ABO dan CBO: Teknik Jitu Atur Budget Iklan Facebook (Meta)

Arti keduanya adalah Campaign Budget Optimization (CBO) dan Adset Budget Optimization (ABO)

CBO

Singkatnya, adalah sebuah strategi yang digunakan dalam platform iklan Facebook Ads untuk mengoptimalkan alokasi anggaran secara otomatis di seluruh kampanye.

Syarat bisa mendapatkan fitur CBO 1 kampanye memiliki setidaknya 3 adset dan bisa pilih secara manual setingan ini pada menu :

» Anggaran Kampanye Advantage : Aktifkan.

Dengan menggunakan CBO, Anda dapat menentukan anggaran harian yang ingin Anda alokasikan untuk iklan langsung di seting pada level kamapaye.

Facebook Ads akan menggunakan algoritma cerdasnya untuk mendistribusikan anggaran tersebut secara efisien ke setiap adset yang ada dalam kampanye Anda, Memilih adset paling menguntungkan, selanjutnya akan diberikan jumlah budget paling besar, Apakah ini ide bagus, temukan masalah ABO dibawah Ya…

Manfaat CBO:

  • Optimalisasi Anggaran: Dengan CBO, Anda dapat memaksimalkan penggunaan anggaran iklan Anda secara otomatis. Facebook Ads akan mengelola alokasi anggaran untuk mendapatkan hasil terbaik dari setiap adset dalam kampanye Anda.
  • Efisiensi Waktu: Dengan menggunakan CBO, Anda dapat menghemat waktu yang berharga dalam mengatur anggaran iklan. Anda hanya perlu mengatur anggaran harian secara keseluruhan, sementara Facebook Ads akan mengelola detailnya.

Kekurangan CBO:

Biaya CPM jenis budget CBO akan sangat lebih MAHAL dibandingkan ABO sehingga bisa menjadikan hasil iklan boncos (rugi bandar) tidak imbang antara biaya iklan dan hasil konversi.

ABO

fokus pada pengaturan anggaran pada tingkat adset.

Adset adalah grup iklan yang ditargetkan pada audiens tertentu dengan variabel tertentu seperti minat, demografi, atau lokasi. Dengan ABO, Anda dapat mengatur anggaran harian yang berbeda untuk setiap adset dalam kampanye Anda.

Tidak ada syarat fitur ABO ya, karena 1 kampanye bebas memiliki jumlah adset dan bisa pilih secara manual setingan ini pada menu :

» Anggaran Kampanye Advantage : NonAktif.

Dengan kata lain, Anda memiliki kendali yang lebih spesifik atas alokasi anggaran pada tingkat adset.

Manfaat ABO:

  • Biaya CPM jenis ABO akan lebih MURAH tentu ini sangat menguntungkan pengiklan, berpeluang menghasilkan banyak konversi.
  • Kendali yang Lebih Spesifik: ABO memberikan Anda kendali yang lebih besar dalam mengatur anggaran pada tingkat adset. Anda dapat mengalokasikan anggaran yang berbeda untuk setiap adset berdasarkan performa dan target audiens yang spesifik.
  • Penyesuaian yang Fleksibel: Dengan ABO, Anda dapat dengan mudah mengubah anggaran untuk adset individu sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Anda dapat menyesuaikan strategi iklan Anda dengan cepat berdasarkan performa yang Anda amati.

Kekurangan ABO:

Harus bisa atur budget harian setiap adset dan ini membutuhkan analisa lebih mendalam berdasarkan hasil performa iklan, konvesi dan nilai konversi yang dihasilkan sehingga bisa alokasikan budget secara proporsional di setiap masing2 adset.

Kesimpulan

Setiap pengiklan memiliki tujuan anggaran budget ringan, murah namun memberikan hasil konversi maksimal ya setidaknya seimbang, dari ulasan diatas silahkan tentukan jenis sistem budget CBO atau ABO yang menguntungkan untuk iklan yang sedang dijalankan sekarang.

__Terimakasih telah mampir.

Updated: January 12, 2024