Obati asam lambung : umbi garut, daun kelor, dan susu etawa


Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) ,Penyakit Yang menyebebkan rasa terbakar (Lambung Perih) di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan secara umum gejala penyakit asam lambung muncul minimal dua kali dalam seminggu.

 

Asam Lambung Naik

Penyebab Asam lambung Naik :

Penyakit asam lambung terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Gejala Asam Lambung :

Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada, lambung perih yang bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring. Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, maag dan sesak napas, serta mulut terasa asam.

 

Pengobatan Asam Lambung

GERD (Asam Lambung) dapat diatasi dengan mengubah perilaku sehari-hari, seperti menurunkan berat badan, tidak langsung berbaring setelah makan, menjauhi makanan tertentu, termasuk buah yang asamdan berhenti merokok.

Sekarang banyak sekali obat asam lambung diapotek mulai merk A – Z, namun tentu obat jenis ini memiliki efek samping sehingga tidak cocok untuk semua orang.

Cara terbaik obati asam lambung adalah secara bertahap pakai bahan (ramuan) herbal , selain tidak ada efek samping aman jangka panjang.

Beberapa tanaman herbal berkhasiat atasi masalah lambung perih atau asam lambung, seperti:

  • jahe, umbi garut,
  • Daun kelor,
  • Susu Etawa diklaim bermanfaat untuk mengatasi penyakit asam lambung.

 

Umbi Garut

Garut, ararut atau irut adalah sejenis tumbuhan berbentuk terna yang menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Manfaat umbi Garut yang pertama adalah dapat mengobati masalah lambung / Lambung Perih.

Kandungan pati umbi Garut ternyata dapat meningkatkan pH lambung, sehingga dapat mengurangi jumlah dan keparahan sakit maag.

 

Daun Kelor

Daun Kelor atau merunggai adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti: limaran, moringa, ben-oil, drumstick, horseradish tree, dan malunggay.

Sebuah penelitian menyatakan jika daun kelor efektif meredakan gejala dan meningkatkan prognosis pada seseorang yang mengidap gangguan asam lambung.

Kandungan dari daun ini dapat bekerja untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh penumpukan Helicobacter pylori dan meningkatkan resistensi tubuh.

 

Susu Etawa

Susu murni berasal dari kambing betina etawa, Susu kambing adalah susu yang dihasilkan setelah melahirkan, dalam jangka waktu 0-3 hari dihasilkan susu kolostrum yang mengandung sangat banyak zat gizi & nutrisi lainya.

Susu kambing etawa memiliki kandungan alkali yang aman bagi penderita asam lambung dan sekaligus mencegah maag. Membantu diet, mengingat susu ini baik untuk sistem pencernaan, susu ini bisa dimasukkan dalam program diet.

 

Nutriflakes

Kabar baiknya sekarang di Indonesia telah tersedia produk olahan terbuat dari bahan utama umbi garut, daun kelor, susu etawa berbentuk sereal, bisa dikonsumsi + menjadi obat asam lambung, yaitu: Sereal umbi garut Nutriflakes.

 

Kapan asam lambung Sembuh?

Banyak sekali pertanyaan : Berapa lama asam lambung sembuh ? Setelah menjalani pengobatan serta konsumsi makanan herbal atau obat khusus asam lambung kita berharap penyakit ini bisa sembuh segera.

Namun sayangnya tidak ada patokan pasti waktu, berapa lama asam lambung GERD dan tukak lambung bisa sembuh.

 

Disclaimer Pengobatan

Tentu, masa penyembuhan setiap orang bisa sangat bervariasi, bisa sekitar 1-2 bulan bahkan lebih atau kurang, tergantung keparahan penyakit Anda, penyebab yang mendasarinya, penanganan yang dilakukan untuk mengatasinya, dan juga kondisi kesehatan Anda secara umum.

Updated: July 2, 2023