Fenomena Mie Gacoan Rame Pengunjung, Apa Rahasianya!

Mie Gacoan Laku keras rame pembeli rela antri panjang, apa karena lagi viral atau trending?

Review usaha kuliner makanan mie namanya “mie gacoan” kenapa bisa rame banget banyak sekali pembeli setiap hari 100-1000 orang setiap hari antri dari pagi bahkan sampai malam hari, apa penyabab & rahasia fenomena bisnis mie bisa laku sekali.

 

Tentang

Restoran Mie Gacoan ini berdiri pada awal tahun 2016 di Kota Malang, dan merupakan anak perusahaan PT Pesta Pora Abadi. Hingga akhir tahun 2022, Mie Gacoan telah mempunyai lebih dari 3000 karyawan yang bekerja pada puluhan toko di Indonesia dengan mayoritas cabang berada di pulau Jawa dan Bali.

Admin pernah coba datang ke salah satu restoran mie gacoan di kota semarang, jogja dan surabaya luar biasa antri panjang dan rame banget jadi penasaran apa yang sebenernya terjadi padahal hanya menjual mie kenapa bisa laku bgt khususnya pembeli anak muda generasi milenial dan Z.

Menurut IDNTimes:

Alasan kenapa Mie Gacoan ramai selanjutnya ialah desain outlet yang kekinian dan luas. Tentu saja, ini akan membuat pengunjung nyaman. Selain itu, outlet Mie Gacoan juga tersedia dalam di indoor atau outdoor. Oleh karena desainnya yang instagramable, banyak pengunjung mengabadikan momen selama makan.

READ :  Jadi YouTuber: 7 Cara membangun Channel 1000 Subscriber pertama

 

Menu Mie Gacoan

Menu yang dijual oleh resto mie Gacoan:

Mie Gacoan

Dimsum Gacoan

Restoran gacoan memiliki sedikit menu utama yaitu mie pedas dan dimsum, sukses membuat pelanggannya balik lagi dan lagi, padahal di resto lainya juga menjual menu sama namun tidak rame mie gacoan….

 

Menurut data trenasia restoran mie gacoan bisa rame pembeli ada 9 faktor setidaknya:

1.) Fenomena FOMO

Promo grand opening yang dibuat Mie Gacoan setiap peresmian outlet baru sukses membuat orang menjadi takut jika ketinggalan atau fear of missing out (FOMO). Bayangkan saja, ketika Anda lewat Anda akan menyaksikan antrian yang mengular di depan kasir dengan parkiran yang penuh dengan kendaraan pribadi maupun layanan delivery makanan.

Ketika membuka sosial media, semua teman Anda memposting restoran yang satu ini dan teman-teman Anda tak henti membicarakannya. Hal ini membuat orang akhirnya tertarik untuk mencoba beli karena penasaran.

2.) Fasilitas Resto Lengkap

Resto kuliner Anak muda ini juga memiliki beragam fasilitas mulai dari mushola yang lumayan luas, toilet yang bersih, wifi, colokan listrik hingga tempat cuci tangan, cuma sayang tempat parkir sempit kadang banyak pelanggan yang tidak bisa parkir.

3.) Kompetitor Mie Gacoan Sedikit

Tidak banyak kita menemukan makanan olahan mie pedas dengan toping yang lengkap dan tetap berharga murah. Hal ini yang membuat Mie Gacoan menang di antara para kompetitor.

Kompetitor yang sudah kalah saing pun menjadi lebih sedikit. Akhirnya, jika berbicara tentang mie pedas pasti Mie Gacoan lah yang muncul pertama kali di pikiran.

READ :  5 Tanda Kerusakan Alternator (dinamo ampere) mobil

4.) Banyak varian menu

Anda juga dapat memesan beragam menu seperti mie suit dengan rasa yang asin, dan mie hompimpa dengan rasa pedas asin, dan mie gacoan dengan rasa pedas manis.

Selain menu utama, Anda juga dapat menikmati beragam varian cemilan dimsum seperti pangsit goreng, siomay, udang keju, udang rambutan, dan lumpia udang.

5.) Harganya murah dan sama disemua outlet

Harga menu di Mie Gacoan yang murah membuatnya banyak dikunjungi beragam kalangan mulai dari pelajar, karyawan hingga keluarga. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 9.500 hingga Rp 11.500 saja untuk menu utama mie dengan porsi yang banyak dan topping yang melimpah.

Sedangkan untuk menu dimsum dan camilan, Anda cukup merogoh kocek Rp 8.500 hingga Rp. 9.500 saja.

6.) Memanfaatkan Media Sosial

Mie Gacoan menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube untuk memperkenalkan produk dan mempromosikan gerai-gerainya. Mie Gacoan juga sering mengadakan konten-konten menarik di media sosial, seperti giveaway atau challenge yang melibatkan konsumen.

7.) Bekerja Sama dengan Berbagai Pihak

Mie Gacoan berani mengambil kesempatan dan bekerja sama dengan produsen makanan lainnya untuk mengembangkan menu kolaborasi yang menarik. Selain itu, Mie Gacoan juga bekerja sama dengan berbagai event dan festival kuliner untuk memperkenalkan mereknya kepada lebih banyak orang.

Sebagai contoh Mie Gacoan yang tergabung dalam Festival Mie Pedas ViuiT yang memberikan diskon sebesar 40 persen dengan maksimal potongan harga sejumlah Rp 10 ribu.

READ :  Siswa SMK Garda Nusa gladi bersih upacara hari santri

8.) Fokus pada Pelayanan yang Baik

Mie Gacoan selalu memperhatikan pelayanan yang baik kepada konsumen. karyawan Mie Gacoan dilatih untuk memberikan pelayanan yang ramah dan baik kepada konsumen. Hal ini membuat konsumen merasa dihargai dan senang berkunjung ke gerai Mie Gacoan.

Mie Gacoan menekankan pentingnya pelayanan yang memuaskan dengan memberikan pelatihan khusus bagi karyawan mereka dalam memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pelanggan. Mereka juga menerapkan sistem komplain dan saran dari pelanggan agar bisa terus memperbaiki pelayanannya.

9.) Melakukan Kolaborasi

Mie Gacoan melakukan kolaborasi dengan selebriti dan influencer di media sosial. Mereka mengajak selebriti untuk mencoba menu Mie Gacoan dan mengunggahnya di akun media sosial mereka. Salah satu contohnya adalah saat Mie Gacoan berkolaborasi dengan salah satu selebriti Indonesia, Raditya Dika, untuk membuat video berjudul “Seenak Apa Mie Gacoan?”.

Kolaborasi ini sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas dan memperluas jangkauan pasar mereka. Kredibilitas brand juga jadi terangkat karena didukung oleh nama-nama terkenal.

 

Kesimpulan

Jika memang benar 9 faktor diatas yang menjadikan restoran mie gacoan rame diserbu pembeli setiap hari, admin rasa 9 faktor diatas sudah banyak diaplikasikan oleh resto2 lainya namun tetap hasilnya tidak seheboh mie gacoan ini.

Hasil analisa admin sementara: Mie Gacoan memiliki produk unik dengan karakter yang bisa jadi bahan baku mie khusus + bumbu (rahasia) dari produk mie instan lainnya. Gacoan menghadirkan berbagai varian rasa yang berbeda dari mie instan biasa, seperti rasa pedas, ayam bakar, rendang, dan lain-lain.

Sampai konten ini diterbitkan admin masih bertanya dalam hati, apa sebenranya yang menjadikan mie gacoan ini rame banget bahkan sampai hari ini khususnya di kota2 besar seperti: jakarta, bandung, semarang, jogja, surabaya.

Apakah 5-10 tahun kedepan mie gacoan pedas ini masih bisa bertahan dilidah konsumen, tentu kita buktikan sama2 dan hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Updated: December 16, 2023