6 TIPS: Update SEO Google 2019 Terbaru

307 Shares
4.64/5 (137)

Trends SEO Google 2019 & tips, cara – teknik SEO terbaru, Update: Merujuk situs seo terpercaya Moz: Google √ mengkonfirmasi pembaruan algoritma google inti, dengan laporan luas tentang dampak besar. 

Google sekarang semakin cerdas, dapat menjawab dengan cepat semua pertanyaan user secara langsung pada halaman pencarian.

Konten promote / Iklan google semakin banyak tayang di bagian atas & bawah, Tentunya ini membuat hasil penelusuran google lewat SEO organik semakin terpojok.

Diharapkan kepada semua praktisi seo untuk merubah strategi optimasi, sehingga hasil SEO tetep maskimal.

Algortima Google 1-2 Agustus pada tahun 2018 lalu, masih dipakai saat ini 2019. Pembaruan ini tampaknya secara tidak proporsional mempengaruhi lokasi di vertikal tentang situs kategori 'kesehatan dan kesejahteraan'.Click To Tweet

 

Video update seo 2019

Penjelasan tentang update terbaru SEO Google ditahun 2019:

 

Kategori yang terdampak SEO Google 2019

Kategori ini akan mendapatkan efek yang signifikan yang terkena dampak update & trend seo google:

Kategori kesehatan, kendaraan, kecantikan menjadi sorotan & prioritas update algortima google 2019 utama untuk di pantau dengan frekuensi > 120 derajat.

Baca:  Mengenal Nama, Jenis Algoritma Google terbaru

Solusi SEO konten kesehatan

Kasus masalah: website toko herbal sudah terlanjur banyak konten kesehatannya gmn ya.. apakah harus dihapus?

Solusi seo terbaru: konten tidak perlu dihapus, pastikan konten dikasih rujukan atau link dr pakar, ahli yang kredibel sehingga konten dianggap berkualitas. ya setidaknya ada review dr dokter – ahli terkait.

 

Tips & Cara SEO Google 2019

Berikut semua cara, tips seo dengan praktik terbaik untuk menghadapi tren SEO google 2019:

1. Fitur Google Asisten

Meningkatnya penggunaan asisten digital (Google asisten) dan perangkat rumah pintar, menjadikan menggunakan fitur seperti “Pencarian Suara” lebih sering pada tahun 2019.

Optimalkan keyword longtail / kata kunci turunan karena user berkomunikasi langsung dengan mesin pencari dalam pencarian yang dikontrol oleh suara secara. Temukan materi seo untuk sub pembahasan: Cara riset keyword turunan lengkap.

 

2. Kurangi konten kesehatan

Berdasarkan update & tren algortima google 2018 – 2019 terbaru yang telah dikonfirmasi, maka kita rekomendasi untuk tidak membuat situs, blog baru dengan kategori ( nice ):

  • Kesehatan
  • Kendaraan: mobil, motor, dll
  • Kecantikan / perawatan.

Jika sudah terlanjur membuat blog kategori diatas, pastikan isi konten dapat terpercaya, valid & mendapatkan rujukan resmi dari ahli / pakar-nya.

Supaya tetap bisa bertahan atau naik di halaman 1 Google di 2019. Kamu bisa pilih nice lainya yang aman dan lebih cepat di optimasi dengan metode seo organik,

 

3. Data terstruktur ( cuplikan kaya )

Google memberikan fitur data terstruktur untuk membuat cuplikan kaya seperti rating bintang, review, dll – ini karena ruang yang tersedia menjadi lebih kecil disebabkan perubahan pengaturan iklan yang massive.

contoh rating – cuplikan kaya google

Pastikan blog, website kamu memiliki cuplikan kaya sehingga mendapatkan perhatian lebih oleh user & tetap mendapatkan klik (traffic) tinggi, walaupun tidak tayang di paling atas (no.1), karena sudah terisi space iklan.

Baca:  Cara menampilkan rating bintang ( Star ) di Google

 

4. Pengalaman Pengguna (UX)

User Experience [ ux ] menjadi fokus utama dalam optimalkan website, blog dengan cara seo 2019, karena seo yang kita buat bukan hanya untuk robot mesin pencari google, namun lebih ke user (orang) yang menggunaakan google untuk menemukan situs kita.

SEO On-Page masih Work & penting pada tren SEO saat ini !!

Bagian yang harus dimaksimalkan:

A). Performa website, Speed loading fast sangat penting untuk seo saat ini karena prilaku user menyukai sesuatu yang serba instan atau cepat, jika blog kamu pakai wordpress:

Baca:  Cara Mempercepat Loading Blog Wordpress 1 - 3 detik

Gunakan alat speed test seperti gtmetrix atau PageSpeed ​​gratis dari Google untuk memastikan loading time dibawah 5 detik.

B.) Mobile FriendlySaat ini hasil penelusuran google lebih di dominasi oleh smartphone atau tablet, Penggunaan desain blog responsive menjadi hal super penting.

 

5. Backlink Hidup kembali

Ada issu: “SEO sudah mati” atau “Pembuatan baklink mati”, Namun pada kenyataannya, bahkan pada 2019 backlink akan terus memainkan peran penting.

Fakta Google: mempertimbangkan menyebutkan situs web atau merek di situs web lain, meskipun tidak ada tautan langsung yang merujuk ke halaman target.

Aturan backlink di 2019: bangun tautan ke halaman / backlink yang benar2 berkualitas sehingga menjadi tambahan traffic potensial & mendongkak rangking Google.

Kenapa bisa ?

Pada tahun 2018, Gary Illyes dari Google mengatakan pada konferensi bahwa PageRank yang baik masih merupakan sinyal peringkat yang penting bagi Google secara internal. Dan kekuatan tautan, atau otoritas, dicapai melalui backlink.

Baca:  3 Cara Membangun Backlink Bagus, Berkualitas

 

6. Konten gambar / video

Data google menunjukan tren pencarian lewat galeri gambar maningkat tajam khusunya di tahun 2018, ini menjadi sinyal kuat untuk maksimalkan seo disisi image atau video.

Fakta lapangan:

Minat baca jaman now! ini udah berkurang, turun drastis!
Perpustakaan aja gak laku, gimana blog. wkwkwk……………..

Masukan Konten gambar & video dalam blog agar memberikan pengalaman terbaik untuk user, sehingga blog menjadi tetap ramai & exist.

Contoh aplikasi:

Buat desain gambar lebih informatif, menarik yang mengandung muatan brand & topik yang mewakilli konten, sehingga performa gambar / video akan lebih maksimal.

 

Penutup

Semoga tips singkat tentang menghadapi tren & update seo google 2019 bisa bermanfaat dan menjadi bahan revisi perbaikan konten yang lebih baik + berkelanjutan.

__Thank for reading !

 

Berikan Rating ?

64 thoughts on “6 TIPS: Update SEO Google 2019 Terbaru

  1. Heru

    malam pak
    mau nanya
    kira2 niche yang seringkali aman dari amukan google update algoritma apa saja ya?

    Reply
  2. Kangjum

    Terus terang untuk 2019 SEO menurut saya jadi kembali ke nasik, yaitu konten sedangkan prosesnya hanya faktor pendukung saja.

    Reply
  3. Muhammad Iqbal Maulana

    Yah minat baca masyarakat kita sudah menurun, makanya blog2 kekinian lebih banyakin gambarnya daripada jabaran isi artikelnya

    Reply
  4. Irmanfsp

    Wah wah waaaaah…. bisa dikatakan berdasarkan penjelasan di atas, maka lebih mudah mainkan youtube dari pada blog bila seo 2019 lebih melihat pada kontek suara. Namun, saya juga berpendapat. Bila artikel yang kita buay itu benar benar lengkap, maka juga bisa bersaing lah dengan blog lainnya. Info yang mantap, semangat

    Reply
  5. Eko Sukmo Nugroho

    Ini di kualitas konten itu sendiri. Konten yg bagus baik dimata google maupun dimata pengunjung.
    Gak usah mikir terlalu banyak soal SEO. Bikin aja konten yang berkualitas, agar pembaca senang dan mendapatkan manfaat dari konten tsb. Maka backlink akan datang dengan sendirinya. Dan google akan menyukai situs kita dengan memberikan tempat terhormat di serp nya.
    Content is the Key. Then Google will love it.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *