Ingin Bekerja Menjadi PHP Developer? Skill & Gajinya

Tugas kerja, skill keahlian & info gaji menjadi tenaga profesional web developer PHP

Bekerja dibidang IT Web Programing PHP developer merupakan salah satu profesi yang diprediksi masih banyak dibutuhkan hingga lima-10 tahun kedepan. Bagimu yang tertarik menjadi PHP developer sebagai jenjang karir ini adalah pekerjaan yang bagus dan gaji cukup besar.

Tugas Kerja PHP Developer

PHP developer adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam pengembangan server website, aplikasi, atau program. Skill PHP utama yang dibutuhkan adalah penguasaan bahasa pemrograman PHP.

PHP developer juga dikenal dengan backend developer PHP karena berfokus pada alur kinerja server dan pengelolaan database website.

Mulai dari perancangan hingga mengatasi error yang muncul. Tak jarang bila backend developer PHP bekerja sama dengan front end developer untuk memastikan alur website berjalan dnegan optimal.

  1. Membuat dan Melakukan Tes Website/Aplikasi/Program
  2. Menyelesaikan Error
  3. Menjaga Performa Website yang Ada
  4. Mengengelola Database Mysql, Dll

Skill Kehalian PHP Developer

PHP developer yang harus dikuasai sebelum terjun ke proyek atau pekerjaan yang nyata. Apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi PHP developer?

  • Bahasa Pemrograman PHP Basic, Advance

Bila ingin meniti karir sebagai PHP programmer sudah wajib hukumnya untuk mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman. Selain bahasa pemrograman PHP, sangat dianjurkan untuk menguasai bahasa pemrogaman lainnya seperti JavaScript, HTML, jQuery, MySQL, dan Ajax.

Semakin banyak bahasa pemrograman yang dipahami, semakin bervariasi penyelesaian error dalam website serta berkreasi dalam membuat website yang interaktif.

Bahasa Inggris dasar & teknis juga diperlukan untuk bisa bekerja di perusahaan skala internasional sehingga peluang karir dan gaji akan lebih besar

  • Memahami Konsep yang Berhubungan dengan PHP

Untuk membuat website yang menarik, tidak jarang PHP developer menggunakan layanan pihak ketiga. Oleh karena itu, perlu pemahaman konsep dalam penggunaaan XML, JSON, HTTP serta installer lain seperti komposer dan PECL.

Seperti contoh installer komposer yang membantu PHP developer dalam memanajemen berbagai fungsi, dan libraries yang memudahkan saat bekerja dengan PHP yang berbeda berdasarkan proyek yang ada. Kemudian ada PSR yang membantu untuk menstandarisasi programming PHP untuk mengoptimasi website.

  • Pemahaman Sistem Database

Bekerja yang berkutat dengan PHP masih tetap membutuhkan pemahaman konsep sistem database seperti MySQL, Oracle Database dan PostgreSQL.

  • Mengerti Data Structure dan Algorithm (DSA)

Skill PHP developer yang tak kalah penting adalah menstrukturisasi data dan algoritma. Mengapa penting? PHP developer perlu memahami struktur algorithma agar lebih cepat dan efisien, dan juga memilih struktur data yang tepat untuk menyelesaikan promblem pada website.

  • Membuat Framework Architecture

Dalam pekerjaan yang berhubungan dengan PHP sudah pasti membuat framework untuk programming. PHP developer bekerja dengan berbagai jenis programming untuk aplikasi atau API, sehingga perlu membangun framework yang tepat untuk mengoptimisasi kode-kode dalam membuat website.

READ :  Kursus Private PHP Developer (PHP, HTML, Mysql)

Gaji Salery PHP Developer

Berapa gaji programmer PHP? Gaji PHP developer cukup beragam berdasarkan posisinya. Pastinya gaji PHP developer junior akan berbeda dengan PHP developer senior.

Nilai gaji PHP developer junior di Indonesia berkisar Rp 8.000.000 hingga Rp 12.000.000 per bulannya sedangkan senior berkisar Rp25 juta – 200 juta /bulan.

Contoh gaji: Gross salary from 5500 – 6600 EUR/month. Specific compensation is offered based on work experience, competence, and compliance with other job requirements.

Perusahaan tempat kerja, negara kerja dan jenjang karir sangat mempengaruhi besaran gaji PHP developer.

Temukan banyak informasi lowongan kerja PHP developer dengan gaji besar untuk semua negara dengan sistem kerja fulltime, remote dan freelance: Cari Lowongan.

Updated: February 13, 2024