Saham Waskita Karya BUMN Rp200 Kena Suspensi BEI

Kabar tidak sedap menghampiri bursa pasar saham BUMN Waskita Karya yang terkena suspensi oleh BEI karena harga turun di angka Rp200 dan gagal bayar obligasi.

Secara resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan kembali memberikan suspensi pada saham emiten BUMN Karya PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) pada 16 Mei 2024.

BEI menjelaskan Waskita telah menunda pembayaran bunga Ke-20 dan Pelunasan Pokok Obligasi Berkelanjutan III Waskita Karya Tahap IV Tahun 2019 Seri B (WSKT03BCN4).

Saham Waskita telah disuspensi BEI selama 1 tahun pada 8 Mei 2024 lalu dan terancam didepak dari bursa atau mengalami delisting apabila masih belum menyelesaikan permasalahan dan kembali diperdagangkan secara reguler.

Terus bagaimana nasib pemegang samah jika saham BUMN waskita karya delisting maka semua akan mendapatkan kerugian besar semua aset akan lenyap begitu saja.

Mengacu pada Peraturan Bursa Efek Indonesia No. I-I, bahwa BEI dapat mendelisting saham jika suspensi saham berlangsung sekurang-kurangnya 24 bulan dari waktu pengumuman suspensi. Adapun saham Waskita hingga saat ini telah di suspensi selama 12 bulan berkaitan dengan penundaan pembayaran bunga & pokok obligasi. sumber : cnbcindonesia.

“BEI meminta kepada seluruh pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan, sehingga mendapatkan informasi valid.

Disclaimer

Investasi dipasar modal saham wajib paham akan resiko untung rugi karena harga bisa naik, turun bahkan saham dibekukan sehingga saham tidak bisa di jual, perlu memastikan analisa, pengalaman memililih perusahaan kinerja, performa terbaik, sebelum memutuskan investasi membeli saham sehingga tidak terjadi kerugian dikemudian hari.

Fundamental, whitepaper, isu perusahaan, direksi, kondisi pegawai menjadi pertimbangan dalam memilih saham perusahaan karena nama besar saja tidak cukup.

Rekomendasi terbaik bisa memilih saham jenis Blue Chip karena sudah teruji oleh waktu dan bisnis ini dijalankan secara sehat memiliki komitmen jangka panjang, namun demikian semua jenis investasi saham tetap memiliki resiko untung rugi.

Baca Juga: Apa Itu saham Blue Chip Keunggulan & Kekuranganya.

Updated: June 5, 2024