Tugas & Kerja Debt Collector Finance / Leasing

Arti Debt collector / DC sebetulnya istilah yang berasal dari “debt collection” yang artinya proses menagih pembayaran terhadap debitur yang berutang kendaraan motor atau mobil, pada kasus ini memiliki tagihan pada lembaga keuangan finance [leasing].

Tugas kerja Debt collector Finance

Secara umum tugas kerja Debt collector mencari para debitur yang berutang dalam status macet, nunggak (tidak membayar hutang) selanjutnya memberi peringatan kepada debitur agar membayar hutang atau menyita objek kredit seperti motor atau mobil.

Debt collector saat ini lebih trend dengan nama MATEL atau mata elang tugas mereka memantau kendaraan yang berkeliaran di jalanan motor & mobil.

Anggota MATEL / mata elang mencari kendaraan yang status menunggal cicilan, ngemplang, macet lebih dari 4 bulan di jalanan atau tempat ramai, Teknis pencarian menggunakan alat (aplikasi) HP android “MATA ELANG Apps“.

Mekanisme kerja Debt collector Matel

FInance atau Leasing menjadi Lembaga pembiayaan resmi yang mempekerjakan debt collector secara outsourcing untuk menagih utang.

Pengertian Outsourcing berarti alih daya di mana debt collector sebagai pekerja adalah pihak ketiga yang bekerja kepada leasing di bagian tertentu.

Para debt collector ini biasanya disediakan oleh agensi penyalur atau bisa juga pekerja perorangan yang bekerja pada leasing dengan status outsourcing.

Debt collector mata elang banyak digunakan oleh leasing karena kasus tunggakan kredit motor ini memang sangat banyak terjadi dan memerlukan keahlian penglihatan. Penghasilan debt collector ini tergantung dari banyaknya debitur atau kendaraan yang berhasil mereka tarik.

Debt collector Matel Adalah kerja Team

Anggota DC / Matel akan bergerombol di sekitar perempatan jalan, mereka itu belum tentu orang yang tidak punya kerjaan, mereka adalah debt collector mata elang yang sedang mengamati kendaraan (motor & mobil) yang lewat satu per satu, secara umum mereka biasanya bergerombol 4-10 orang.

READ :  Melamar Kerja Sopir, Driver Pribadi SIM A

Pekerjaan ini tentunya membutuhkan kejelian dan konsentrasi tinggi untuk mengingat ciri fisik dan nomor polisi kendaraan yang sedang mereka cari menggunakan aplikasi mata elang.

Kerja Lapangan Debt Collector vs Debitur

Mata elang sedang beroperasi di perempatan jalan, ada kendaraan yang menunggak pembayaran ketemu. Yang dilakukan oleh debt collector ini adalah langsung starter kendaraan dan mengejarnya.

Jika Unit motor, mobil debitur tertangkap, debt collector akan memberikan bukti tunggakan pembayaran dan bertanya apakah debitur mau melunasi atau tidak.

Namun jika debitur bersedia melunasi, debt collector akan membawanya kendaraan langsung ke kantor cabang leasing terdekat untuk melakukan pembayaran.

Adakalanya debt collector langsung menarik kendaraan tersebut karena debitur dianggap tidak kooperatif, misalnya tunggakan terjadi berbulan-bulan atau tahunan maka kendaraan akan langsung diamankan dan segara masuk proses persidangan negeri guna mendapatkan status kepemilikan yang syah.


Updated: March 13, 2023