan lebih halus, buat sinonim itu akan lebih bagus untuk SEO.

8. Influencer untuk Backlink SEO

Sesuatu yang baru di tahun 2020, jika mau membuat backlink bisa gunakan jasa influencer.

Influencer merupakan orang yang memiliki followers atau audience yang cukup banyak di social media. Sehingga mereka dianggap memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers mereka.

Coba pilih influencer yang cocok dengan kategori blog / bisnis anda, bagun brand lewat sini dan buat backlink menuju website.

 

Kata Penutup

Ok, itu sedikit informasi tentang trend, update dan prediksi perubahan SEO di tahun 2020 yang bisa kita sampaikan, jika ada tambahan kamu bisa ikut serta isi form komentar, sehingga bisa menambah lengkap konten ini, __Thank.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *