SEO atau Google Adword ? Mana yang lebih Bagus

66 Shares

Strategi Promosi Online SEO / Adword

Sebelum masuk Topik utama, disini kita akan jelaskan arti, manfaat dan perbedaan nya terlebih dahulu.

SEO ( Search Engine Optimization )

Adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis oleh webmster / pakar seo yang bertujuan untuk meningkatkan volume trafik dan kualitas konten website & mendapatkan posisi terbaik tayang di halaman 1 google atau mesin pencari lainya.

 

Tujuan SEO

SEO = menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas #1, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang telah di analisa (riset) untuk ditargetkan.

Baca:  Riset keyword Potensial Banyak dicari Orang di Ahrefs

Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung Potensial.

Pengunjung bisa dikonversi menjadi calon costomer atau tujuan lainya, ini bisa diseting pada saat awal riset keyword + optimasi pembuatan konten.

OK, lanjut…

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat.

 

Keunggulan SEO

Lewat teknik SEO ibarat memiliki mesin promosi Gratis yang tidak pernah berhenti, dimana akan bekerja selama 24 jam Tayang di halaman Google.

Tidak terbatas Jumlah klik / kunjungan web sehingga dapat profit Unlimited dan hasil ROI lebih tinggi dibandingkan Google Ads untuk jangka panjang.

 

Kekurangan SEO

Ingat !! – SEO membutuhkan “perhatian khusus” merawat website / blog dengan berbagai cara yang di anjurkan oleh google seperti: update membuat artikel yang berkualitas, share ke sosmed, membangun link, dll.

SEO bukan cara instan menjadikan situs tayang di halaman 1 google, perlu proses, waktu dan evaluasi berkelanjutan.

Hasilnya dari progress seo tidak dapat di lihat dalam waktu hitungan jam bisa berminggu-minggu atau bahkan bulanan. Semua akan terlihat seiring berjalanya waktu

Solusi: menyewa jasa SEO untuk melakukan optimasi website hingga mencapai halaman satu google dengan baik, sehingga akan lebih fokus ke bisnis bukan teknis.

 

Produk periklanan PPC (Pay – per – Klik) yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan.

Google Ads adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

 

Jenis Google Ads / Adword

1. Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions, di mana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut.

2. Sistem PPC atau Pay Per Click, di mana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.

 

Keuntungan Beriklan di Google Ads

Anda tidak perlu sulit mencapai halaman 1 google untuk mendapatkan traffic pada website Anda. Website Anda akan tayang sesuai keyword yang Anda mau dalam hitungan jam, namun menggunakan Google Ads memerlukan dana yang relative besar.

Namun sebagai pebisnis online yang baik tentu Anda harus bisa menghitung Return Of Investment  jika menggunakan Google Ads ini.

 

Kekurangan Google Ads

Meskipun terlihat mudah, hanya menentukan keyword dan Anda akan mendapatkan trafik yang besar ke web Anda. Namun hal ini membutuhkan budget yang lumayan besar, disamping itu pengelolaan iklan juga harus tepat, jangan sampai tagihan kartu kredit Anda membengkak karena salah menargetkan keyword-keyword.

 

Ingat tidak semua bisnis / Jasa cocok menggunakan Model Iklan PPC Ads karena anda harus menghitung anggaran budget Iklan & Nilai ROI (return on investment), Supaya tidak Boncos !

 

Kesimpulan

Kedua Strategi / teknik digital marketing tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, prakter terbaik gabungkan keduanya,

Caranya:

Pada bulan pertama awal membangun bisnis dapat menggunakan Google Ads sebagai promosi dan membangun brand untuk awal.

Pada waktu yang bersamaan kerjakan SEO, setelah progress seo sudah terlihat hasil–nya maka iklan adword bisa anda hentikan atau dikurangi.

__Semoga bermanfaat !

Editor: | Update: Januari 7, 2019

Baca Juga:

8 thoughts on “SEO atau Google Adword ? Mana yang lebih Bagus

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      iya mas, lumayan panjang semoga tidak membosankan.

  1. Avatar for hasanhasan

    enak di baca untuk newbie seperti saya,,jadi pengen ikuta coursenya,, hehe

    Reply
    1. Avatar for AndreAndre

      iya kalau minat, dan serius silahkan saja mas..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *