RDP Windows vs Linux Pilih Mana ? + Manfaatnya

RDP Itu apa ?

Artinya sistem akses PC / Laptop Dekstop Jarak Jauh ( Remote Desktop Protokol ) pada awal sistem jaringan ini dikembangkan oleh Microsoft sehingga pengguna dapat terhubung ke komputer lain dari lokasi yang jauh.

Contoh saya ingin memiliki PC komputer ada di negara Amerika maka bisa buat RDP pakai VPS Server Amerikan dan saya Kontrol semua dari Indonesia.

Sekarang Linux Ubuntu menghadirkan Fitur RDP yanga diberinama xRDP bisa langsung di install pada VPS Desktop Ubuntu versi 18.xx ketas.

READ :  Cara Membuat, Install RDP di VPS Linux Server

 

RDP Windows vs Lunux Bagus mana ?

Semua bagus tergantung ingin pilih mana berdasarkan kebutuhan jika ingin menjalankan aplikasi berbasis windows desktop seperti Game bisa install VPS RDP sedangkan jika ingin menjalan aplikasi berbasis Lunux bisa pakai server VPS ubuntu menggunakan Xrdp.

 

Keunggilan & Kekurangan

  • VPS linux + Xrdp harga lebih murah, namun membutuhkan setingan, install manual SSH dan tidak semua orang awam bisa, aplikasi akses client dekstop : Remmina.
  • RDP server Windows harga lebih mahal, penggunaan sangat mudah langsung bisa koneksi dengan PC windows dirumah dengan aplikasi Remote Desktop Protokol.

 

Fungsi, Manfaat RDP

Ingin memiliki komputer online 24 jam dengan koneksi internet super cepat dan tidak perlu khawatir tentang pemadaman listrik, Suka game desktop online sebanyak yang Anda inginkan? Muat ulang file YouTube? Jingle? Jalankan aplikasi bot? Atau Anda ingin meng-host WordPress.

RDP dapat melakukan semuanya, tentu saja dengan pengaturan khusus. Dengan RDP Anda ingin memiliki PC dengan data teknis yang sangat baik. Selain itu, kecepatan akses Internet sangat tinggi dan bahkan ketika Anda sedang offline, sepanjang waktu online.


Updated: August 28, 2023