Ganti Oli Mesin? STOP Beli Oli Mahal, Pakai Minyak Goreng Aja!

Apa …? Minyak goreng untuk oli mesin kendaraan, wah ini sesat dan merusak ~

Ok, judul konten artikel ini untuk kebanyakan orang adalah konyol namun tidak untuk admin dan komunitas otomotif lainya yang sudah lama mengganti oli kendaraan motor, mobil pakai minyak goreng 100%.

Sebenarnya teknik cara ini sudah lama dipakai oleh pencinta otomotif khususnya mesin diesel Panther mania namun informasi ini tidak didikung oleh data ilmiyah pengujian LAB sehingga tidak banyak orang yang paham jika minyak goreng itu adalah oli terbaik untuk kendaraan mesin bensin atau diesel.

Coba & Rasakan Hasilnya

Yakin aman ? jika oli mesin digantikan oleh minyak goreng,,,, tenang admin sudah hampir 3 tahun selalu pakai minyak goreng untuk semua kendaraan yang ada baik motor, mobil dan sampai detik ini semua aman dan tidak pernah ada kendala justru banyak manfaat dari segi ekonomi lebih hemat murah dan pelumasan mesin semakin bagus + minyak goreng itu lebih tahan panas.

Gak perlu jadi ahli perminyakan seperti ester, SAE coba saja… dan rasakan manfaatnya itu saja OK bolo……

Hasil SS dalaman mesin kendaraan

kondisi dalaman mesin motor

kondisi dalaman mesin mobil

NOTE: Hasil diatas merupakan setelah penggunaan minyak goreng sebagai oli mesin > 3 x, kondisi dalaman mesin kendaraan bersih bebas dari slut kotoran, kerak oli.

READ :  Cara Cek Motor, Mobil Kredit Macet Online

Hemat Biaya Perawatan Mesin

Hitung saja secara orang awam, harga oli kendaraan sekarang paling murah 35-50rb / 1 liter VS minyak goreng 14-17rb / liter maka disini sudah kelihatan ada selisih penghematan jika perawatan rutin 5-10 thn kan sangat terasara bukan.

Admin sadar konten ini banyak tidak disukai oleh produsen, distributor dan pengecer oli mesin karena jika semua orang beralih keminyak goreng tentu akan menggangu bisnis donk………..,, tapi ya gak mungkin tho.

Oli mesin menjadi 1 dari sekian banyak komponen mesin yang perlu diganti berkala minimal 5000-12.000 km, nah jika menggunakan minyak goreng sebagai oli mesin waktu interval pergantian bisa lebih lama kisaran 7000-10.000 km (tergantung merk migor, jenis mobil & waktu penggunaan kendaraan).

Fakta Data

  • CPO memiliki titik didih sekitar 240⁰c
  • Sebagian besar titik didih pelumas oli 370°c – 500°c (tergantung merk, kualitas)
  • Minyak goreng berada pada kisaran 400°c sampai 500°c
  • Migor mempunyai kemampuan pelumasan (lubricity, film strength) yang lebih baik, Sehingga gesekan langsung antara part mesin bisa dikurangi.
  • Minyak goreng minim oksidasi dan penguapan.

Discliamer

Tidak semua jenis motor cocok minyak goreng dijadikan oli seperti mesin bebek sistem kopling basah maka efek akan ada slip2 untuk RPM tinggi karena lebih licin, namun untuk semua motor matic hampir 100% mendukung tanpa kendala.

Selanjutnya tidak semua merk, jenis minyak goreng bisa dijadikan oli mesin hanya migor yang memiliki kualitas bagus tahan pengendapan suhu dingin seperti brand : tropical, bimoli, sania, sovia, sanco, fortune, minyak kita (pt sinar mas), dan merk lainya yang penting bukan minyak curah.

READ :  Bahaya: Lampu HIJAU Jangan Gas Pool Kendaraan

Updated: March 16, 2024