Hak dan Jenjang Karir Pekerja Disabilitas dalam Pekerjaan

Semua manusia mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing, bukan hanya secara fisik tapi, secara non fisik pun ada, yang terpenting kita mampu memanfaatkan kekurangan itu menjadi kelebihan.

Dalam hal ini seperti seorang difabel atau disabilitas, mereka secara fisik mungkin mempunyai kekurangan, tapi tidak menutup kemungkinan kemampuan yang lain dia mampu dan menguasai.

Tidak perlu khawatir bagi seseorang yang difabel bisa mendapatkan haknya sesuai dengan aturan Undang-Undang yang tercantum yaitu Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang penyandang cacat.

 

Kesempatan yang diperoleh oleh Disabilitas

Disebutkan juga di dalam UU Nomor 4 Tahun 1997 tentang penyandang cacat bab 3 pasal 6 bahwasanya penyandang disabilitas berhak untuk mendapatkan kesempatan dalam segala aspek dalam hidupnya yaitu:

  • Pendidikan pada semua satuan, jalur, jenis, dan jenjang pendidikan;
  • Pekerjaan dan penghidupan yang layak sesuai dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan, dan kemampuannya;
  • Perlakuan yang sama untuk berperan dalam pembangunan dan menikmati hasil-hasilnya;
  • Aksebilitas dalam rangka kemandiriannya;
  • Rehabilitasi, bantuan sosial, dan pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial; dan
  • Hak yang sama untuk menumbuhkembangkan bakat, kemampuan, dan kehidupan sosialnya, terutama bagi penyandang cacat anak dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.
READ :  Info Gaji Karyawan PT. IMIP Morowali

 

Hak Pekerja Difabel atau Disabilitas

Bukan hanya itu, ada beberapa hak pekerja disabilitas yang harus diperoleh dalam dunia pekerjaan yaitu sebagai berikut:

  • Hak memperoleh pekerjaan yang diselenggarakan pemerintah tanpa ada informasi yang mendiskriminasikan haknya;
  • Hak memperoleh upah sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati tanpa dibedakan dengan pekerja lainnya;
  • Hak memperoleh akomodasi dan fasilitas yang sesuai dan layak;
  • Hak memperoleh tidak didiskriminasi dalam pekerjaan;
  • Hak memperoleh kesempatan untuk ditempatkan diposisi yang adil, proposional dan tidak dibedakan;
  • Hak memperoleh hak untuk mengembangkan karirnya seperti dalam mempromosikan jabatan yang tersedia sesuai dengan kemampuannya.

 

Janjang karir untuk disabilitas dalam Dunia Kerja

Selanjutnya adalah karir yang cocok untuk disabilitas. Selagi kamu memiliki kemampuannya dan kamu berhak mendapatkan kesempatan dan posisi tersebut. yuk simak apa saja sih yang cocok lowongan pekerjaan yang cocok berikut adalah daftar pekerjaannya:

  1. Penulis
READ :  Persiapkan Fresh Graduate dapatkan Pekerjaan

Ini menjadi peluang yang sangat besar bagi penyandang disabilitas jika mempunyai kemampuan dalam kepenulisan, silakan untuk mengembangkan diri dengan terus belajar dan mencoba dalam bidang kepenulisan.

Siapapun bisa menjadi seorang penulis tidak memandang apapun. Bidang penulisannya bisa berbentuk penulisan atikel, jurnal, novel dan semua bidang apapun yang sesuai kemampuan.

  1. Bidang Musik

Bidang musik juga cocok bagi disabilitas yang mempunyai jiwa musik yang tinggi. Sebenarnya bermusik adalah hak semua orang, ketika kamu memiliki kelebihan suara yang indah, bagus, unik kamu bisa menjadi penyanyi.

Atau kamu mempunyai kemampuan dalam bidang bermain alat musik hingga bisa menciptakan lagu, kamu bisa terjun di dunia musik dan berkarir di sana.

  1. Bidang Seni

Banyak penyandang disabilitas yang menekuni bidang seni, seperti seni lukis, seni potret dan semua yang berkaitan tentang seni. Kamu bisa mengembangkan diri di bidang seni yang dapat dipelajari secara otodidak.

  1. Bidang Olahraga

Siapa yang tidak tahu dengan olimpiade paralimpik? Ini merupakan olimpiade yang diadakan khusus untuk penyandang disabilitas bahkan ini disorot oleh masyarakat dunia. Tidak ada alasan lagi untuk mengembangakn diri di bidang ini, kamu bisa berkarir dan menekuni bidang olahraga, pilih cabang olahraga yang sesuai kemampuan yang kamu miliki.

  1. Pegawai Negeri Sipil
READ :  Kontak HRD Yayasan Eka Prima

Perlu kamu ketahui, bahwa pemerintah diwajibkan membuka lowongan pekerjaan untuk disabilitas dan kesempatan karir di setiap channel yang dimiliki termasuk dalam rekrutmen untuk PNS.

  1. Staf Admin

Sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sebagai staf admin untuk itu, kamu yang mempunyai kemampuan ini bisa melamar dikarenakan ini merupakan peluang untuk kamu.

  1. Staf Operasional

Menjadi staf operasional untuk penyandang disabilitas bisa dilakukan, yang terpenting bisa melakukan pekerjaan dengan baik dan senantiasa untuk mau belajar dan mengembangkan diri.

  1. Staf Keuangan

Sekarang banyak sekali perusahaan-perusahaan membuka lowongan pekerjaan untuk disabilitas. Hal ini menjadi kesempatan emas untuk para disabilitas memanfaatkan peluang untuk bisa mengikuti dan mendaftarkan diri bekerja diperusahaan.

 

Penutup

Itulah beberapa hak dan jenjang karir pekerja disabilitas dalam lowongan pekerjaan. Sebenarnya masih banyak lagi jenjang karir dan lowongan pekerjaan yang bisa dimanfaatkan dan dapat menguntungkan.

Bukan hanya yang disebutkan di atas saja oleh karena itu, tetaplah berjuang dan bertahan dalam kehidupan yang menuntut untuk tetap hidup dalam gempuran ketidakpastian.

Update : 14 Aug, 2023