Pilih KPR atau Sewa Rumah ? Keunggulan + Resiko

Beli Rumah KPR atau Sewa, Ngontrak Rumah mana lebih Untung.

Bingung, Bimbang menentukan Beli Rumah KPR (Hutang Bank) Atau Ngontrak saja ya, masalah ini sering menghampiri keluarga baru setelah menikah mulai kepikiran tempat tinggal sendiri = rumah karena ini kebutuhan primer.

 

Beli Rumah KPR

Keunggulan: Cukup Bayar % DP sudah bisa memiliki rumah sendiri , Enak Ya..

Persyaratan mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ke bank ribet dan tidak semua di ACC.

KPR artinya Kepemilikan properti rumah adalah investasi jangka panjang yang bisa menguntungkan jika selama masa kredit selesai, contoh 10-15 tahun lamanya

10-15 tahun bukan waktu sebentar, setiap bulan harus memikirkan cicilan,  jujur ini gak enak bgt.

Gagal bayar, rumah disita, lelang oleh pihak bank, menjadi resiko umum coba cek persentase KPR kredit macet di Indonesia khususnya generasi milenial pekerjaan lini swasta tidak tetap.

Kerja kalean apa ? PNS , Pegawai negeri…. Mana enak. he..he..

Boleh jadi KPR Rumah ini cocok untuk PNS atau P3K, Pegawai Negeri Gaji Rutin tetap setiap bulan.

 

Sewa Kontrak Rumah

Tidak usah pusing DP 0% rumah katanya, tinggal bayar sewa kontrakan rumah, sudah bisa menempati rumah namun status sewa (kontrak) ya.

Resiko: tidak memiliki kesempatan kepemilikan aset properti judulnya juga sewa, he..he.

Lebih tenang akhir bulan tidak gelisah memikirkan biaya sewa karena secara umum kontrak rumah sistem bayar tahunan, kalau yang sistem sewa bulanan gimana ? itu namanya Kost !

Beban hidup lebih ringan tidak ada hantu blau KPR gagal bayar, bisa pindah lokasi, kerja kapan saja & tidak terikat oleh perjanjian HUTANG.

Sisa penghasilan, Uang bisa ditabung mulai membuat rumah pribadi secara bertahap mulai beli tahah cari masih murah tidak harus pusat kota + nantinya bangun rumah harus bertahap tidak sekali jadi.

 

FAQ ?

Saya sudah terlanjut ambil KPR Rumah bagaimana ?

Jawab: Jika masih mampu bayar cicilan lanjutkan jangan patah arang, tidak dibenarkan menjual aset properti rumah yang status-nya hutang KPR kecuali kondisi daruat ekonomi. he..he..

Apakah rumah yang masih KPR bisa disewakan?

Jawab: Menyewakan rumah dalam kredit KPR sebenarnya tidak dianjurkan oleh pihak bank. Harus ada pemberitahuan dan persetujuan terlebih dahulu dari pihak bank.

 

Kesimpulan

KPR Rumah, atau sewa tujuan sama memiliki tempat tinggal yang membedakan penghasilan dan pekerjaan ini tidak ada yang pasti. Coba siapa bisa jamin bsok masih sehat, tidak dipecat kerja, PHK atau bisnis bangkrut semua itu mungkin.

Bayar Cicilan KPR rumah setiap bulan adalah pasti dan wajib…. renungkanlah.

Updated: September 21, 2023