Modus Penipuan / SCAM Jual Beli Mobil Bekas Online

Info kejahatan penipuan SCAM jual beli mobil bekas online pakai modus lama namun berhasil gondol uang ratusan juta dari korban.

SEOsatu OTO, Tindak kejahatan pada usaha jual beli mobil bekas (mokas) tetap menjadi perhatian khusus karena kerugian korban cukup banyak dan nilai uang besar puluhan hingga ratusan juta rupiah dan modus penipuan ini terjadi disemua kota Indonesia khususnya Jawa & Bali.

 

Kronologi Kejadian & Modus Penipu

Pemilik mobil pasang iklan jual mobil bekas pada platform jual beli online seperti situs:

  1. mobil123
  2. carmudi
  3. facebook marketpace
  4. OLX Autos

Note: 4 situs jual beli mokas online diatas adalah sangat bagus dan membantu banyak orang + bermanfaat namun kadang dimanfaatkan oleh orang yang sengaja ingin Scam.

3-7 hari setalah iklan tayang online di situs, website jual beli mobil bekas, lalu pemilik mobil dihubungi oleh calon pembeli (si penipu) mencoba menawar mobil dengan modus awal membeli bertujuan mencarikan calon pembeli (makelar) yang ingin dijual kembali.

Sampai tahap ini tidak ada yang janggal semua baik2 saja dan normal dan 1 yang agak curiga kenapa calon pembeli (tukang tipu) ini tidak menawar dan langsung tanya harga NET dan setuju — kok ENAK YA… he..he..

 

4 Modus Penipuan Mokas

Secara umum penipu chat WA menanyakan tentang stok mobil masih ada tidak & apakah ini penjual pribadi atau showroom? jika penjual mobil memberikan jawaban: Ya, mobil masih ada & penjual secara pribadi. maka sipenipu akan masuk ke step modus #1.

Kenapa kalau penjual adalah showroom? karena menurut pengalaman penipu penjual showroom akan lebih hati2, sulit dikondisikan dan berpengalaman jadi modus penipu akan lebih banyak gagalnya.

Modus 1 : penipu mencoba perdaya pemilik mobil asli untuk dikondisikan.

Si penipu merayu pemilik mobil asli lewat telepon & chat WA, kalau mobil itu adalah miliknya, menganggap saudara dan semua proses harga dan pembayaran diminta ambil oleh sipenipu.


Modus 2 : Sipenipu menawarkan ulang ke calon pembeli, atau pasang iklan online diplatform lain namun harga jauh lebih murah.

Langkah modus penipu tahap 2 ini baru bisa berjalan jika modus k-1 sudah berhasil dan pemilik mobil tidak sadar kalau sudah diperdaya.


Modus 3 : penipu dapat calon pembeli (korban) karena tergiur harga mobil super murah dibawah pasaran + kondisi bagus.

Si penipu mengubungi pemilik mobil asli, bahwa hari ini akan check unit mobil, dan lagi2 pemilik mobil dikondisikan bahwa urusan pembayaran dan harga langsung diambil alih oleh penipu, proses cek mobil oleh calon korban + pemilik mobil terjadi.


Modus 4 : calon pembeli (korban) sangat senang mendapatkan mobil bekas harga murah dibawah pasaran + kondisi bagus, akhirnya langsung deal dan setuju pembayaran DP / Full di transferr ke penipu, karena sudah dikondisikan oleh penipu.

 

Hore Penipu berhasil sukses TOTAL

Setelah 30menit, 1 jam dan uang berhasil ditransfer.

Calon pembeli (korban) mulai curiga dan janggal nomor telepon, WA diblock + panik, selanjutnya konfirmasi ke pemilik mobil uang sudah ditransfer dan ini bagaimana? Tunggu sebentar , Jawab pemilik mobil.

pemilik mobil menghubungi penipu bahwa nanti uang pembayaran juga akan ditransfer setelah proses jual beli selesai… Ya, sama nomor pemilik mobil juga diblok / telepon direject.

Akhirnya korban dan pemilik mobil sadar bahwa mereka berdua kena tipu bersamaan oleh modus lama penipuan jual beli mobil bekas.

Solusi awal segera buat Laporan polisi terdekat dan jangan lupa juga laporkan no.telepon dan rekening bank sipenipu: DISINI.

 

Tips Menghindari penipuan mokas.

1.) Penjual mobil (pemilik mobil): jangan mudah percaya kepada orang asing yang ingin membeli mobil, atau menjadi makelar dengan modus mengaku keluarga, saudara, atau bahkan mobil diakui oleh orang lain. JUJUR dari awal dan semua akan selamat.

2.) Pembeli Mobil Bekas: Para pencari mobil bekas ini paling manjur , Jangan mudah terpesona harga murah dibawah harga pasaran karena ini adalah jebakan betmen oleh penipu untuk mendapatkan mangsa empuk.

Solusi Paling Manjur Terhindar Penipuan: Wajib Tanyakan Ulang Harga Jual Mobil Bekas Kepada Orang Yang Pegang Kunci, BPKB, STNK Mobil karena dia sesunggungnya Pemilik mobil asli.. nanti akan terbongkar fakta harga ASLI NYA.

Realistis, pakai logika Pastikan cek rekening, no teleon sebelum transaksi lewat tranfer pastikan yang di TF Uang adalah pemilik mobil asli dan kalau bisa biar lebih aman transaksi pakai uang cash.

 

Disclaimer

Modus penipuan mokas online ini mentargetkan pribadi yang menjual mobil dan showroom yang lengah atau kurang pengalaman dalam hal dunia TIPU2 / SCAM.

Semoga informasi ini berguna, dan sebarkan informasi ini admin berharap tidak banyak korban bahkan bisa hilang penipuan di dunia bisnis jual beli mobil bekas di Indoensia.

Updated: December 13, 2023