Penyebab Oli Diesel Cepat Hitam, 1 Minggu baru Ganti

Oli mobil diesel cepat hitam padahal baru 1 minggu ganti, apakah ini aman dan masih laik pakai.

Pemilik mobil diesel baru, biasanya sedikit panik, oli kenapa cepat hitam.Padahal baru 1000km, bahkan seminggu diganti. Apakah olinya jelek, ataukah oli palsu.

 

Oli hitam mesin diesel Wajar

Jangan panik dulu. Oli yang lebih cepat menghitam pada mesin diesel, Ini wajar dan Normal berlaku pada mesin diesel standar atau yang sudah modifikasi naikan Boost turbo atau Ganti nosel (nozzle) inejektor perbanyak volume spray Solar.

 

Soot penyebab oli diesel cepat Hitam

Oli diesel cepat hitam disebkan bahan bakar “SOLAR” disemprot langsung saat langkah kompresi, ada potensi bahan bakar tidak cukup waktu untuk terbakar sempurna.

Efek dari pembakaran tidak sempurna, adalah soot. Apalagi mesin yang sudah modif Ganti nosel (nozzle) inejektor perbanyak volume spray Solar hasilnya soot tambah banyak, maka diperlukan udara boost turbo lebih tinggi [banyak].

Apa itu soot ? adalah partikel dari bahan bakar yang tidak terbakar sempurna. Soot bercampur dengan oli mesin, melalui celah ring piston atau seal klep. Soot yang bercampur dengan oli ini lah, yang membuat warna oli menjadi hitam.

READ :  Toyota Hilux Masuk Indonesia 1968 - 2015

 

Filter Oli menyaring Soot

Soot memang akan terperangkap di filter oli, Tapi itu ada batasnya, dan jika kadar soot sudah terlalu tinggi, maka akan timbul bahaya untuk mesin.

Wajib ganti filter oli saat pergantian oli mesin, supaya filter oli baru dapat menyaring soot lebih optimal.

 

Apakah Oli hitam diesel masih laik pakai ?

Oli menghitam dimesin diesel memang bukan selalu berarti buruk. Selama kekentalan oli tidak berubah, dan masih dalam masa rentang pakai yang wajar, oli bisa dibilang masih layak pakai.

Perlu diingat juga, jangan pernah telat ganti oli mesin diesel, ganti oli dengan masa pergantian 5000km – 7000km sehingga mesin lebih awet dan pelumasan mesin tetap optimal, khususnya diesel yang sudah Ber-Turbo.

 

Penutup

Ok, terimakasih telah berkunjung, point penting rajin ganti oli dan filter pada interval waktu yang direkomendasikan, Ingat oli tidak perlu mahal yang penting Asli, merk bebas dan SAE spesifikasi mesin dan sering ganti.

__salam diesel mania.


Updated: September 27, 2023