Jenis, Warna Habitat burung Kacer di Indonesia

33 Shares

Nama, jenis, Warna & Habitat Burung Kicau Kacer Indonesia

Burung Kacer dalam bahasa ilmiyah Copsychus saularis dan Kucica kampong Merupakan salah satu satwa fauna asli indonesia jenis aves (burung / unggas) berkicau pemakan serangga berukuran sedang dengan lokasi habitat tersebar hampir disemua provinsi se-indonesia.

Burung kacer sifat teritorial ketika menemukan sebuah wilayah yang membuatnya nyaman, baik dari segi ketersediaan pakan maka akan menetap dalam waktu lawa, sedangkan jika ada burung kacer pendatang baru akan segera diserang.

Secara giografis Indonesia memiliki musim hujan tropis, banyak hutan lebat yang menjadi tempat terbaik / habitat burung kacer, jenis, warna kacer pada setiap daerah memiliki jenis & cici2 berbeda.

 

Warna burung kacer

Burung kacer yang hidup di indonesia kebanyakan memiliki 4 warna kombinasi:

  1. Hitam / putih berpola
  2. Hitam saja
  3. kombinasi hitam / putih tak berpola
  4. warna putih + abu2 (albino)

 

Habitat Burung kacer

Habitat burung kacer di hutan, ladang, kebun dekat perumahan atau di pinggir sungai sedangkan rumah / sangkar adalah membuat cekungan lubang pada batang pohon kering, sela2 buah pisang, atau pada ketiak dahan kelapa sawit (khususnya di lokasi kalimantan).

Info kacer: Saat ini peminat / pecinta burung berkicau KACER di indonesia cukup banyak sehingga populasi burung kacer di hutan semakin sedikit karena di pikat / ambil secara masal untuk dipelihara di rumah atau jual belikan,.

 

Nama, jenis, Warna burung kacer

Data lengkap jenis, warna, ukuran, habitat burung kacer di negara indonesia:

1. Kacer POCI / KOCI

Jenis warna Kacer jenis POCI / KOCI

Burung kacer koci ini memiliki ciri khas kombinasi warna bulu hitam dan putih pada bagian dada, sedangkan warna bulu pada punggung dan bola matanya biasanya berwarna hitam.

Cici utama kacer poci:

  • Warna bulunya hitam mengkilat pada bagian kepala sampai 1/4 – 1/2 bulu dada.
  • Bulu pada bagian perut hingga pantatnya berwarna putih.
  • Segian bulu ekor dan sayapnya ada yang berwarna putih.
  • Bentuk paruhnya berwarna hitam dan lancip.
  • Memiliki ekor yang panjang dan melebar pada ujungnya.

Pada bagian kedua sayap jenis burung kacer Poci ini mempunyai kombinasi warna putih dan hitam. keunggulan jenis kacer poci:

jenis Kacer Poci sangat sering & bagus untuk di perlombakan karena memiliki model suara variasi lagu yang banyak.

Habitat Kacer poci / koci

Saat ini tempat hidup kacer di alam bebas / hutan indonesia paling banyak meliputi provinsi: Pulau Jawa, kalimantan tengah, kalimantan timur, sulawesi, maluku & Papua.

 

2. Kacer hitam

warna Kacer jenis hitam 

Burung kacer hitam disebut juga kacer Jawa, memiliki ciri khas kombinasi warna bulu hitam full pada bagian dada sampai ekor, sedangkan warna bulu pada punggung / sayap ada bagian pitih dan bola matanya berwarna hitam.

Cici2 umum kacer Hutam:

  • Warna bulunya hitam mengkilat pada bagian kepala, leher, dada sampai ekor
  • Bulu bagian perut hingga pantatnya berwarna hitam
  • Bulu ekor full hitam sedangkan sayapnya ada yang berwarna putih.
  • Bentuk paruhnya berwarna hitam dan lancip.
  • Memiliki ekor yang panjang

Ada perbedaan secara mendasar untuk jenis kacer hitam Jawa & Kalimantan:

Foto: kacer hitam jawa

Foto: kacer hitam kalimantan

Jenis kacer kalimantan pada bagian ekor ada kombinasi warna putih sedangkan kacer hitam jawa warna ekor full warna hitam.

Habitat Kacer Hitam

Tempat hidup kacer di alam bebas / hutan indonesia untuk varian kacer hitam paling banyak meliputi provinsi: Pulau Jawa, kalimantan barat, kalimantan selatan & sumatera.

Catatan:

Secara ukuran kacer poci / hitam yang habitat di pulau kalimantan, sumatera, sulawesi lebih besar & panjang dan memiliki volume suara lebih nyaring dibandingkan kacer Jawa.

 

3. Kacer Blorok / Tretes

Burung Kacer blorok / tretes adalah jenis burung hasil perkawinan silang antara Kacer Jawa hitam dengan Kacer Poci. Ciri2 utama bisa terlihat pada warna putih yang terlihat di bulunya memiliki bintik putih yang tidak beraturan.

Kelebihan utama Burung Kacer Blorok dapat mudah peniru kicauan burung lain, sedangkan kekurangan kombinasi warna hitam & putih tidak berpola sehingga kurang bagus untuk dipandang.

 

4. Kacer Albino (Putih + abu2)

INi adalah informasi tambahan burung kacer non-Indonesia, Burung kacer jenis Albino ini mirip dengan kacer poci atau yang sering di kenal sebagai kacer Sumatera/Jawa ini adalah kacer yang memiliki habitat di negara madagaskar.

Ciri utama kecer albino Memiliki bulu warna bulu putih + ada bagian abu2 dibagian leher & dada

Burung kacer ini termasuk jenis burung yang menyukai udara panas, suara yang keras tetapi nyaring dan mampu mengikuti suara-suara di sekelilingnya ini menjadi nilai tambah bagi burung kacer di mata kicau mania.

__Semoga bermfaat, salam #KacerMania #KucauMania



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *