Jadi YouTuber: 7 Cara membangun Channel 1000 Subscriber pertama

By - Update 14 Nov 2022

Kalau ingin jadi conten creator, youtuber bagaimana cara mulai ?

Panduan wajib dibaca jika ingin menjadi YouTuber sukses? Berikut 7 tips, cara yang bisa di ikuti serta kembangkan secara kreatif untuk youtuber pemula dalam mulai membangun channel baru dapatkan 1000 Subscriber pertama.

1. Pilih Topik Yang di Kuasai

Pastikan memilih niche sesuai apa yang kamu sukai atau kuasai (ahli, pakar dibidangnya). Pilih juga niche yang topiknya bisa jadi beragam atau nggak ada habisnya untuk dibahas.

Dari hal sederhana sampai pembasan komplek mendalam, Siapkan dan susun semua topik, kategori yang akan dibuat sehingga dalam konten video bisa urut dan jelas kepada penonton.

2. Buat Target Tujuan

Semua berawal dari mimpi, kemudian langsung mulai… GO, Target punya banyak subscriber, banyak penonton, bisa monetisasi konten, dan lainnya.

Misalnya saja, dalam waktu 5 bulan, subscriber channel YouTube kamu harus mencapai 1000 orang. Atau video YouTube mencapai 1000 viewers dalam 2 minggu, dan target lainnya.

3. Temukan ide Konten Video

Tahap ini dikerjakan sambil jalan, setalah membuat video ke 10, sudah mulai bingung , kehabisan ide – mau buat video apa lagi ya…… Ini permasalan utama youtuber pemula…ha..ha..

Dalam menemukan ide harus ada cara riset mandiri ala orang awam seperti mengenali target penonton ::

  1. Siapa yang akan menonton video ini?
  2. Berapa umurnya?
  3. Apa jenis pekerjaan mereka?
  4. Kenapa mereka menonton video ini?
  5. Jam berapa biasanya mereka menontonnya?
  6. Permasalahan apa yang dihadapi penonton ?
Baca:  INFO Tekanan Angin Ban Mobil Ayla, Agya (LCGC)

Dan pertanyaan lainnya yang bisa membantu kamu menentukan persona audiens. Dengan begitu, bisa mempermudah kamu mengetahui konten seperti apa yang disukai penonton, cara menyampaikan, konsep video, dan strategi promosi.

Gabung juga forum, group sosial media seperi : Facebook grup, WhatsApp, Telegram tentang topik sejenis sehingga dapatkan informasi data apa yang dibahas dalam grup seperi: Permasalahan, Informasi, update, dll.

Setelah dapat dapat sumber data dari grup, buat video untuk menjawab semua permasalahan atau solusi , ini salah satu gambaran ringan mendapatkan ide topik video yang bermanfaat kepada penonton berdasakan topik.

4. Cek Kompetior (Youtuber Topik SAMA)

Ini penting ! dimana melihat kompetitor dengan niche serupa untuk mencari ide lalu terapkan prinsip:

Amati, Tiru, dan Modifikasi.

Meniru di sini maksudnya bukan plagiat, ya. Tapi membuat konten yang topiknya mungkin sama, tapi sudut pandang yang beda, dengan kualitas yang lebih baik, konsep yang lebih menarik, dan modifikasi lainnya yang membuat konten yang kamu buat menjadi sesuatu yang baru.

5. Buat Channel Youtube

  1. Login ke YouTube di komputer atau situs seluler.
  2. Klik foto profil > Buat channel. 
  3. Anda akan diminta untuk membuat channel.
  4. Periksa detailnya (dengan nama dan foto Akun Google Anda), lalu konfirmasikan untuk membuat channel.

6. Mulai Buat Konten Video

Siapkan peralatan dalam membuat video: Jaringan Internet, HP (Smartphone), kamera digital, laptop, tripod, dll (minimal HP dan koneksi Internet).

Buat kualitas video minimal 720P HD dengan gambar bagus, suara jernih, sehingga penonton dalam menikmati video secara jelas dan nyaman.

Ukuran waktu durasi awal membuat video pendek2 saja dulu kisaran: 2-5 menit. Setelah mulai rajin upload video proses editing, simple (natural) dan sederhana saja, sambil jalan belajar cara editing video yang profesonal.

Baca:  Top #1 : Views Video YouTube 2020 > 6 Milyar

7 Buat Jadwal upload & Respon Penonton

Tentukan jadwal jam, hari upload video apakah 1 minggu 2-3 kali atau bahkan setiap hari.. lakukan secara konsisten minimal 1-2 tahun pertama … ini adalah proses paling sulit dalam membangun channel youtube yaitu konsisten Upload.

Salam SAPA Penonton, Balas semua komentar, berikan umpan balik kepada subscriber dengan menjalin hubungan balik, contoh membuat konten berdasarkan permintaan penonton, dll.

Penutup

Kunci keberhasilan channel Youtube baru adalah konsisten buat video pada 1 topik, fokus saja dalam membuat konten baru setiap hari tentunya isi konten harus yang bermanfaat, informatif dan hiburan kepada calon penonton.

Dalam proses waktu 6 bulan pertama perbanyak video , jangan pikirkan dulu tentang views dan Subscriber.

Baca juga:

Cara SEO YouTube: Dapatkan Views & Subscriber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *