20 Pekerjaan Sampingan, Cocok Untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mudah, karena tidak semua mahasiswa bisa fokus untuk belajar. Ada beberapa mahasiswa yang dituntut untuk mandiri secara finansial di mana ia harus mencari pekerjaan untuk membiayai kuliah dan kehidupannya.

Pekerjaan sampingan menjadi solusi utama untuk mahasiswa yang harus memenuhi kebutuhan hidupnya. Pekerjaan yang sering disebutkan part-time dan freelance. 

 

20 Pekerjaan Sampingan Mahasiswa

Berikut adalah 20 pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa yuk, simak penjelasannya!

  1. Guru Les atau Tutor

Tidak sedikit mahasiswa yang mempunyai pekerjaan sampingan sebagai seorang pengajar baik itu guru les atau tutor. Di sini tidak perlu mempunyai nilai akademik yang sempurna, cukup kamu punya keahlian di mata pelajaran yang diampu sudah lebih dari cukup untuk menjadi seorang guru les atau tutor.

Bukan hanya di bidang pelajaran saja, melainkan jika kamu mempunyai skill lain seperti dibidang kesenian, alat musik atau apa pun itu bisa dimanfaatkan untuk menjadi guru les atau tutor dengan bidang yang kamu kuasai.

Bukan hanya uang jajan yang kam dapatkan, kamu bisa menambah keahlian dalam mengajar dan keahlian skill kamu semakin hebat.

  1. Translator

Bagi kamu mahasiswa yang mempunyai kemampuan di bidang bahasa asing, kamu bisa melamar pekerjaan sebagai translator. Tidak ada salahnya kamu asah kemampuan bahasa asing kamu dengan menjadi translator di mana saat ini banyak dibutuhkan jasa translator.

Bukan hanya uang yang kamu dapatkan, kamu bisa mengasah dan menambah kosa kata baru dari kemampuan kamu berbahasa asing, pastinya menjadi pengalaman berharga semasa menjadi mahasiswa.

  1. Barista

Cafe adalah tempat favorit anak-anak remaja atau mahasiswa yang ingin mengerjakan tugasnya. Karena banyaknya cafe yang membuka cabang, biasanya akan dibuka lowongan pekerjaan untuk barista.

Cobalah untuk mendaftarkan diri di cafe sebagai pekerjaan sampingan kamu sebagai mahasiswa. Bukan hanya bekerja saja, kamu juga akan belajar tentang jenis-jenis kopi.

  1. Desain grafis

Bagi kamu yang mempunyai keahlian di bidang desain atau editing atau kamu kuliah dengan jurusan desaign. Ini bisa menjadi peluang bagi kamu mahasiswa yang mengambil jurusan desaign, bukan hanya teori yang kamu dapatkan di kampus, tapi kamu bisa mempraktikkan langsung teori tersebut ke dalam pekerjaan kamu.

  1. Fotografer

Jika kamu seorang mahasiswa yang hobinya memotret, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai seorang fotografer. Dikarenakan zaman sekarang orang-orang membutuhkan jasa fotografer untuk mengabadikan moment.

Kamu bisa memulainya dengan meng-upload  hasil foto kamu di media sosialmu sebagai bukti bahwa hasil potretanmu itu memang bagus.

  1. Content Writer

Nah.. untuk kamu mahasiswa yang rajin dan suka menulis, kamu bisa nih menyalurkan hobi kamu dengan mendaftar sebagai content writer. Sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan content writer untuk mempromosikan produknya melalui tulisan.

Menjadi content writer akan melatih kamu dalam bidang penulisan dan membuat kamu banyak membaca dan memperhatikan artikel-artikel orang lain sebagai referensi. Kamu hanya membutuhkan skill menulis dan laptop sebagai sarana menulis.

  1. Sales person

Sekarang ini perusahaan banyak membutuhkan sales person untuk mempromosikan produk. Bagi kamu yang menyukai berinteraksi dengan orang baru, kamu bisa menjadi sales perusahaan untuk mempromosikan produk ke orang-orang yang kamu temui, dari pekerjaan ini kamu bisa menambah relasi dan uang saku tentunya.

  1. Tour guide

Ketika kamu mempunyai kemampuan bahasa asing kamu bisa menjadi translator atau tour guide. Bukan hanya uang yang kamu dapatkan, kamu bisa mengasah dan menambah kosa kata baru dari kemampuan kamu berbahasa asing, pastinya menjadi pengalaman berharga semasa menjadi mahasiswa.

  1. Virtual Assistant

Virtual assistant sebenarnya sama dengan asisten personal, bedanya ini tidak perlu ke kantor, hanya melalui virtual secara online. Kewajiban kamu hanya mengelola email, media sosial dan masih banyak lainnya.

  1. Asisten Peneliti

Jika kamu mahasiswa yang mempunyai privilege kedekatan dengan dosen dan kamu mempunyai kemampuan meneliti, kamu bisa memanfaatkan itu untuk dijadikan sebagai inspirasi pekerjaan seperti menjadi asisten peneliti.

Kamu akan mempunyai tugas untuk menyiapkan dan mengumpulkan bahan penelitian untuk dianalisis.

  1. Staf Perpustakaan

Untuk kamu yang menyukai buku dan membaca, kamu bisa manfaatkan untuk menjadi staf perpustakaan.

Bisa dimulai dari perpustakaan di kampus kamu kemudian jika kamu mempunyai link di perpustakaan lainnya yang mungkin ada di daerahmu kamu bisa ajukan lamaran ke sana sebagai staf perpustakaan.

  1. Admin Media Sosial

Di zaman sekarang semua serba online baik itu online shop atau hal lainnya. Hal ini akan membutuhkan media sosial sebagai alat promosi jualannya. Sehingga ini akan membutuhkan admin media sosial untuk meng-handle aktivitas penjualan seperti mempromosikan atau memasarkan melalui media sosial.

  1. Reseller

Ini ada kaitannya dengan pembahasan online shop di mana saat ini Indonesia sangat menjamur sekali. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi reseller dengan bermodal HP dan promosi di media sosial atau bisa membuat akun khusus untuk jualan. Ini bisa dilakukan sambil kamu kuliah dan mengikuti perkuliahan.  

  1. Driver Ojek Online

Di Indonesia ojek online menjadi transportasi yang disukai oleh orang-orang karena murah dan memudahkan sehingga menjadi salah satu yang banyak diminati. Tidak ada salahnya kamu menjadi driver ojeg online di sela-sela kekosongan waktu kuliahmu. Ini bisa sangat menguntungkan untuk kamu.

  1. Make Up Artist

Untuk kamu yang mempunyai kemampuan make up yang bagus, kamu bisa buka jasa make up seperti make up wisuda, make up MC, dan lain-lain. Ini bisa menambah uang jajanmu karena sekali make up bisa di patuh 250. 000

  1. Pramusaji

Pramusaji ini bisa dilakukan part time dengan berbagi shift atau giliran sesuai dengan aktivitas kuliahmu.

  1. Babysitter

Jika kamu suka anak kecil, bisa kamu mendaftar menjadi babysitter yang dilakukan paruh waktu, bisa dilakukan setelah kuliah. Aktivitas ini bisanya hanya menjaga anak saja atau bisa juga membersihkan rumah.

  1. Video Editor

Jika kamu menyukai edit video, kamu bisa membuka jasa sebagai video editor. Kamu bisa mengembangkan skill kamu dengan meng-upload hasil video yang kamu miliki di media sosial sebagai media promosi kamu. Bayaran yang di dapat biasanya per-video

  1. Admin Entry Data

Menjadi admin entry data juga bisa menjadi pilihan kerja part time untuk mahasiswa. Di suatu perusahaan, entri data jumlahnya ribuan seperti untuk katalog, data pelanggan ataupun karyawan sehingga membutuhkan tenaga yang tidak sedikit.

Pekerjaan ini bisa dikerjakan di rumah atau di kampus sehingga bisa sesuai jadwal kuliah.

  1. MC atau Host Acara

Yang terakhir adalah pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa adalah salah satunya yaitu MC atau host acara. Ketika ada acara wedding atau acara organisasi apapun kamu bisa menjadi MC yang akan memandu acara.

Caranya kamu bisa mempromosikan diri melalui media sosial atau kamu bisa gabung dengan vendor wedding yang apa pun itu. Sekali MC atau host bisa untuk jajan sebulan.

 

Penutup

Nah… akhirnya selesai juga ya menjelaskan 20 pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa, semoga kalian paham dari apa yang dijelaskan. Kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk baik untuk kuliah dan bekerja. Untuk menjadi besar butuh proses besar.

Semangat pejuang toga dan pejuang cuan. Semoga berkah!…

Last Updated: January 19, 2023


Tulis Komentar

Berikan komentar positif, Ajukan pertanyaan? Menjadikan konten blog berkualitas & diskusi bermanfaat kepada pembaca lainya.