8 Tips Persiapan Wawancara kerja (Interview)

Wawancara kerja adalah proses dimana seorang calon karyawan diinterview oleh perusahaan atau instansi yang akan memberikan lowongan kerja, untuk mengetahui kualifikasi, kemampuan, dan kompetensi calon karyawan tersebut.

Tujuannya interview untuk menentukan apakah calon karyawan tersebut sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan apakah ia cocok untuk posisi yang dilamar.

 

Jenis Wawancara Kerja

Ada beberapa jenis wawancara kerja, diantaranya :

  1. Wawancara tatap muka (face-to-face interview)
  2. Wawancara telepon (telephone interview)
  3. Wawancara video (video interview)

HRD (Human Resource Development) atau pewawancara dari perusahaan yang bersangkutan, dan biasanya dilakukan di kantor perusahaan atau melalui telepon atau video call.

Pada saat proses wawancara kerja, calon karyawan harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara dan menunjukkan bahwa ia memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Tips persiapan wawancara kerja

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan wawancara kerja, diantaranya:

  1. Berdoa, Ini menjadi tahap No.1 sebelum mulai proses interview.
  2. Persiapkan diri dengan baik. Belajarlah tentang perusahaan yang akan dilamar, posisi yang dilamar, dan persyaratan yang dibutuhkan.
  3. Datang tepat waktu. Ya, lebih awal dari waktu yang ditentukan untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar pekerjaan tersebut.
  4. Berpakaian rapi dan sopan. Pakaian yang digunakan harus sesuai dengan etika perusahaan yang dilamar.
  5. Beri jawaban yang jelas dan lugas. Jawab pertanyaan yang diajukan dengan jujur dan jelas, dan jangan ragu untuk menambahkan detail yang relevan.
  6. Jika diminta memberikan contoh konkret. Gunakan contoh yang sesuai untuk menjelaskan kualifikasi dan pengalaman
  7. Tunjukkan antusiasme dan keinginan untuk belajar. Tunjukkan bahwa, ingin belajar dan berkembang di perusahaan yang dilamar.
  8. Ucapkan terima kasih. Ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu yang diberikan dan kesempatan yang diberikan.

 

Penutup

Bersikap santun, berikan informasi sejujurnya tentang kemampuan diri, komitmen menjadi karyawan, Ingat jika memang sudah ditakdirkan menjadi rezeki & perusahaan butuh maka pasti diterima kerja.

Updated: April 3, 2024