10 Keunggulan Kapal Tongkang dari Angkutan Lain

Kapal laut mempunyai keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh angkutan lainnya. Di antara keunggulannya yaitu mempunyai nilai ekonomis dan kapasitas angkut yang besar seperti kapal tongkang yang mempunyai keunggulan tersebut.

Kapal tongkang menjadi transportasi yang penting di jalur perairan di mana fungsinya yaitu untuk pengangkutan bahan hasil tambang seperti batu  bara.

Keunikan yang dimiliki kapal tongkang yaitu dalam dilihat dai pembuatannya, selain tidak dilengkapi dengan propulsi bentuk kapal ini kotak yang tidak dilengkapi seperti kapal pada umumnya melainkan dalam bentuk konstruksi saja.

Sehingga ketika bergerak dibutuhkan kapal lain untuk mendorongnya yaitu menggunakan kapal tunda.

 

Keunggulan Kapal Tongkang

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki kapal tongkang yang tidak dimiliki kapal laut lainnya. Berikut adalah keunggulannya:

  1. Biaya yang lebih efektif

Biaya yang lebih efektif menjadikan salah satu keunggulan, di mana kapal tongkang mampu memuat muatan dengan kapasitas yang besar sekaligus, sehingga akan mengurangi biaya transportasi. Jika dibandingkan menggunakan transportasi lainnya yang akan mengeluarkan biaya lebih banyak.

  1. Efisien waktu

Ternyata menggunakan kapal tongkang dan kapal tunda lebih sedikit dokumen yang diproses dan pengoperasiannya lebih cepat dan efisien. Hal ini menjadikan keunggulan dari kapal tongkang ketika dibutuhkan untuk segera berlayar dan sampai tempat tujuan sesuai waktu yang ditargetkan.

  1. Flexibilitas

Kapal tongkang menjadi salah satu kapal yang flexibel digunakan di berbagai jenis kondisi, baik di laut atau di sungai sesuai dengan ukuran kapal tongkang. Ataupun di daerah pegunungan yang sulit dijangkau oleh jalan darat.

  1. Badan kapal kokoh
READ :  Cara Balik Nama Kepemilikan Kapal Tongkang

Kapal tongkang yang mempunyai badan dengan bentuk balok sehingga badan kapal tongkah lebih kokoh dari badan kapal lainnya. Kekokohan yang dimiliki kapal tongkang menjadikan banyak diminati sebagai angkutan baik angkutan batu bara atau angkutan barang-barang lainnya.

  1. Kepraktisan

Kapal tongkang menjadi praktis digunakan seperti dengan mudah dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga dapat digunakan lagi jika ingin menggunakan mengangkut barang-barang lainnya. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi yang membutuhkan dan sangat bermanfaat

  1. Cocok untuk menempuh berbagai jarak

Kapal tongkang yang banyak diminati menjadi angkutan yang bisa digunakan berbagai jarak baik jarak jauh atau pendek. Kegiatan transhipment untuk pelabuhan besar biasanya lebih banyak menggunakan kapal tongkang.

  1. Responsif rintangan di lapangan

Karena kapal tongkang di dorong oleh kapal tunda, di mana pada umumnya kapal tunda mempunyai dua mesin utama. Apabila mesin pertama mati maka akan digantikan oleh mesin kedua untuk tetap berlayar dan bergerak di perairan.

  1. distribusi yang lancar di daerah terpencil

adanya kapal tongkang yang memudahkan pengangkutan barang dengan jumlah yang diinginkan baik dengan kapasitas kecil atau besar, di mana aksesnya bisa ke lokasi sungai pedalaman hingga daerah terpencil.

Hal ini karena ukurannya yang mampu mengangkut kargo dalam jumlah besar juga menjadi alasan tongkang menjadi pilihan terbaik penunjang bisnis.

Meskipun kapal-kapal ini lebih kecil dari kapal kargo yang mengarungi lautan antarbenua, mereka lebih efisien dan lebih murah, dan pilihan ukuran kapal tersedia jika diperlukan.

  1. Konservasi lingkungan
READ :  Sewa Kapal Tongkang Tugboat Terbaik No.1

Penggunaan kapal tongkang mempunyai keunggulan yang dapat melindungi lingkungan seperti sangat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan transportasi lainnya.

 

Jenis Muatan Kapal Tongkang

Berdasarkan jenis muatannya kapal tongkang mempunyai beberapa jenis yaitu:

  • Kapal tongkang pengangkut batu bara atau hasil tambang

Di Indonesia kawasan yang penghasil banyak tambang batu bara  yaitu di Kalimantan dan Sumatra, walaupun Kalimantan tetap menjadi nomor satu dalam menyuplai batu bara di Indonesia.

Nah… untuk pengangkutan batu bara sendiri membutuhkan alat angkut yang sesuai dengan kebutuhan pengangkutan yang memadai serta aman sampai pada tujuan.

Kapal tongkang menjadi alat pengangkut yang efisien serta bisa menjangkau ke seluruh Indonesia. Oleh karena itu kapal tongkang menjadi alat transportasi yang baik untuk mengangut batu bara.

  • Kapal tongkang pengangkut kayu

Kapal tongkang menjadi sarana transportasi yang baik untuk pengangkutan kayu. Saat ini kayu sangat dibutuhkan di Indonesia untuk dikelola oleh pabrik-pabrik yang berada di kepulauan Jawa untuk menjadi proses produksi.

Akan tetapi penghasil kayu terbesar dimenangkan oleh Kalimantan, yang mengakibatkan harus adanya proses pengiriman dari Kalimantan ke Jawa.

Untuk memenuhi kebutuhan kayu di pulau Jawa maka salah satunya harus menggunakan kapal tongkang sebagai pengangkut kayu yang efisien dan mendukung pengiriman ke pulau Jawa.

  • Kapal tongkang pengangkut limbah

Bukan hanya pengangkut batu bara dan kayu saja, melainkan kapal tongkang bisa gunakan untuk mengangut limbah. Limbah merupakan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri atau domestik (rumah tangga).

READ :  Tips, Cara mengangkut barang dengan kapal tongkang

Limbah tidak bisa dibuang melalui transportasi darat, oleh karena itu, alternative-nya menggunakan kapal tongkang dengan kapasitas yang besar dan memadai.

 

Penutup

Nah… itulah keunggulan dari kapal tongkang, keren sekali bukan? jangan ragu lagi untuk menggunakannya apalagi untuk mengangkut barang dengan kapasitas yang besar. Solusi terbaik yaitu menggunakan kapal tongkang.

Jangan lupa untuk lakukan pengecekan sebelum menggunakannya dan sesuaikan dengan syarat dan ketentuan kapal yang bisa berlayar. Selamat mencoba!


Updated: February 2, 2024