Kenapa Harus punya toko online (Olshop) sendiri ?

19 Shares

Apabila anda pelaku bisnis online khususnya bidang di E-Commerce (penjualan online) maka wajib mengerti pentingnya TOKO ONLINE sendiri bukan marketplace

Informasi ini sangat penting jika usaha / bisnis online kamu berfokus pada jangka panjang, dimana toko online {online shop} merupakan media atau lapak tempat memajang produk dagangan secara online dengan hak akses control, kebijakan konten dan kepemilikan 100%.

 

Punya toko online sendiri?

Bukankah sekarang telah ada marketplace seperti: Tokopedia, bukalapak, Shopee akan lebih simple dan mudah untuk menjual produk tanpa harus membuat toko online sendiri + Gratis.

Dulu sebelum kita mengenal lebih dalam tentang manfaat Toko online untuk bisnis dalam jangka panjang, marketpalce adalah wadah jualan no.1 (menjamin kepercayaan calon pembeli) dan bebas dari penipuan online.

MEMBANGUN BRAND – Marketplace dan situs gratis jual online lainya tidak bisa untuk membangun branding secara maksimal karena marketplace dicancang bukan untuk itu.

kamu hanya diberikan fasilitas akun, banner dan virtual toko untuk berjualan tanpa bisa merubah: mekanisme sistem, mendesain ulang template / layout secara full.

Salah 1 syarat branding agar calon pembeli bisa mengenal secara unik nama situs (domain), dll. Sedangkan Toko online pribadi memberikan fasilitas secara penuh, tinggal bagaimana kamu merancang sistem dan desain layout.

100% kendadi kebijakan ada ditangan kamu, khususnya dalam hal membangun Brand, Memberikan nilai lebih profesional dan Kredibilitas bisnis kepada calon customer

 

1. Flexibel Tentukan Harga Jual

Tidak perang harga secara langsung serta terhindar dari praktek persaingan pasar yang tidak sehat khususnya untuk jenis produk yang sama.

 

2. Dapat custome promosi

Lebih mudah Promosi (marketing) untuk memilih platfom dan calon market, contoh: anda tidak bisa memasang pixel Facebook Ads pada marketplace.

 

3. AMAN JANGKA PANJANG

Aman untuk bisnis jangka panjang, karena kepemilikan 100% dan tidak tergantung pada pihak ke-2.

 

4. TRUSTED

Sarana membangun kepercayaan customer secara real + solit lewat testimoni asli, pastinya ini membutuhkan proses dan waktu.

 

5. Cash Flow

Perputaran uang berjalan lancar, Tidak ada dana yang mengendap sehingga perputaran roda bisnis akan lancar. Beda hal untuk marketplace, dimana sistem pengendapan (menahan) uang akan mempersulit kelancaran bisnis khususnya penjual barang bekas.

Teknik ini didasari untuk memberikan kepercayaan kepada penjual & meminimalis penipuan online dimana sebelum barang diterima + sesuai deskripsi produk maka uang belum bisa di terima (withdraw) oleh si penjual.

Sesungguhnya penjual yang membuka lapak / toko di marketplace berarti “belum memiliki kepercayaan customer” karena masih mengandalkan sistem menahan dana.

 

Penegasan:

Masalah pengendapan dana (uang) menjadi perkara penting khususnya pelaku usaha (penjual online) modal minimum dan produk bekas yang membutuhkan mobilitas uang secara cepat. Marketplace akan menahan dana sekitar 4 – 7 hari.

Coba dihitung jika uang kamu ada 1 juta x 1 juta penjual lainya maka akan terkumpul Total dana (contoh: 1 triliun) yang di tahan oleh pihak marketplace, maka berapa bunga % yang di terima dalam 1 hari karena disimpan dalam bank, tentunya ini akan menguntungkan pihak marketplace dan merugikan penjual.

Pada dasarnya Marketpace TIDAK GRATIS karena terdapat sistem yang menguntungkan marketplace dengan cara menahan dana, iklan, member premium (2 fitur ini bersifat optional), namun jika kamu ingin mendapatkan fitur pendukung lainya maka wajib pasang iklan dan upgrade ke member premium.

 

DISCLAIMER

  • Membangun toko online, butuh waktu dan strategi tepat untuk bisa mendapat Trusted!
  • INI menjadi PR besar + Berat karena kita telah dimanjakan oleh marketplace yang semua serba ada & mudah.
  • Kerja keras & Inovasi menjadi kunci utama
  • Jika Fokus Tujuan ingin membangun Bisnis sekala besar maka Toko Online milik sendiri adalah jalan yang tepat !

__SEMOGA BISA BERMANFAAT.

Editor: | Update: Agustus 14, 2019

Baca Juga:

2 thoughts on “Kenapa Harus punya toko online (Olshop) sendiri ?

  1. Avatar for Owner Rak Sepatu .CoOwner Rak Sepatu .Co

    Ada tips promosi toko online yang efektif yang bisa dicoba saat-saat ini gak mas? Practically, Saya udah coba adwords, fb ads, promo sosmed, promo forum, on-page SEO, iklan baris. Tapi ngerasa masih belum maksimal ngehasilin trafik, apalagi konversi penjualannya. Makasih sebelumnya atas masukkannya.

    Reply
    1. Avatar for AndreasAndreas

      Pastikan kamu riset keywords secara tetap untuk hasil konversi bukan trafik, bangun SEO lebih kuat dan target pasar yang tepat..#SEO aja mas itu lebih dari cukup,jika dikerjakan secara tepat
      ——
      Semua media promosi diatas hanya pintu awal untuk datangkan calon pembeli, maka perlu plan tahap 2 yaitu tentukan buyer persona yang tepat dan spesifik serta coba maksimalkan lagi:
      1. kualitas produk, design website
      2. harga produk
      3. cara transaksi
      4. pelayanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *