10 Persiapan Sebelum Mencari Lowongan Pekerjaan

Segala sesuatu memang harus dipersiapkan. Dalam hal ini untuk mendapatkan pekerjaan yang minati harus dengan persiapan yang matang. Banyak yang harus diolah baik itu kemampuan yang dimiliki atau kemampuan lainnya sebagai penunjang diri.

Mencari lowongan pekerjaan bukanlah hal yang mudah, banyak ratusan orang yang sama-sama mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan yang minati.

Oleh karena itu, kamu harus bisa bersaing dengan baik, serta mempersiapkan diri agar bisa mendapat pekerjaan sesuai yang kamu sukai. Berikut adalah cara mempersiapkan diri sebelum mencari lowongan pekerjaan.

Persiapan Sebelum Mencari Lowongan Pekerjaan

  1. Bikin CV yang menarik

CV menjadi point penting untuk pendaftaran pekerjaan. Dikarenakan semua instansi yang membuka lowongan pekerjaan akan melihat lebih awal dari CV yang kamu punya. Usahakan CV mu benar-benar menjual dan menarik orang untuk membacanya.

Cantumkan semua pengalaman yang kamu punya, bukan hanya pengalaman pekerjaan tetapi pengalaman lainnya seperti pernah mengikuti event, organisasi, dan segala jenis pengalaman yang layak dicantumkan di CV

Pastikan juga semua informasi di CV mu up todate ya, jangan sampai menjadi sebuah keteledoran sehingga menghilangkan kesempatan untuk kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

  1. Perluas networking atau relasi

Membangun relasi dengan profesional di sekitarmu akan memberikan dampak yang baik untuk kamu. Dalam dunia kerja peran relasi sangat penting terhadap kesuksesan karier kamu ke depannya.

Lewat relasi, kamu bisa membuka berbagai peluang dan kesempatan baru yang mungkin bisa meningkatkan keterampilan kamu atau sekadar mendapatkan informasi.

  1. Membangun personal branding yang kuat

Personal branding sangat penting untuk membangun diri. Usahakan kamu mempunyai kepribadian yang baik dan menyenangkan serta memberikan feedback yang tidak merugikan. Selalu jaga sikap dan sifat yang baik ini menjadi faktor penting untuk mendapatkan pekerjaan.

  1. Cari lowongan pekerjaan sesuai skill

Mencari lowongan sesuai dengan skill dan kemampuan yang kamu miliki. Bukan hanya memberikan feedback yang baik untuk diri kamu, kamu juga berhasil membuat CV yang menarik dikarenakan kemampuan kamu yang sesuai dengan skill yang kamu miliki.

Untuk memudahkan mendapatkan lowongan pekerjaan kamu bisa cari di mesin pencarian dengan memfilter yang sekiranya sesuai dengan skill kamu dan pengalaman kamu dengan mengetikkan keyword tertentu di mesin pencarian.

  1. Lamar lowongan pekerjaan melalui banyak platform

Persiapkan selanjutnya yaitu kamu harus bisa melamar di berbagai platform agar kamu mempunyai kesiapan ketika di satu platform tidak diterima kamu masih mempunyai di platform-platform lainnya.

Banyak sekali platform yang menyediakan lowongan pekerjaan, oleh karena itu, kamu jangan terfokus pada satu tempat saja, melainkan kamu bisa mendaftar di banyak platform.

  1. Tingkatkan kemampuan

Meningkatkan kemampuan adalah kunci untuk menunjukkan diri kamu kepada orang lain. Dengan meningkatkan kemampuan dan juga skill menjadi salah satu persiapan yang harus kamu lakukan agar saat melamar pekerjaan kamu bisa dilirik oleh HRD.

Di sela-sela kamu mencari pekerjaan atau sibuk dengan urusan yang lainnya kamu bisa terus mengasah skill yang kamu punya dengan memanfaatkan waktu yang baik sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan bisa jadi kamu tidak akan di tolak ketika mendaftar pekerjaan.

  1. Lakukan latihan interview

Interview bukanlah hal yang mudah untuk kamu yang tidak pernah mengalaminya. kamu bisa lakukan latihan interview agar tidak gugup ketika proses interview kerja ketika kamu mendapat panggilan dan melakukan interview dan kamu sudah siap karena kamu sudah mempersiapkan jauh-jauh hari.

Kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan mempelajari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ketika sesi interview serta bagaimana cara menjawab dengan baik.

Ketika interview kamu juga bisa ceritakan kemampuan yang kamu miliki untuk ditunjukkan agar kamu bisa dipercaya dan diperkenankan lolos dalam tahap ini dan diterima kerja dengan mudah.

  1. Ciptakan support system untuk dirimu sendiri

Support system sangat penting untuk menunjang kesemangatan dikarenakan bisa jadi orang-orang yang mendukungmu adalah alasan kamu untuk bertahan dalam gempuran kehidupan.

Oleh karena itu, ciptakan support system yang baik agar kamu lebih semangat untuk terus mempersiapkan diri menjadi yang lebih baik lagi.

  1. Ikuti pelatiha dan sertifikasi

Sebelum melamar pekerjaan, kamu perlu ini mengikuti pelatihan-pelatihan sesuai bidang yang kamu minati. Dengan beragam pelatihan dan sertifikasi itu membuat kamu bisa menambah kompetensi sebelum terjun ke dunia pekerjaan.

Memiliki sertifikasi yang diaku dan mempunya nilai “nilai jual” dalam proses rekriuitmen, hal ini menjadikan peluang besar bagi kamu.

  1. Ikuti acara job fair

Acara ini merupakan pameran di mana recruiter mencari kandidat prospektif. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk mendapatkan lowongan pekerjaan.

Akan tetapi sebelum kamu mengikuti acara ini, usahakan sudah mempersiapkan CV, resume, dan portofolio dan data-data lainnya yang memang penting untuk dibawa. Hal ini berkesempatan untuk bisa mendapatkan pekerjaan dan langsung walk in interview.

 

Penutup

Itulah 10 hal ini yang harus dipersiapkan sebelum mencari lowongan pekerjaan. Jangan lupa untuk terus berani mencoba dan jangan pantang menyerah.

Meluangkan waktu untuk mempersiapkan diri adalah cara terbaik untuk menghadapi tantangan di masa depan. Semoga bermanfaat artikel ini, mulailah untuk sedikit demi sedikit untuk mencari lowongan pekerjaan. Semoga berhasil!

Updated: February 16, 2024