Riset Keyword & Analisa Persaingan Sebelum Menulis Artikel

Tips wajib untuk penulis artikel, content writer atau pemilik blog menentukan konsep, riset keyword sebelum mulai menulis

Arti keyword adalah kata kunci yang paling mewakili isi suatu artikel atau konten. keyword juga dikenal dengan berbagai istilah, yaitu focus keyword, main keyword, dan primary keyword.

Tujuan penulisan keyword memudahkan mesin pencari google mengenali makna konten artikel sehingga nanti akan mendapatkan rangking halaman dan mudah ditemukan pembaca.

Manfaat Riset Keyword + Analisa Persaingan

Melakukan riset keyword dan analisa tingkat persaingan sebelum membuat artikel konten blog adalah acuan, analisa dasar termasuk trend minat atas keyword serta pesaingan sehingga mendapatkan data ukuran, jenis artikel apa yang cocok & tujuan akhir lebih cepat, mudah mendapatkan rangking halaman 1 google berdasarkan keyword mudah ditemukan oleh pembaca lewat mesin pencari google, bing, yahoo, dll.

Akan menjadi sia2 jika artikel bagus, berkualitas namun tidak jelas keyword utama dan parahnya lagi menulis pada topik keyword untuk ceruk persaingan yang tinggi = hasilnya artikel tidak mendapatkan traffic pengunjung + susah ditemukan.

Jangan buru2 mulai menulis artikel, tentukan dahulu secara jelas topik, keyword & rincian audien serta seberapa tinggi tingkat persaingan di mesin pencari google yang menargetkan keyword serupa.

Cara riset keyword

Langkah awal untuk menemukan keyword, tentukan topik artikel selanjutnya mulai gunakan tools riset keyword seperti:

Contoh:

Penulis ingin mengambil topik pariwisata, wisata :: dalam fitur keyword planner google (Temukan kata kunci baru) didapatkan banyak bahkan ribuan keyword sebagai IDE membuat artikel, bisa di sorting berdasarkan jumlah pencarian bulanan minimal 1000x atau bahkan lebih.

Point penting adalah mendapatkan data keyword yang memiliki data minat pencarian sehingga nantinya artikel yang dibuat tidak menjadi arsip yang sia2.

Analisa Persaingan Keyword

Pekerjaan analisa persaingan adalah menantang dimana intuisi dan daya pikir kreatif diperlukan sehingga bisa mendapatkan hasil analisa terbaik, caranya:

  1. Buka google ketikan pencarian berdasarkan keyword,
  2. Cek 10 website yang ada di halaman pertama, Siapa dia apakag situs besar atau media berita.
  3. Buka 3-5 situs yang ada dihalaman 1 berdasarkan keyword apakah isi, relevan dengan keyword
  4. Apakah isi konten memberikan penjelasan rinci, lengkap berdasarkan keyword?
  5. Apa yang ingin dicari pengguna lewat keyword tersebut?
  6. Siapa audien keyword :: umur, jenis kelamin, lokasi, dll?

KET: Jika semua konten yang ada dihalaman 1 google memberikan apa yang diinginkan pengguna berdasarkan keyword = tingkat persaingan tinggi namun masih ada celah untuk masuk menggunakan sudut pandang beda dan ceruk keyword turunan.

PR adalah ? menentukan sudut pandang dan keyword turunan lebih banyak, spesisifik setelah itu baru mulai kumpulkan materi, data untuk mulai membuat konten artikel.

Penulisan Keyword Dalam Artikel

Format cara penulisan keyword untuk artikel paling ideal dan optimal dimana saja letaknya? admin akan memberikan rekomendasi terbaik :

  1. Sertakan, tulis keyword pada judul artikel
  2. Tuliskan juga keyword pada paragraf pertama.

Perlu diperhatikan penulisan keyword harus natural, nyambung dengan paragraf kalimat pembahasan konten yang ditulis.

Updated: May 30, 2024