15 Perusahaan Tambang Terkemuka di Kalimantan


Informasi industri pertambangan di tanah borneo kalimantan, Indonesia.

Kalimantan, pulau yang kaya akan sumber daya alam, memiliki peran penting dalam industri pertambangan di Indonesia. Berbagai perusahaan tambang beroperasi di wilayah ini, berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pasokan global.

Daftar Perusahaan tambang kalimantan

Berikut adalah 15 nama perusahaan tambang terkemuka di Kalimantan yang memiliki dampak signifikan dalam industri ini.

1. PT Adaro Energy Tbk: Merupakan salah satu produsen batu bara terbesar di Indonesia, dengan operasi utamanya berada di Kalimantan Selatan. Adaro Energy telah lama menjadi pemain kunci dalam pasar batu bara global.

2. PT Kaltim Prima Coal (KPC): Berlokasi di Sangatta, Kalimantan Timur, KPC adalah salah satu tambang batu bara terbesar di dunia. Perusahaan ini terkenal karena operasi pertambangannya yang efisien.

3. PT Berau Coal Energy Tbk: Berfokus pada produksi batu bara, perusahaan ini beroperasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Berau Coal Energy juga berinvestasi dalam upaya keberlanjutan dan lingkungan.

4. PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG): Salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia, ITMG memiliki tambang di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Mereka juga aktif dalam bidang energi terbarukan.

5. PT Bukit Asam Tbk: Perusahaan ini fokus pada tambang batu bara dan memiliki operasi di Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan. Namun, Bukit Asam juga beroperasi di Kalimantan Timur.

6. PT Arutmin Indonesia: Sebuah anak perusahaan Bumi Resources, Arutmin adalah produsen batu bara dengan operasi di Kalimantan Selatan. Perusahaan ini telah lama berkontribusi pada industri pertambangan.

7. PT Bayan Resources Tbk: Memiliki tambang batu bara di Kalimantan Timur, Bayan Resources juga berinvestasi dalam diversifikasi bisnis untuk mengurangi ketergantungan pada komoditas tunggal.

8. PT Kideco Jaya Agung: Terletak di Kalimantan Timur, Kideco Jaya Agung adalah salah satu produsen batu bara terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini terkenal karena komitmen pada praktik pertambangan yang berkelanjutan.

9. PT Thiess Contractors Indonesia: Sebagai kontraktor tambang terkemuka, Thiess beroperasi di berbagai lokasi di Indonesia, termasuk Kalimantan. Perusahaan ini terlibat dalam pengoperasian tambang atas nama klien.

10. PT Tanito Harum: Beroperasi di Kalimantan Timur, perusahaan ini fokus pada produksi batu bara. Tanito Harum juga menunjukkan kepedulian pada tanggung jawab sosial dan lingkungan.

11. PT Petrosea Tbk: Petrosea adalah perusahaan jasa pertambangan yang menyediakan layanan mulai dari eksplorasi hingga operasi tambang. Mereka memiliki kantor dan operasi di Kalimantan.

12. PT Pamapersada Nusantara: Sebagai bagian dari Astra Group, Pamapersada menyediakan layanan pertambangan dan kontraktor untuk berbagai sektor, termasuk batu bara di Kalimantan.

13. PT Bara Jaya Internasional Tbk: Berfokus pada pertambangan batu bara, perusahaan ini memiliki tambang di Kalimantan Selatan. Mereka juga mempertimbangkan diversifikasi usaha.

14. PT Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk: Selain batu bara, perusahaan ini juga terlibat dalam logam dan mineral. Berbasis di Kalimantan Timur, mereka mengejar pertambangan yang bertanggung jawab.

15. PT Harum Energy Tbk: Berfokus pada produksi dan penjualan batu bara, Harum Energy memiliki operasi di Kalimantan Timur. Perusahaan ini juga peduli pada aspek sosial dan lingkungan.

Sektor industri pertambangan di Kalimantan

Ada banyak sektor industri pertambangan di Kalimantan meliputi berbagai komoditas dan aktivitas yang berkontribusi pada ekonomi daerah, nasional, dan bahkan global. Beberapa sektor industri pertambangan yang terdapat di Kalimantan meliputi:

  • Batu Bara: Kalimantan memiliki cadangan batu bara yang melimpah, dan sektor ini menjadi salah satu yang paling dominan. Tambang-tambang batu bara di Kalimantan menghasilkan jutaan ton batu bara setiap tahun, dengan lokasi terkemuka seperti Sangatta, Tanjung Bara, dan Melak.
  • Emas dan Logam Berharga: Tambang emas, perak, dan logam berharga lainnya juga beroperasi di Kalimantan. Tambang emas terbesar termasuk Martabe di Sumatera Utara (dekat Kalimantan Utara) dan beberapa lokasi di Kalimantan sendiri.
  • Timah: Meskipun sebagian besar produksi timah berasal dari Bangka-Belitung, beberapa tambang timah juga ada di Kalimantan Selatan, seperti di Pulau Sebuku.
  • Nikel dan Logam Non-Ferrous: Kalimantan memiliki cadangan nikel yang penting, dan sejumlah tambang nikel beroperasi di pulau ini.
  • Minyak dan Gas Bumi: Selain pertambangan mineral, Kalimantan juga memiliki potensi minyak dan gas bumi. Terdapat kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas di beberapa daerah di Kalimantan Timur dan sekitarnya.
  • Pasir Silika dan Mineral Industri Lainnya: Beberapa daerah di Kalimantan juga memiliki potensi pasir silika, kaolin, dan mineral industri lainnya yang digunakan dalam berbagai sektor industri seperti kaca, keramik, dan konstruksi.
  • Batu Kapur: Tambang batu kapur juga hadir di Kalimantan, digunakan dalam industri konstruksi dan manufaktur.
  • Pasir dan Kerikil: Material ini diperlukan dalam proyek konstruksi, dan tambang pasir dan kerikil ada di beberapa bagian Kalimantan.
  • Mineral Energi Lainnya: Selain batu bara, ada potensi untuk eksploitasi mineral energi lainnya seperti gas alam terkompresi (CNG) dan sejenisnya.
  • Mineral Industri Lainnya: Berbagai mineral lainnya seperti kaolin, dolomit, feldspar, dan lainnya juga diekstraksi dari beberapa lokasi di Kalimantan.

Penutup

Perusahaan-perusahaan tambang ini adalah sebagian dari jaringan industri pertambangan yang kompleks dan penting di Kalimantan.

Meskipun kontribusi ekonomi mereka signifikan, penting bagi mereka untuk terus mengembangkan praktik yang berkelanjutan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan masyarakat sekitar.


Updated: September 26, 2023