Arti BID & OFFER (Ask) Trading Saham

Istihah, Makna Arti Bid & Offer dalam perdagangan lembar saham

Dalam transaksi saham, terdapat suatu kegiatan jual beli dan tawar menawar layaknya di pasar tradisional. Adapun istilah tawar menawar ini kerap disebut dengan bid dan offer (ask).

Uniknya, kedua mekanisme perdagangan saham tidak pernah bertemu pada garis yang sama karena tujuan investor senantiasa ingin mendapat hasil = UNTUNG.

Bid

Dengan kata lain, bid merupakan istilah yang digunakan ketika seorang investor akan membeli saham dengan harga lebih rendah dibandingkan harga yang terakhir (Harga Open).

Proses trading perdagangan atau transaksi saham terjadi pada saat pembeli di pasar bersedia membayar penawaran yang dijual dengan harga terbaik.

READ :  Cek Rekening Penipu, Cara bertransaksi online aman

Dalam transaksi BID ini, seorang investor harus memasukkan harga yang diinginkan supaya saham tersebut dapat dibeli. Harga ini biasa disebut juga dengan istilah bid price.

Offer

Istilah offer yang banyak digunakan dalam transaksi jual saham. Ini merupakan kebalikan dari bid sehingga offer dilakukan oleh investor akan menjual saham yang dimiliki sesuai harga tertentu.

Offer atau penawaran harga jual ini mewakili harga maksimal yang bersedia dibayar oleh para pembeli (investor baru) untuk 1 lembar saham. Jika ada kesepakatan, maka saham tersebut akan bisa dikatakan berhasil diperdagangkan atau ditransaksikan (MATCH).

Pada praktiknya, sistem bid dan offer ini hanya akan berhasil [match] apabila harga bid dan offer paling atas menunjukkan harga yang sama. Periode ini terjadi sampai dengan waktu perdagangan bursa ditutup. Apabila masih belum sama, maka transaksi tidak akan terjadi = dibatalkan.

Update : 27 Jun, 2024