Masalah Telur Kacer Sering Zonk (Tidak ISI, Menetas)

Salam kicau mania…., masalah telur koci kacer tidak menetas

Ada banyak penyebab kenapa telur burung kacer, koci tidak menetas setelah dierami oleh indukan padahal waktu pengeraman sudah lewat masa nya lebih dari 14 hari bahkan sampai 20 hari tidak menetas.

Ciri2, Pengecekan Telur tidak Isi

Pengecekan telur tidak ngisi embrio, zonk pada saat waktu pengeraman 7 hari bisa dicek telur menggunakan cahaya senter HP, atau lainya jika hasilnya adalah memiliki ciri-ciri transparan bening, tidak gelap atau bercak hitam maka 99% zonk.

Namun jika hasil pengecekan kondisi telur gelap, ada bagian hitam pekat maka indikasi telur memiliki embrio yang nantinya akan menetas menjadi anak sempurna.

Telur kacer infertil

Arti telur infertil adalah telur yang tidak menetas setelah proses pengeraman, telur infertil dikenal dengan istilah hatched egg (HE) atau telur busuk. Adanya telur infertil karena tidak ada proses pembuahan, atau gagal pembuahan penyebab utama indukan kacer tidak kawin.

Atau proses kawin telat sehingga tidak terbentuk embio telur namun telur tetap keluar, fase ini menjadi pembuahan (kawin) terlambat dan ini sangat wajar untuk indukan kacer yang masih muda atau pertama kali di ternakan.

Cuaca Extrim Dingin

Faktor cuaca kadang memberikan dampak masalah pada suhu ruangan sehingga proses pengeraman bisa menjadi gagal, solusinya buat penerangan lampu tambahan pada waktu malam hari, atau disaat cuara udara dingin lampu nyala full 24 jam selama proses pengeraman 14 hari.

Kurang EF (Ektra Fooding)

Jika kacer sudah jodoh, buat sarang maka segera mungkin memberikan pakan secara jor, tanpa batasan : jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat kandang atau cacing tanah + cangkang telur ayam.

Sehingga nutrisi, vitamin, dan kalsium sempurna tercukupi ini akan menjadikan birahi naik, ritme kawin lebih banyak dan akhirnya jumlah terlur akan maksimal 3-4 biji.

Ya, jika kurang nutrisi maka akan menjadi masalah telur Zonk, efek kurang birahi, akan sangat jarang kawin……##ZOnk!.

Indukan Jantan Tidak Sehat

Masalah penyakit keturunan, kemandulan juga kadang terjadi pada burung sehingga apabila terjadi masalah telur kacer zonk, tidak ngisi padahal semua baik2 saja dan sudah 3-5x berturut2 telur kosong (bening tanpa embrio) + kacer juga kawin secara normal.

Solusi terbaik ganti indukan kacer jantan dengan yang lainya……..

Updated: June 4, 2024