Pentingnya Bahasa Inggris dalam dunia kerja

Untuk menarik para pencari kerja strategi yang efektif dalam proses rekrutmen yaitu dengan melakukan iklan lowongan pekerjaan. Kebanyakan dari perusahaan melakukan iklan lowongan pekerjaan bertujuan untuk menyebarkan informasi tentang adanya peluang pekerjaan.

Kualifikasi pekerjaan biasanya bersifat variatif dan unik sesuai dengan kebutuhan badan usaha pemberi kerja. Namun, ada beberapa perusahaan mengharukan calon tenaga kerjanya mempunyai keterampilan berbahasa inggris dan iklan lowongan pekerjaan ditulis dengan bahasa inggris.

 

9 Manfaat Bahasa Inggris dalam dunia kerja

Berikut adalah manfaat & penting-nya bahasa inggris yang diperlukan dalam dunia kerja yaitu:

  1. Mampu memberikan presentasi secara lisan dengan menggunakan bahasa Inggris

Dalam proses rekrutmen mempunyai kualifikasinya tersendiri salah satunya mampu berbahasa inggris baik secara lisan atau non lisan. Biasanya proses melakukan tes kemampuannya dengan mencoba mempresentasikan diri dengan bahasa inggris.

Dari hal ini akan dinilai layak atau tidak untuk masuk ke dalam perusahaan yang membutuhkan ketrampilan berbahasa inggris.

  1. Mampu menulis dan memahami dokumen resmi perusahaan

Ini menjadi tolak ukur setiap pencari lowongan pekerjaan yang mana diwajibkan untuk bisa menulis dan memahami dokumen resmi perusahaan yang berbahasa inggris. Hal ini akan menjadi nilai plus bagi pencari pekerjaan jika memang bisa membaca dan menulis dengan berbahasa inggris.

  1. Mampu mendengarkan presentasi lisan dengan baik

Kemampuan mendengarkan bahasa inggris sangat diperlukan. Dikarenakan saat ini kebanyakan orang-orang menggunakan bahasa inggris sebagai komunikasi dan memang bahasa inggris menjadi bahasa internasional dimana semua orang mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris.

READ :  Yayasan Bina Asih : Penyalur PRT, BabySitter Magelang Sekitar

Mampu mendengarkan presentasi bahasa inggris menjadi nilai plus pada pencari pekerjaan. Oleh karena itu, usahakan untuk bisa kuasi bahasa inggris sebagai penunjang diri diterimanya dalam perusahaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa inggris.

  1. Mampu membaca buku petunjuk dan manual

Kemampuan berbahasa inggris menjadi tuntutan dalam dunia kerja. Perusahaan membutuhkan orang-orang yang ahli berbahasa inggris seperti untuk membaca buku petunjuk dan manual. Dalam hal ini perlu dikuasai kemampuan berbahasa inggrisnya.

  1. Mampu berkomunikasi dengan klien atau relasi kerja

Komunikasi adalah hal yang penting untuk dunia kerja. Melakukan komunikasi yang baik akan memberikan pemahaman yang baik juga, apalagi dunia kerja yang menuntut melakukan komunikasi dengan bahas inggris.

Kemampuan ini harus dimiliki oleh para pegawai kerja dikarenakan sebagai penunjang untuk melakukan komunikasi dengan klien dan menambah relasi kerja yang banyak.

  1. Mampu memimpin pertemuan dan melakukan negosiasi

Menggunakan bahasa inggris dalam melakukan interaksi sangat menunjukkan value pada diri seseorang. Seperti ketika seseorang mampu melakukan pertemuan dan negosiasi dengan klien yang mengharuskan menggunakan bahasa inggris, maka jika kita sudah bisa berbahasa inggris hal itu akan memudahkan dalam urusan perkerjaan.

  1. Mampu berkomunikasi dengan kolega

Bukan hanya berkomunikasi dengan sesama klien saja, melainkan perlu juga melakukan komunikasi dengan kolega menggunakan bahasa inggris. Tujuannya agar terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam dunia pekerjaan.

  1. Mampu melakukan korespondensi
READ :  Cara menanyakan Lowongan Kerja lewa WA , Email

Berbahasa inggris juga digunakan dalam korespondensi untuk menyampaikan maksud melalui surat dari pihak kepada pihak lainnya. Kemampuan ini sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan.

  1. Mampu mencari dan memahami informasi dari Internet

Banyaknya informasi internet bukan hanya berbahasa Indonesia melainkan ada beberapa menggunakan bahasa asing salah satunya menggunakan bahasa inggris. Oleh karena itu pentingnya kemampuan bahasa inggris dalam menggali dan mencari informasi di internet.

 

Penutup

Nah… itulah keterampilan bahasa inggris yang diperlukan dalam dunia kerja yang sangat ditekankan bagi pelamar kerja.

Sebelum melamar pekerjaan di tempat yang diharuskan mempunyai kemampuan berbahasa inggris maka, kamu harus bisa menguasai dan mampu berbahasa inggris. Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti kursus berbahasa inggris agar ketika melamar pekerjaan sudah siap.


Updated: March 4, 2023