Nasib Blogger Tahun 2024, Apakah Terpuruk?

Bagaimana nasib blogger tahun 2024 , apakah masih bisa bertahan atau sudah terpuruk karena hasil semakin sedikit dan tidak bisa menjadi landasaran ekonomi dalam keluarga.

Pendapat admin sebagai full time blogger masih bisa mendapatkan hasil dari iklan adsense, atau iklan mandiri lainya namun tidak signifikan cukup untuk biaya operasional dan kehidupan sehari2.

Namun tetap masih ada blogger populer dengan traffic ribuan, ratusan ribu / hari masih bisa dapat cuan besar namun jumlah tinggal sedikit hanya media besar yang sudah memiliki brand dan konten super banyak + rangking di mesin pencari google sedangkan blogger mandiri kecil tinggal nunggu nafas2 akhir.

Ini adalah realita karena semua topik, konten sudah diserbu media mainstream imbasnya blogger kecil hilang bak di lautan padang pasir panas dan gersang tanpa ada kepastian karena semua konten kalah bersaing , pendapatan semakin hari semakin turun tajam.

Gempuran sosial media berbasis video menjadi momok yang tidak bisa dihindarkan karena perubahan semakin nyata dimana orang lebih tertarik konten jenis video live, real memberikan kesan nyata dibandingkan harus membaca 1 artikel.

READ :  9 Cara Mempercepat Loading Wordpress 1-3 detik

Kenyataan pahit ini menjadi titik keterpurukan blogger sehingga harus evaluasi, update mengikuti perkembangan untuk bertahan hidup dari blogger artikel sudah tidak cukup perlu ada tambahan konten video.

Namun admin memiliki keyakinan konten artikel masih tetap dibutuhkan dan cari oleh pengguna internet namun persentase sudah semakin kecil, ayo sekarang mulai membangun ekosistem baru konten berbasis video : youtube, tiktok, dll.

__terimasih telah mampir.

Update : 30 May, 2024