Optimasi Iklan Meta Facebook Ad Per Klik Tautan Rp10-50 (Murah)

Cara Optimasi setting iklan FB (Facebook) Meta Ads tujuan kampanye “Traffic” klik Tautan menuju Landingpage, Website Biaya Murah Rp10-50/1 klik.

Apakah cara seting optimasi iklan facebook, meta ads ini cocok untuk promosikan, iklan semua produk dan jasa, tentunya hasil akan berbeda mulai dari budget biaya iklan harian, hasil klik tautan dan performa iklan apakah efektif mendapatkan hasil yang dicapai seperti terjadi penjualan, lead atau konversi umum.

Iklan Meta, facebook Ads merupakan teknis seni promosi digital lewat sosial media yang membutuhkan kerjasama semua lini tidak bisa cuma deposit,  buat iklan, jalankan semua langsung berhasil dan mendapatkan profit dari iklan.

Perlu pemahaman lebih mendalam tentan Optimasi Facebook Ad sehingga tidak mendapatkan hasil Boncos, kerugian gagal dalam menjalan iklan yang artinya lebih besar biaya iklan dibandingkan profit / tujuan iklan tidak tercapai.

Tujuan kampanye Iklan : Traffic merupakan langkah pertama dalam session iklan dimana iklan mencari dan mendatangkan pengunjung ke landingpage, website dengan interest (Penargetan Minat) pada produk, jasa tertentu.

Pada materi ini admin tidak membahas panduan teknis berikan FB ads namun hanya memberikan tips, kisi2 cara yang efektif dalam seting iklan jika ingin belajar lengkap bisa tonton video youtube sudah banyak yang membahas nya.

 

Biaya CPC / BPK Facebook Ad

Secara umum harga, biaya iklan cpc atau bpk klik link tautan adalah Rp10-Rp500 / 1 klik, namun besaran biaya sangat dipengaruhi oleh nilai CTR untuk setiap Page view (Impresi) 1000x.

Laporan biaya per klik iklan tanpa optimasi biaya per klik Rp61

Faktor lainya berpengaruh pada harga iklan: target lokasi, tujuan kampanye dan target audiean demografi serta jenis iklan itu sendiri.

READ :  Review Kaskus : Forum Sepi Ditinggal Pengguna ?

Semakin besar nilai persentase CTR maka hasil biaya iklan menjadi sangat murah dan sebaliknya jika minat klik iklan sedikit biaya klik iklan akan sangat mahal.

 

Menentukan Produk/ Jasa yang dipromosikan

Temen2 bisa memilih produk atau jasa yang dipromosikan pada usaha dan bisnis masing, contoh pada iklan FB adalah menjual mobil bekas “kijang innnova tahun lama” dengan harga pasaran di angka 100 jutaan.

Buat Iklan + Seting FB Ad

Setelah deposit iklan minimal 200-500rb, maka langkah pertama mulai membuat iklan baru dengan memilih tujuan kampanya “traffic”. pada menu ini baikan semua setingan langsung menuju setingan selanjunya “SET Iklan”.

Menentukan Target Audiean (target yang melihat iklan) , anggaran belanja iklan harian, demografi (minat , lokasi, dan umur).

Contoh set iklan:

  • Budget iklan harian 35-50rb
  • Target Kinerja: maksimalkan jumlah klik tautan VS Maksimalkan jumlah tayangan halaman (situs) tujuan.
  • Minat : toyota kijang innova
  • Umur : 23 – 54 (sebenarnya target pembeli umur 30-50, namun kadang ada anak yang ingin mencarikan mobil untuk ortu umur 23 OK)
  • Lokasi target: kota terdekat masih 1 provinsi karena ingin dijual secara lokal (wonosobo, banjarnegara, purwokerto, magelang, jogja, semarang).
  • Penempatan iklan: fokus platfom facebook > beranda, marletplace, video, kolom kanan, kotak masuk messeger & hasil pencarian.

Keterangan:

Hasil terbaik hasil iklan klik tautan dan kunjungan real ke landingpage website bisa menggunakan target kinerja “Maksimalkan jumlah tayangan halaman (situs) tujuan” namun sebalum seting ini halaman landingpage wajib disematkan kode pixel FB untuk mengukur kenerja secara real dan nyata.

READ :  Youtube : Aset Digital & Peluang usaha semua orang

 

Buat Landingpage Iklan

Klik tautan menuju situs, website landingpage adalah cara paling efektif dimana iklan bisa dijelaskan secara detail lewat kalimat, gambar bahkan video namun harus simple dan informasi langsung pada tujuan.

Karena iklan ini hanya menjual 1 unit mobil bekas toyota innnova maka desain landingpage tidak perlu kelihatan profesional yang terpenting informasi lengkap detail + CTA chat ke WhtasApp.

Contoh landingpage sederhana: Buka Disini.

Pada tahap ini belum diperlukan Pixel untuk tujuan retargeting audien karena tujuan utama iklan hanya mendatangkan orang2 yang ingin membeli 1x mobil saja, namun jika tujuan jangka panjang atau bisnis showroom maka kode pixel menjadi wajib untuk target audiean di kemudian hari.

 

Buat Konten Iklan

Setelah situs, website landingpage selesai tahap terakhir adalah membuta konten iklan materi iklan bisa menggunakan 1 gambar atau video, namun rekomendasi 1 gambar saja.

Contoh iklan:

Format optimasi penulisan iklan:

  • Judul: Innova G 2005 Bensin Manual
  • Tekt Utama: Dana 90 jutan, sudah dapat Innova G 2005 bensin, surat lengkap pajak jalan, kondisi baik
  • Deskripsi: Promo Innova G Bensin 2005 biru, surat lengkap pajak panjang, kondisi baik.
  • Pesan CTA : Hubungi Kami, atau Selengkapnya.

 

Analisa Progress & Hasil Iklan

Setelah iklan facebook, meta berjalan biarkan 1 hari perlu dianalisa tentang respon jumlah klik, biaya per klik apabila hasilnya tidak bagus maka perlu diperbaiki konten iklan nya sehingga bisa mendapatkan banyak klik dengan biaya murah Rp10-50 / 1 klik , CTR ditas > 4%.

READ :  Ukuran Gambar Postingan Media Sosial dan Blog

Dari contoh hasil performa laporan iklan biaya per klik tautan bisa Optimasi lebih murah dari Rp67 menjadi Rp17 dengan cara edit target persona audiean iklan (jenis kelamin, umur, lokasi) serta Duplikat Iklan + Perbaikan konten iklan berdasarkan hasil laporan analisa iklan.

Cek Hasil iklan apakah sudah ada hasil calon pembeli yang mulai chat ke whatsapp untuk sekedar tanya2 atau bahkan sama sekali tidak ada, ini perlu menjadi perimbangan perbaikan informasi landingpage dan konten iklan dalam perbaikan, apakah harga terlalu mahal atau konten tidak menarik atau produk / jasa kurang diminati orang.

 

Kesimpulan

Berharap iklan facebook, meta ads langsung berhasil mendapatkan profit adalah salah, karena iklan di sosial media itu lebih kepada seni promosi baru yang menggabungkan produk, landingpage dan konten iklan menjadi satu kesatuan + waktu.

Setidaknya membutuhakn waktu 1-3 minggu hingga kinerja iklan FB bekerja secara maksimal disini diperlukan kehati-hatian dalam atur anggaran budget harian, apakah total budget kuat untuk minimal 3 minggu iklan atau 21 hari kedepan.

Contoh: 735.000 + ppn 11% adalah total budget untuk 3 minggu / budget harian Rp35rb @ untuk 1 iklan.

Updated: December 31, 2023