7 Cara memilih Jenis Web hosting Yang tepat

55 Shares

Ingin membangun bisnis online atau mau jadi Bloger Profesional

Pemilihan web server menjadi sangat penting dimana hosting merupakan rumah & dapur pacu sebuah website / blog. Jangan sampai salah pilih provider hosting karena terjebak penawaran harga super murah namun tidak cocok untuk model situs kamu.

 

Tips memilih Web Hosting

Setidaknya ada 7 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih web hosting yang tepat untuk situs, blog kamu.

1. PERFORMA SERVER

Performa adalah hal paling utama yang perlu diperhatikan. Jangan sampai kesuksesan di dunia online terhambat hanya karena website yang sulit diakses, atau segudang permasalahan teknis layanan hosting lainnya.

 

2. LOKASI SERVER

Apabila kamu ingin membuat website dengan target user dari Indonesia, sangat disarankan pilih server, juga berada di Indonesia. Tujuannya adalah mempercepat loading speed.

 

3. SPESIFIKASI SERVER

Check secara detail teknologi server, kecepatan prosesor (jenis prosesor maupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (apakah menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed (semakin tinggi maka semakin baik kecepatan aksesnya).

 

4. CUSTOMER SUPPORT 24 JAM

Layanan bantuan pelanggan atau Customer Support hosting Anda harus tersedia 24 jam. Ini artinya, mereka selalu siap, cepat, tanggal & sedia kapanpun kamu membutuhkan bantuan teknis. Mereka juga harus mampu menyelesaikan permasalahan Anda dengan baik. Tingkat keramahan serta sopan santun.

 

5. HARGA TERJANGKAU

Ketika memilih layanan web hosting, pastikan kamu mendapatkan harga terbaik, Murah & Cara pembayaran harus lengkap dan mudah untuk kebanyakan orang indonesia yaitu: Bank transfer, kartu debit, dll.

Contoh

VPS ( Virtual Private Server ), Layanan VPS memiliki kisaran harga yang lebih tinggi dibandingkan paket hosting unlimited.

Mengapa? Layanan VPS menawarkan spesifikasi teknis yang lebih memadai, sehingga performa yang dihasilkan dapat menjadi jauh lebih baik.

 

6. GARANSI UANG KEMBALI

Garansi uang kembali adalah fasilitas terbaik yang bisa diberikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Artinya, si penyedia layanan di sini menjamin kepuasan kamu sebagai pelanggan.

 

7.  REVIEWS PELANGGAN

Ada baiknya kamu mempertimbangkan pendapat orang lain. Dalam hal ini, Anda perlu melihat review dari pelanggan.

Ada banyak sumber yang bisa Anda telusuri, mulai dari blog hingga forum, guna mendapatkan ulasan mengenai suatu layanan hosting atau langsung di laman / menu reviews situs secara langsung.

 

OK, Setelah menentukan provider WebHosting, selanjutnya jenis paket apa yang cocok / Pas untuk situs kamu ? Temukan jawabanya di bawah !

Ingat: “Setiap website akan beda kebutuhan hosting-nya, tegantung jenis dan kapasitas-nya + keperluanya.

 

Pilih Web Hosting berdasarkan kebutuhan

1. Hosting Shared Murah

Jika katagori web kamu merupakan jenis company profile yang tidak memiliki konten banyak dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan besar + sedikit trafik maka hosting murah cocok.

  • Harga hosting berkisar antara Rp 8.000 / bulan, jenis server model shared.

Rekomendasi penyedia web hosting handal, support bantuan 24 jam full, cara bayar beragam ( mudah ) dan harga murah bisa anda pilih: NiagaHoster.

Kelemahan dari shared hosting adalah jika pengunjung sedang ramai maka kinerja server akan lambat + tidak stabil. Jenis hosting ini hanya di rekomendasikan untuk website latihan dan company profile yang sedikit pengunjung.

 

2. Web Hosting VPS , Cepat & Aman

Situs Bisnis / Blog memerlukan dukungan website dengan akses cepat, trafik  tinggi, speed load dan stabil maka kamu membutuhkan model server jenis VPS ( virtual private server ).

  • Harga server VPS mulai: Rp 100.000 – Rp 660.000 / bulan.

Web Hosting VPS di ibaratkan seperti memiliki apartemen sendiri di hotel berbintang lima. kamu dapat memiliki kamar sebanyak yang Anda inginkan. Jika sebuah kamar rusak, Anda dapat pindah ke kamar lain atau bahkan ke gedung lain.

Dalam urusan setup server, kamu bisa manage sendiri / diserahkan ke provider hosting Vps, Rekomendasi situs provider Server WebHosting VPS terpercaya + Pelayanan 24 jam: NiagaHoster, Vultr, DigitalOcean, UpCloud, Linode.

 

 

3. Dedicated / Cloud Server 

Dedicated Server merupakan Web hosting berkapasitas besar dan bisa custome, memungkinkan pelanggan untuk menyewa bagian server lebih banyak bahkan seluruh server, resource yang didapat tentu akan lebih banyak daripada jika hanya menggunakan shared hosting / Vps.

Web Hosting Ini sangat cocok untuk website dan web based applicatin yang memerlukan trafik Super tinggi, akses cepat dan penyimpanan besar seperti: marketplace dan situs besar.

  • Harga server dedicated bisa kamu checkhttps://cloud.google.com/pricing/

Metode setup server UnManage untuk di custome sendiri. Rekomendasi kita untuk Dedicated, Cloud Server terbaik di Indonesia adalah: Google CLoud, CloudWays.

 

KESIMPULAN

Pilih server berdasarkan kebutuhan, jangan sampai salah karena akan merepotkan dikemuan hari. Kenapa? Next… kamu harus migrasi Upserver dan ini membutuhkan waktu + Biaya Extra.

Editor: | Update: November 4, 2020

Baca Juga:

7 thoughts on “7 Cara memilih Jenis Web hosting Yang tepat

  1. Avatar for Re HostingRe Hosting

    Wah bermanfaat sekali mas infonya. Bisa jadi referensi saya untuk menulis artikel ke depannya.

    Reply
    1. Avatar for AndreasAndreas

      silahkan mas, semoga tip memilih web hosting ini bisa memberikan manfaat

  2. Avatar for SupriSupri

    Artikel sangat rekomended buat yg lagi kebingungan pilih hosting

    Reply
    1. Avatar for AndreasAndreas

      iya sama2 semoga info web hosting ini bisa menjadi acuan

  3. Avatar for MayufMayuf

    Terimakasih tips nya bang, sangat bermanfaat 😀

    Reply
    1. Avatar for AndreasAndreas

      Semoga Informasi Hosting dan server ini menjadi manfaat untuk yang baru mulai atau yang sedang mencari server terbaik untuk situs mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *